Popular Post

14 Oct 2012


Panas...Panas...Panas... Kenapa sih bumi tercintaku sekarang jadi panas banget??? Apa salahku Ya Allah !!! Celoteh seseorang merasakan hawa panas matahari. Apakah ini yang disebut GLOBAL WARMING?!?!??
Saat ini Indonesia bahkan dunia tengah marak dengan munculnya isu pemanasan global atau yang kita kenal  dengan istilah global warming. Perubahan iklim yang cenderung memanas ini sendiri merupakan perubahan kondisi fisik atmosfer bumi seperti suhu dan pembagian intensitas curah hujan yang tidak merata sehingga mempengaruhi kehidupan manusia di bumi. Kenapa??? Hal tersebut terjadi diakibatkan oleh TINGKAH LAKU MANUSIA yang tenyata berperan sangat besar. Asap kendaraan bermotor dan tingkat penebangan pohon yang tinggi merupakan salah satu faktor utama terjadinya global warming.
Kenaikan temperatur seperti ini akan berpengaruh terhadap ekosisitem di dunia. Banyak es di kutub mencair dan jika hal itu dibiarkan terjadi terus-menerus maka tidak menutup kemungkinan banyak pulau-pulau di dunia akan tenggelam. Nah tuh, bagi yang ga bisa berenang siap-siap aja keleleb...
Benar-benar ironi tentang apa yang akan terjadi pada bumi kita ini kelak. Manusia sebagai faktor utama tentunya harus lebih cekatan dalam menindak lanjuti fenomena ini. Walaupun gejala global warming tidak mampu dicegah, namun setidaknya bisa diminimalisir. Kita lihat dalam 10 tahun terakhir kerusakan hutan di Indonesia mencapai 22,46 juta hektar. Artinya, rata-rata hutan indonesia rusak mencapai 1,6 juta hektar per tahun. Tanpa kita ketahui ternyata Indonesia, negara yang kita tempati ini merupakan kontributor/penyumbang terbanyak urutan nomer tiga dalam hal meningkatnya pemanasan global. Hebat ga?!?! Apakah itu bisa dijadikan suatu kebanggaan buat kita anak Indonesia???
Dengan kurangnya jumlah hutan di bumi maka meningkatkan jumlah karbon dioksida dan gas-gas lain yang biasa disebut gas rumah kaca. Gas ini menangkap energi matahari yang seharusnya semua dipantulkan kembali ke atmosfer sehingga keadaan di bumi terasa panas. Dapat kita gambarkan seperti rasa panas jika kita berada di mobil yang tertutup rapat.
Dengan melihat akibat yang ditimbulkan oleh global warming, apa yang harus kita lakukan sebagai mahasiswa setidaknya untuk meminimalisir hal tersebut?
Mungkin kita bisa melakukan :
1.      Tanamlah beberapa pohon di mana saja serta lindungi hutan kita ini. Hal yang memang sedang gencar-gencarnya ini saya rasa memang sangat efektif dan berhasil.
2.      Kurangi pemakaian tisu dan kertas. Tapi ga berarti kita kuliah nulis pake daun, hanya kurangi penggunaan kertas yang tidak perlu.
  1. Gunakan kendaraan hemat bensin. Naiklah kendaraan umum,  pake sepeda, atau kalau perlu jalan kaki saja. hehe...
  2. Dukunglah, dan mungkin gunakan atau kembangkan pengembangan teknologi penghasil energi dengan energi ramah lingkungan seperti tenaga surya, tenaga angin, tenaga panas bumi, biogas, jarak dan lain sebagainya.
  3. Kurangi pemakaian AC, pemanas ruangan dan penggunaan air secara berlebihan.
6.      Disiplinlah memilah sampah organik dan non-organik pada tong sampah rumah atau umum. Hal ini sudah di realisasikan di kampus UNY.
  1. Ikut serta dalam kampanye mengantisipasi pemanasan global. Menulislah dalam forum atau media tentang dampak, ancaman dan bagaimana cara mengatasinya.
Mengingat segudang dampak yang dapat diakibatkan oleh global warming ini, maka kita sebagai generasi muda penerus bangsa harus merubah kebiasaan-kebiasaan pendahulu kita. Mulailah melakukan hal yang mungkin bisa mengurangi dampak atau efek pemanasan global ini. Karena tentu kita tidak mau kelak penyakit seperti kanker kulit, penuaan dini, kehilangan tempat tinggal karena keleleb, atau mungkin melarat akan jadi temen kita. APA KALIAN MAU??? Mulailah dari sekarang, dari hal yang paling kecil, dan dari diri kita sendiri. KEEP MOVE!!! Bye...

Gilang Rickat T
Staff JI HMPG 2012

- Copyright © Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -