Upgrading Pengurus HMPG 2012: Langkah Pertama Untuk “Solid Didalam, Eksis Diluar”

Tanggal 3-4 Maret 2012, bertempat di kawasan wisata Kaliurang, Upgrading pengurus baru 2012 HMPG (himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi) dilaksanakan. Acara ini adalah kegiatan rutin setiap tahun yang diselenggarakan oleh bidang PPO (pengembangan dan pemberdayaan organisasi) sebagai program kerja wajib setiap tahunnya.

Inti dan tujuan dari acara ini yaitu menyolidkan dan mempererat hubungan antar pengurus agar terjalin sinergitas dan kesamaan visi misi dalam setiap usahanya untuk setahun kedepan. Sesuai dengan slogan HMPG 2012 “solid didalam, eksis diluar”.

Dalam sesi materi ada beberapa materi yang dibicarakan, seperti keorganisasian yang disampaikan oleh dosen pembimbing HMPG ibu Nurul Khotimah, M. Si dan bapak M Nursa’ban, M. Pd, yang menyampaikan tentang berbagai permasalahan dan penyelesaiannya (problem solving) dalam dunia organisasi. Kemudian dilanjutkan materi tentang ke-IMAHAGI-an yang disampaikan oleh perwakilan pengurus IMAHAGI region III (jabagteng) menyampaikan susunan dan program jerja pengurus IMAHAGI tahun 2012. Yang terakhir dan yang paling ditunggu adalah materi ke-HMPG-an yang disampaikan oleh kakak kita Muhamad Arif Fauzi mantan ketua HMPG 2010, cara penyampaian dan isi yang disampaikan menarik untuk disimak karena pembicaraan beliau menyangkut isu yang berkaitan dengan internal HMPG sendiri. Yaitu bagaimana sepak terjang ke-eksisan atau kesolidan HMPG selama ini dalam menghadapi pengaruh negatif dari luar yang semakin deras.

Acara dilanjutkan dengan rapat kerja untuk mengesahkan program kerja setiap divisi HMPG setahun kedepan. Seperti yang sudah diperkirakan, rapat kerja ini memakan waktu yang cukup lama. Beberapa kakak tingkat yang menyempatkan hadir mempertanyakan waktu rapat kerja yang dibarengkan dengan upgrading pengurus.

Presentasi program kerja dibacakan oleh ketua bidang masing-masing, presentasi bidang Kesvoma (Kesejahteraan dan Advokasi Mahasiswa) dan Miba (Minat dan Bakat) cukup menyita waktu karena kedua bidang ini dinilai strategis dan vital dalam berbagai masalah kemahasiswaan di jurusan Pendidikan Geografi. Seperti program Shardoma (sharing dosen mahasiswa), Silado (silaturahmi dengan dosen), Sarasehan, Escarpment, penanaman pohon, dan lainnya.

Hari kedua Upgrading diisi dengan kegiatan outbond di sekitar wisma dikawasan objek wisata Kaliurang. Walaupun kegiatan outbond bersifat rekreatif namun didalamnya terdapat nilai-nilai dan pesan-pesan moral dalam organisasi seperti nilai kebersamaan, kepemimpinan, kepercayaan, loyalitas, kepercayaan diri dan tanggung jawab.

No comments:

Powered by Blogger.