Popular Post

26 Sep 2012


“MITIGATION SOUNDTRACK” SEBAGAI MEDIA INOVATIF PENDIDIKAN MITIGASI BENCANA ALAM PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Oleh :
Thomas Dannar S, Ana Indriyani, Dita Tri P, Pamungkas Aji, Usaji Maulana
Dosen Pembimbing : M. Nur Sa’ban, M.Pd.
 

ABSTRAK

Program kreativitas mahasiswa bidang pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi oleh kedudukan Indonesia yang terletak di derah pertemuan 3 lempeng besar dunia. Hal ini menyebabkan Indonesia berpotensi sangat besar terhadap terjadinya bencana alam. Fakta menunjukkan bahwa kejadian bencana alam di Indonesia banyak merenggut korban. Banyaknya korban bencana alam ini disebabkan karena masyarakat belum mengerti tentang mitigasi bencana alam. Pengenalan mengenai mitigasi bencana alam dapat  melalui pembuatan lagu yang memuat lirik mengenai mitigasi bencana alam. Pengenalan melalui lirik-lirik lagu diharapkan mampu membantu mereka untuk lebih mudah memahami materi mitigasi bencana alam.Melalui pendidikan mitigasi bencana alam nantinya diharapkan anak-anak mengetahui apa yang harus mereka lakukan ketika bencana alam menimpa mereka.
Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah mensosialisasikan penggunaan “Mitigation Soundtrack” sebaga media inovatif pendidikan mitigasi bencana alam pada siswa sekolah dasar. Membantu siswa untuk lebih mudah memahami materi materi mitigasi bencana alam  . Adapun metode pelaksanaan dari kegiatan ini dibagi menjadi tiga tahap, yaitu (1) Persiapan (2) pembuatan mitigation soundtrack (3)Sosialisasi yang dilaksanakan dalam 4 tahap. Keberhasilan program ini dapat dilihat dari dua kriteria keberhasilan yaitu keberhasilan proses dan produk.
Hasil dari kegiatan program kreativitas mahasiswa pengabdian pada masyarakat yang dilakukan di SD N Umbulharjo 1 dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media “Mitigation Soundtrack” terbukti dapat membantu siswa agar lebih mudah memahami mengenai materi mitigasi bencana alam. Hal ini dapat terlihat dari bentuk evaluasi yang kami lakukan dengan metode simulasi. Mereka tidak merasa panik ketika  tiba-tiba mereka dibawa kedalam situasi yang menyerupai kejadian bencana alam.

Kata Kunci : Mitigation Soundtrack,pendidikan mitigasi bencana,  siswa sekolah dasar

- Copyright © Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -