Popular Post

19 Sep 2012

Sebelum salah paham, ranger merah disini bukan nama salah satu anggota power ranger. Rangermerah adalah nama yang dilekatkan pada baju lapangan khas milik mahasiswa pendidikan geografi UNY. Mengapa rangermerah? Ya, mengapa?

Yang pertama, kata ranger diambil dari bahasa Prancis yang berarti penjaga hutan atau bisa diartikan orang yang menjaga kelestarian lingkungan (tidak hanya hutan). Sedangkan merah adalah warna yang melambangkan sifat berani, tegas, kuat dan sikap bersemangat. Jadi apabila kata ranger dan merah keduanya digabungkan menjadi ranger merah, makna kata secara harfiah adalah penjaga atau pelestari lingkungan yang berani dan tegas.

Baju lapangan geografi UNY (ranger merah) pertama kali dibuat dan dipakai oleh mahasiswa angkatan 2009. Ide pembuatan baju lapangan ini menjadi trendsetter di Fakultas Ilmu Sosial UNY, yang kemudian mahasiswa jurusan atau prodi lainnya mulai mengikuti untuk membuat baju identitas sendiri.

Pada awalnya tujuan dibuat baju ranger merah ini adalah untuk memfasilitasi mahasiswa pendidikan geografi yang memang memiliki banyak kegiatan atau kuliah diluar kelas atau dilapangan. Sehingga apabila ada kuliah lapangan atau kegiatan dilapangan, mahasiswa geografi UNY sudah memiliki seragam atau identitas sendiri. Baju ranger merah ini wajib dipakai saat praktek lapangan geografi atau saat acara Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) dan saat Escarpment (pengenalan lapangan bagi mahasiswa baru).

Sebagai seragam dan identitas khusus mahasiswa pendidikan geografi UNY, ranger merah tentu menjadi kebanggaan dan simbol khusus yang membedakan dengan mahasiswa jurusan lainnya. Hal ini jelas terlihat saat ada acara kampus di Fakultas atau di tingkat Universitas, mahasiswa pendidikan geografi terlihat berbeda dan khas dengan baju ranger merahnya.

Ya, ranger merah, selain menimbulkan kebanggan bagi yang memakainya, juga memiliki arti tanggung jawab bagi pemakainya sebagai penjaga kelestarian lingkungan. Dan warna merah adalah lambang keberanian. Karena menjadi penjaga kelestarian lingkungan juga membutuhkan keberanian.

Terutama keberanian melawan diri sendiri, yang penuh ego dan penuh nafsu merusak.

Wisnu Putra Danarto

Staff JI HMPG 2012

- Copyright © Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -