Popular Post

24 Apr 2012

Tumblr adalah sebuah layanan tumblelog gratis yang mengizinkan penggunanya untuk memposting tidak hanya tulisan, tetapi juga mengizinkan penggunanya untuk memposting foto, quote, video, chat, audio, dan link. Fitur tumblr yang memperbolehkan para pengguna untuk memposting foto biasa digunakan oleh para pengguna tumblr untuk membuat sebuah photoblog. Terdapat fitur khusus yang ada pada situs tumblr yaitu, pengguna tumblr dapat membuat blog yang bersifat pribadi. Postingan tersebut hanya bisa dilihat oleh pengguna itu sendiri atau pengguna lain yang ditunjuk atau dipilih oleh pengguna yang memiliki account tersebut untuk dapat melihat blog pribadi ini. Pengguna dapat melihat kiriman tulisan, foto, quote, video, chat, audio, dan link melalui situs tumblr.com.

Tumblr, Inc.

Description: Tumblr logo

Jenis

Swasta

Didirikan

2007

Kantor pusat

New York, New York, USA

Industri

social network service, micro-blogging

Karyawan

12[1]

Situs web

www.tumblr.com

PeringkatAlexa

138 (July 2010)[2]

A. SEJARAH

Pada tahun 2007, seorang pengusaha internet muda yang bernama David Karp telah menciptakan Tumblr. Dia menciptakan tumblr di Jepang pada saat dia berumur 19 tahun. kemudian setelah menciptakan tumblr tersebut, dia juga menemukan sebuah kata baru yang akan digunakan pada layanan tumblr yaitu "Tumblelog". Tumblelog memiliki arti yaitu bentuk pendek dari blogging atau mengarah ke dalam bentuk miniblog. Pada tumblelog, layanan ini hanya dapat mengirimkan satu kalimat pendek saja, berbeda dengan blog-blog yang ada. David Karp kagum dengan bentuk baru blogging ini, kemudian dia berkata akan menunggu untuk salah satu platform blog yang sudah siap agar para pengguna dapat mengatur sebuah platform. Tetapi, setelah satu tahun lamanya hal tersebut tidak terjadi juga. kemudian David karp sendirilah yang akhirnya turun tangan untuk menyelesaikan platform blog tersebut. Inkarnasi saat Tumblr diluncurkan pada tanggal 1 November dan versi beta telah diluncurkan beberapa bulan sebelumnya.

Umur Platform Microblogging Tumblr boleh dibilang masih cukup muda untuk sebuah Platform Microblogging, yakni 4 tahun. Namun di umurnya yang masih tergolong muda tersebut Tumblr sudah mampu membuat kejutan dan membuat terpana beberapa Platform Microblogging atau Blog Provider yang sudah dulu ada. Pada bulan Januari tahun 2011, pengguna Tumblr mencapai nilai 7 Juta. Tetapi saat ini statistik pengguna Tumblr meningkat 3 kali lipat menjadi 20.873.182 pengguna. Jumlah pengguna Tumblr ini melebihi jumlah pengguna Platform Blog Populer yang sudah muncul 8 tahun yang lalu, yaitu WordPress.com.

B. CARA MEMBUAT AKUN TUMBLR

1. Bukalah http://www.tumblr.com dari halaman browser Anda.

Di halaman muka, Anda akan langsung menemukan formulir pendaftaran. Isilah alamat email Anda, password serta alamat Tumblr yang Anda inginkan. Selanjutnya klik Sign up and start posting!

2. Tumblr akan membawa Anda tur singkat untuk mengenal fitur-fitur Tumblr.

a. Create post

Anda akan diberitahu tentang bagaimana cara membuat posting berdasarkan jenisnya. Klik salah satu ikon, jika Anda ingin memulai posting. Tutup kotak Create your first post! dengan mengklik tanda silang di pojok kanan untuk melanjutkan tur.

b. Costumize Blog

Selanjutnya, Tumblr akan menunjukkan bagaimana caranya Anda dapat mengkostumisasi blog Anda. Disini Anda bisa langsung menuliskan judul blog dan upload foto profil. Lebih lanjut soal kostumisasi akan dibahas di artikel berikutnya. Sekarang, tutup layar Now costumize your blog! dengan mengklik tanda silang di pojok kanan.

c. Follow People

Seperti fitur di Twitter, Tumblr juga menggunakan sistem follow dalam layanannya. Artinya Anda dapat mengikuti blog Tumblr orang lain dan kemudian setiap update dari blog tersebut akan muncul di halamanDashboard Anda. Untuk mencari akun Tumblr teman Anda, masukkan email dan password Anda. Untuk melewati langkah ini tutup layarFollow some cool people! dengan mengklik tanda silang di pojok kanan.

3. Selanjutnya Tumblr akan membawa Anda ke menu Goodies. Disini Anda dapat memilih aplikasi Tumblr yang bisa mempermudah akses Anda ke Tumblr.

Untuk kembali ke halaman utama, klik Dashboard.

4. Dari menu Dashboard, Anda bisa mulai melakukan posting.

Untuk membuat posting berupa tulisan, klik ikon Text dan Anda dapat langsung mengetik isi posting pada kotak berikut:

Sebelum menerbitkan posting, Anda bisa menambahkan opsi penerbitan, tanggal dan tag pada menu Advanced options yang ada di sisi kanan. Selanjutnya klik Create Post.

5. Kini Anda kembali ke halaman Dashboard, disini Anda akan menemukan posting terbaru Anda di urutan paling atas. Di halaman ini, Tumblr akan menampilkan posting Anda dan posting orang-orang yang Anda ikuti berdasarkan urutan waktu, dimana yang paling baru akan muncul di urutan paling atas (mirip dengan susunan posting di Twitter).

Dengan Tumblr Anda juga bisa memposting ulang blog teman Anda dengan mengklik tulisan reblog yang ada di pojok kanan setiap posting. Fitur reblog ini membuat identitas penulis blog aslinya tidak hilang seperti yang terjadi jika Anda copy paste blog dengan cara biasa.

6. Jika ingin tahu bagaimana tampilan blog Tumblr Anda, klik saja foto profil Anda. Maka Anda akan melihat tampilan yang akan dilihat orang lain saat membuka alamat Tumblr Anda seperti berikut:

Layaknya blogspot dan wordpress, pengguna juga bisa mengganti tema tampilan tumbler. Namun caranya lebih mudah dari blogspot dan wordpress.

C. KELEBIHAN

Perbandingan Tumblr terletak pada kesederhanaannya. Pengguna dapat memposting melalui panel control yang memiliki tombol untuk berbagai jenis posting (teks, video, audio, foto, link, quote dan chat), tetapi juga dapat memposting dari sebuah bookmarklet di dalam browser pengguna, instant messenger, telepon selular ataudesktop widget. Secara keseluruhan, tumblr memeliki kemudahan yangsama dengan blog-blog online lainnya, dalam hal sign up dan posting. Namun, Tumblr memiliki menu pilihan dalam memposting seperti, text, foto, video, quotes, link, chat dan audio. Pengguna juga dapat melakukan re-blog yang artinya mendiskusikan postingan dari blog orang lain. Selain itu kita dapat melakukan updates status pada situs jejaring sosial melalui tumblr, Tumblr juga dapat mengelompokkan foto yang pengguna posting ke dalam tumblr.

Cara memposting cukup mudah. Setiap kali pengguna melihat sesuatu yang menarik secara online, pengguna dapat mengklik dengan cepat “Share on Tumblr”. Hasil yang di dapatkan pengguna setelah mengklik “share on tumblr” ialah rentetan bervariasi tentang media link serta text yang menunjukkan gambar atau video yang telah pengguna posting ke dalam tumblr. Kemudian yang berikutnya pengguna tumblr dapat membuat satu tumblr atau membuat satu untuk setiap subyek agar dapat lebih banyak berbagi dengan pengguna lain. Berikutnya ialah dengan direktori berdasarkan tag dan wilayah geografis, para pengguna tumblr dapat menjelajahi account tumblr milik pengguna lain yang berbeda daerah asal bahkan berbeda negara sekalipun melalui Tumblr negara asal yang pengguna miliki.

D. KEKURANGAN

Jika Pengguna menulis pada bagian artikel atau tulisan dan kemudian pengguna ingin menyisipkan foto ke dalam artikel atau tulisan tersebut maka, pengguna harus melakukan salin-tempel URL dari foto yang ingin dimasukkan ke dalam artikel atau tulisan, dan juga ikut disertai dengan dimensi dari foto yang akan dimasukkan ke dalam sebuah artikel atau tulisan. Cara ini membuat pengguna menjadi sedikit kerepotan. Foto yang telah di posting ke dalam tumblr juga tidak dapat diberi komentar oleh pengguna dan para pengguna tumblr lainnya. Kemudian para pengguna tumblr hanya dapat memposting satu kalimat singkat saja. Hal itu membuat pengguna tidak dapat menuliskan secara lebih isi dari tulisan pengguna. Kemudian tidak adanya pengorganisasian link untuk link yang telah pengguna posting, seperti link tentang wordpress atau blogspot, Pengorganisasian link harus dilakukan secara manual dan tidak ada pages khusus untuk mengorganisasi link yang telah diposting ke dalam tumblr untuk di diskusikan.

- Copyright © Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -