PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK TANPA KATA SEBAGAI MEDIA INOVATIF DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA


Oleh :
Rohmad Nur Sulistyawan, Amin Nurohmah, Eka Wiliyantiningtiyas, Sapta Suhardono
Dosen Pembimbing : Dyah Respati Suryo Sumunar, M.Si

ABSTRAK
Selama ini pembelajaran Geografi dilakukan dengan metode ceramah dan kurang bervariasinya media yang digunakan, yang seringkali menimbulkan kejenuhan pada siswa. Kondisi ini diindikasikan dengan kelangkaan siswa untuk aktif bertanya mencoba menjawab, mengutarakan ide sebagai wujud seberapa jauh mereka memahami materi tersebut. Proses komunikasi hanya berjalan satu arah yaitu guru mentransfer sejumlah materi pada siswa sehingga aktivitas pembelajaran hanya berpusat pada guru.
Media pembelajaran yang digunakan sebagai media pembelajaran Geografi umumnya berupa peta, atlas, globe, OHP, Power Point dan sebagainya. Namun tidak semua sekolah memiliki media pembelajaran dan tidak semua siswa kemudian mencatat apa yang guru sampaikan. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah media baru yang inovatif yang dapat merangsang siswa untuk selalu belajar  dan aktif dikelas sehingga proses pembelajaran yang dua arah dapat terwujud. Untuk itu perlu adanya suatu inovasi media pembelajaran Geografi yang lebih menarik.
Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah mensosialisasikan penggunaan “Komik Geografi Tanpa Kata” sebagai media inovatif pembelajaran Geografi Antroposfer dan Biosfer pada siswa Sekolah Menengah Atas kelas XI semester 2. Melakukan pelatihan pembuatan “Komik Geografi Tanpa Kata” kepada guru Geografi disekolah sasaran. Adapun metode pelaksanaan dari kegiatan ini dibagi menjadi tiga tahap, yaitu (1) tahap persiapan dan observasi lapangan. (2) tahap sosialisasi mengenai pembelajaran geografi yang baik dan menyenangkan serta tahap praktik pembuatan dan penggunaan komik geografi tanpa kata sebagai media pembelajaran Geografi, (3) tahap pengamatan dan evaluasi.
Hasil dari kegiatan program kreativitas mahasiswa pengabdian pada masyarakat yang dilakukan di SMAN 4 Yogyakarta dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media “Komik Geografi Tanpa Kata” terbukti dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam belajar, mampu meningkatkan interaksi siswa dengan guru yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa, dan guru Geografi mendapatkan ilmu mengenai praktik pembuatan komik sebagai media pembelajaran Geografi sehingga dapat dikembangkan lagi.

Kata Kunci : Komik Geografi tanpa kata, media pembelajaran geografi , Geografi antroposfer dan biosfer

No comments:

Powered by Blogger.