Popular Post

Archive for April 2012

Apa Pentingnya Lingkungan Hidup ???

Manusia (Antroposfer) sebagai bagian dari spera-spera lain di muka bumi mempunyai pengaruh yang luar biasa terhadap kenampakan di muka bumi. Sebagai spera sentral, antroposfer mempunyai kekuatan untuk merubah lingkungan di sekitarnya. Manusia dengan pengetahuan dan teknologinya mampu untuk melakukan berbagai perubahan dan rekayasa terhadap lingkungan. Sebagai mahluk yang diberi kemampuan untuk mengenal dan belajar manusia senantiasa melakukan perubahan. Beberapa dekade ini kedinamisan manusia berpusat pada teknologi dan industri. Lingkungan hidup seakan-akan diabaikan dalam catatan sejarah manusia. Revolusi industri di Inggris tahun 1760-1860 merupakan awal pembentukan manusia anti lingkungan. Hingga saat ini masih banyak manusia yang matanya rabun karena tertutup Dollar dan Emas.

Apabila kita kaji, tujuan utama manusia melakukan rekayasa terhadap lingkungan adalah faktor ekonomi. Sebagai manusia ekonomi, masalah pemenuhan hidup dan kesejahteraan menjadi dambaan setiap manusia. Mereka akan memanfaatkan potensi lingkungan sekitarnya untuk memenuhi kebutuhannya. Hal tersebut sah dan memang kondrat manusia untuk memanfaatkannya. Akan tetapi, apabila hal ini tidak dikontrol, lama kelamaan pemenuhan kebutuhan mereka akan mengarah pada eksploitasi tanpa peduli kelestarian lingkungan. Beberapa pihak melihat kelakuan tersebut menguntungkan mereka, akan tetapi sebenarnya tidak sama sekali. Dalam jangka panjang, eksploitasi berlebihan terhadap lingkungan akan merugikan mahluk di bumi, tidak terkecuali siapapun dan apapun. Sebagai suatu sistem kehidupan, bumi merupakan intergrasi semua faktor, baik hidup maupun mati. Bencana yang makin bervariasi dan silih berganti banyak dilihat sebagai peringatan pada manusia. Mungkin bisa benar, tetapi sebagian besar bukan peringatan, tetapi akibat manusia. Jangan salahkan bumi jika saat ini tak nyaman lagi untuk disebut sebagai ‘rumah.’

Perilaku manusia dapat dikontrol dengan pengetahuan dan pendidikan. Perilaku yang kurang bermanfaat dapat dikurangi bahkan dihilangkan dengan pendidikan, sebaliknya perilaku yang efisien dapat diajarkan dalam proses pendidikan. Perlu adanya pemberian pengetahuan tentang kelingkungan hidup bagi manusia secara umum. Pepatah di masyarakat kita mengatakan bahwa ‘Tak kenal maka tak sayang.’ Ini membuktikan bahwa manusia perlu untuk mengenal dan belajar sebelum mengetahui dan melakukannya. Dengan pemberian pengetahuan tentang lingkungan hidup maka secara pelan tapi pasti, masyarakat akan berangsur-angsur merubah kebiasaan merusak lingkungan ke perilaku yang lebih efisien. Dengan pemahaman masyarakat tentang lingkungan hidup, mereka akan lebih kritis dalam menanggapi isu-isu nasional maupun lokal. Pendidikan merupakan jalan terdepan untuk melakukan revolusi lingkungan. Kita tentu mengharapkan terbentuk masyarakat yang cerdas. Masyarakat yang tak akan mudah diiming-imingi rupiah untuk memapras hutan. Masyarakat kita tak akan mudah lagi dirobohkan dengan dollar untuk mengebor di setiap sudut negara. Mungkin hal ini sulit dan terdengar seperi mimpi, tetapi dengan memulai maka semua akan berangsur-angsur tercapai. Sekarang terserah kita, apakah mimpi hanya akan sekedar menjadi mimpi,, atau merubah mimpi itu menjadi sesuatu yang membuat kita memimpikan hal baru ???

Gurnito Dwidagdo

Tumblr, what is this?..

Tumblr adalah sebuah layanan tumblelog gratis yang mengizinkan penggunanya untuk memposting tidak hanya tulisan, tetapi juga mengizinkan penggunanya untuk memposting foto, quote, video, chat, audio, dan link. Fitur tumblr yang memperbolehkan para pengguna untuk memposting foto biasa digunakan oleh para pengguna tumblr untuk membuat sebuah photoblog. Terdapat fitur khusus yang ada pada situs tumblr yaitu, pengguna tumblr dapat membuat blog yang bersifat pribadi. Postingan tersebut hanya bisa dilihat oleh pengguna itu sendiri atau pengguna lain yang ditunjuk atau dipilih oleh pengguna yang memiliki account tersebut untuk dapat melihat blog pribadi ini. Pengguna dapat melihat kiriman tulisan, foto, quote, video, chat, audio, dan link melalui situs tumblr.com.

Tumblr, Inc.

Description: Tumblr logo

Jenis

Swasta

Didirikan

2007

Kantor pusat

New York, New York, USA

Industri

social network service, micro-blogging

Karyawan

12[1]

Situs web

www.tumblr.com

PeringkatAlexa

138 (July 2010)[2]

A. SEJARAH

Pada tahun 2007, seorang pengusaha internet muda yang bernama David Karp telah menciptakan Tumblr. Dia menciptakan tumblr di Jepang pada saat dia berumur 19 tahun. kemudian setelah menciptakan tumblr tersebut, dia juga menemukan sebuah kata baru yang akan digunakan pada layanan tumblr yaitu "Tumblelog". Tumblelog memiliki arti yaitu bentuk pendek dari blogging atau mengarah ke dalam bentuk miniblog. Pada tumblelog, layanan ini hanya dapat mengirimkan satu kalimat pendek saja, berbeda dengan blog-blog yang ada. David Karp kagum dengan bentuk baru blogging ini, kemudian dia berkata akan menunggu untuk salah satu platform blog yang sudah siap agar para pengguna dapat mengatur sebuah platform. Tetapi, setelah satu tahun lamanya hal tersebut tidak terjadi juga. kemudian David karp sendirilah yang akhirnya turun tangan untuk menyelesaikan platform blog tersebut. Inkarnasi saat Tumblr diluncurkan pada tanggal 1 November dan versi beta telah diluncurkan beberapa bulan sebelumnya.

Umur Platform Microblogging Tumblr boleh dibilang masih cukup muda untuk sebuah Platform Microblogging, yakni 4 tahun. Namun di umurnya yang masih tergolong muda tersebut Tumblr sudah mampu membuat kejutan dan membuat terpana beberapa Platform Microblogging atau Blog Provider yang sudah dulu ada. Pada bulan Januari tahun 2011, pengguna Tumblr mencapai nilai 7 Juta. Tetapi saat ini statistik pengguna Tumblr meningkat 3 kali lipat menjadi 20.873.182 pengguna. Jumlah pengguna Tumblr ini melebihi jumlah pengguna Platform Blog Populer yang sudah muncul 8 tahun yang lalu, yaitu WordPress.com.

B. CARA MEMBUAT AKUN TUMBLR

1. Bukalah http://www.tumblr.com dari halaman browser Anda.

Di halaman muka, Anda akan langsung menemukan formulir pendaftaran. Isilah alamat email Anda, password serta alamat Tumblr yang Anda inginkan. Selanjutnya klik Sign up and start posting!

2. Tumblr akan membawa Anda tur singkat untuk mengenal fitur-fitur Tumblr.

a. Create post

Anda akan diberitahu tentang bagaimana cara membuat posting berdasarkan jenisnya. Klik salah satu ikon, jika Anda ingin memulai posting. Tutup kotak Create your first post! dengan mengklik tanda silang di pojok kanan untuk melanjutkan tur.

b. Costumize Blog

Selanjutnya, Tumblr akan menunjukkan bagaimana caranya Anda dapat mengkostumisasi blog Anda. Disini Anda bisa langsung menuliskan judul blog dan upload foto profil. Lebih lanjut soal kostumisasi akan dibahas di artikel berikutnya. Sekarang, tutup layar Now costumize your blog! dengan mengklik tanda silang di pojok kanan.

c. Follow People

Seperti fitur di Twitter, Tumblr juga menggunakan sistem follow dalam layanannya. Artinya Anda dapat mengikuti blog Tumblr orang lain dan kemudian setiap update dari blog tersebut akan muncul di halamanDashboard Anda. Untuk mencari akun Tumblr teman Anda, masukkan email dan password Anda. Untuk melewati langkah ini tutup layarFollow some cool people! dengan mengklik tanda silang di pojok kanan.

3. Selanjutnya Tumblr akan membawa Anda ke menu Goodies. Disini Anda dapat memilih aplikasi Tumblr yang bisa mempermudah akses Anda ke Tumblr.

Untuk kembali ke halaman utama, klik Dashboard.

4. Dari menu Dashboard, Anda bisa mulai melakukan posting.

Untuk membuat posting berupa tulisan, klik ikon Text dan Anda dapat langsung mengetik isi posting pada kotak berikut:

Sebelum menerbitkan posting, Anda bisa menambahkan opsi penerbitan, tanggal dan tag pada menu Advanced options yang ada di sisi kanan. Selanjutnya klik Create Post.

5. Kini Anda kembali ke halaman Dashboard, disini Anda akan menemukan posting terbaru Anda di urutan paling atas. Di halaman ini, Tumblr akan menampilkan posting Anda dan posting orang-orang yang Anda ikuti berdasarkan urutan waktu, dimana yang paling baru akan muncul di urutan paling atas (mirip dengan susunan posting di Twitter).

Dengan Tumblr Anda juga bisa memposting ulang blog teman Anda dengan mengklik tulisan reblog yang ada di pojok kanan setiap posting. Fitur reblog ini membuat identitas penulis blog aslinya tidak hilang seperti yang terjadi jika Anda copy paste blog dengan cara biasa.

6. Jika ingin tahu bagaimana tampilan blog Tumblr Anda, klik saja foto profil Anda. Maka Anda akan melihat tampilan yang akan dilihat orang lain saat membuka alamat Tumblr Anda seperti berikut:

Layaknya blogspot dan wordpress, pengguna juga bisa mengganti tema tampilan tumbler. Namun caranya lebih mudah dari blogspot dan wordpress.

C. KELEBIHAN

Perbandingan Tumblr terletak pada kesederhanaannya. Pengguna dapat memposting melalui panel control yang memiliki tombol untuk berbagai jenis posting (teks, video, audio, foto, link, quote dan chat), tetapi juga dapat memposting dari sebuah bookmarklet di dalam browser pengguna, instant messenger, telepon selular ataudesktop widget. Secara keseluruhan, tumblr memeliki kemudahan yangsama dengan blog-blog online lainnya, dalam hal sign up dan posting. Namun, Tumblr memiliki menu pilihan dalam memposting seperti, text, foto, video, quotes, link, chat dan audio. Pengguna juga dapat melakukan re-blog yang artinya mendiskusikan postingan dari blog orang lain. Selain itu kita dapat melakukan updates status pada situs jejaring sosial melalui tumblr, Tumblr juga dapat mengelompokkan foto yang pengguna posting ke dalam tumblr.

Cara memposting cukup mudah. Setiap kali pengguna melihat sesuatu yang menarik secara online, pengguna dapat mengklik dengan cepat “Share on Tumblr”. Hasil yang di dapatkan pengguna setelah mengklik “share on tumblr” ialah rentetan bervariasi tentang media link serta text yang menunjukkan gambar atau video yang telah pengguna posting ke dalam tumblr. Kemudian yang berikutnya pengguna tumblr dapat membuat satu tumblr atau membuat satu untuk setiap subyek agar dapat lebih banyak berbagi dengan pengguna lain. Berikutnya ialah dengan direktori berdasarkan tag dan wilayah geografis, para pengguna tumblr dapat menjelajahi account tumblr milik pengguna lain yang berbeda daerah asal bahkan berbeda negara sekalipun melalui Tumblr negara asal yang pengguna miliki.

D. KEKURANGAN

Jika Pengguna menulis pada bagian artikel atau tulisan dan kemudian pengguna ingin menyisipkan foto ke dalam artikel atau tulisan tersebut maka, pengguna harus melakukan salin-tempel URL dari foto yang ingin dimasukkan ke dalam artikel atau tulisan, dan juga ikut disertai dengan dimensi dari foto yang akan dimasukkan ke dalam sebuah artikel atau tulisan. Cara ini membuat pengguna menjadi sedikit kerepotan. Foto yang telah di posting ke dalam tumblr juga tidak dapat diberi komentar oleh pengguna dan para pengguna tumblr lainnya. Kemudian para pengguna tumblr hanya dapat memposting satu kalimat singkat saja. Hal itu membuat pengguna tidak dapat menuliskan secara lebih isi dari tulisan pengguna. Kemudian tidak adanya pengorganisasian link untuk link yang telah pengguna posting, seperti link tentang wordpress atau blogspot, Pengorganisasian link harus dilakukan secara manual dan tidak ada pages khusus untuk mengorganisasi link yang telah diposting ke dalam tumblr untuk di diskusikan.

RENDAHNYA TINGKAT ANTUSIASME ORANG TUA DALAM MENGIKUTSERTKAN ANANKNYA DI PAUD

Dewasa ini perkembangan tingkat pendidikan sangat pesat. Beberapa tahun yang lalu pendidikan untuk anak pertama dimulai dar jenjang TK, akan tetapi tingkat pendidikan untuk anak telah mengalami perkembangan. Perkembangan tersebut ditandai dengan munculnya jenjang pendidikan anak usia dini. Pendidikan anak usia dini atau yang sering disingkat PAUD adalah upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan anak usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Dalam mentukan pendidikan, anak usia dini sangat tergantung oleh orangtuanya. Berbeda dengan anak usia dewasa yang sudah memliki power untuk mempengaruhi orang tuanya, anak usia dini tidak terlalu memiliki power yang kuat. Kondisi seperti ini mengakibatkan orang tua sangat mentukan pendidikan seperti apa yang akan diterapkan kepada anaknya. Hal yang terjadi saat ini ialah orang tua sepertinya tidak menganggap PAUD sebagai salah satu jenjang pendidikan yang penting untuk anaknya. Anggapan orang tua tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor yaitu faktor ekonomi, kondisi psikologis orang tua, rendahnya sosialisasi PAUD, dan sebagainya.

Faktor ekonomi biasanya yang sangat berperan dalam ketidakmauan orang tua untuk mengikutsertakan anaknya pada PAUD. Untuk mengikutsertakan anak dalam PAUD juga memerlukan biaya, sehingga menyebabkan orangtua malas mengikutsertakan anaknya dalam PAUD karena memilih untuk mengalokasikan uangnya kepada hal-hal lain yang dianggap lebih penting. Hal tersebut sangatlah lumrah mengingat kondisi ekonomi kebanyakan masyarakat Indonesia masih banyak yang serba kekurangan. Faktor ekonomi juga akan mempengaruhi faktor psikologis orang tua terhadap PAUD. Banyaknya masyarakat yang kondisi ekonominya masih pas-pasan akan membentuk opini pada orang tua yaitu PAUD tidaklah terlalu penting. Selain faktor ekonomi, opini bahwa PAUD tidaklah terlalu penting juga dibentuk dari anggapan bahwa dalam mengajari anak usia dini tidaklah harus mengikutsertakan anaknya pada jenjang PAUD. Faktor yang lain ialah sosialisai PAUD yang masih kurang dilaksanakan oleh lembaga pemerintahan terkait terutama pada daerah-daerah di perdesaan dan juga masih kurangnya tenaga pengajar untuk anak usia dini. Banyak pengajar pada jenjang PAUD masih belum profesional karena tenaga pengajar tersebut banyak yang merupakan tenaga pengajar sukarelawan bukan pengajar yang profesional sesuai dengan bidangnya.

PAUD menjadi penting dalam perkembangan anak usia dini karena pada usia tersebut merupakan masa usia golden age, dimana pada usia 0-4 tahun daya serap otak anak mencapai 50 persen, 0-8 tahun sebesar 80 persen dan pada 0-18 tahun sebesar 100 persen. Berbagai alasan tersebut menjadikan PAUD wajib dikuti oleh semua anak usia dini, akan tetapi anak usia dini dalam menentukan pendidikannya sangatlah dipengaruhi oleh orangtuanya. Oleh karana itu penelitian ini menjadin penting karena untuk mengetahui tingkat antusiame orang tua dalam mengikutsertakan anaknya pada jenjang PAUD.

Oleh : Akhmad Ganang Hasib

Kabid Litbag HMPG 2012

Tag : ,

ENERGI TERBAHARUKAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

Akhir-akhir ini negara kita sedang diributkan dengan harga BBM. Beberapa waktu yang lalu pemerintah merencanakan untuk menikan harga BBM, akan tetapi pada akhirnya lewat sidang paripurna DPR kenaikan BBM tersebut batal terjadi. Sebenarnya kenaikan harga BBM dapat menjadi pendukung dalam mengembangkan energi alternatif yang terbaharukan. Di seluruh dunia termasuk Indonesia BBM masih menjadi andalan dalam memasok kebutuhan energi, padahal BBM merupakan sumber energi yang sifatnya tidak terbaharukan. Dari sini muncul pertanyaan apakah negara kita dalam melakukan pembangunan akan terus bersandar pada sumber energi yang sifatnya sementara ? Seharusnya negara kita tidak berpikir demikian, akan tetapi mulai mengembangkan sumber energi alternatif pengganti BBM.

Berbagai macam sumber daya terutama tumbuhan di Indonesia sebenarnya dapat digunakan untuk mengembangkan energi alternatif yang terbaharukan. Contohnya ialahpohon jarak, ubi kayu, kemiri sunan, kelapa sawit, jagung, sagu dan sebagainya. Kelapa sawit apa bila diolah akan menghasilkan CPO yang dapat diolah menjadi bio-disel, ubikayu, jagung, dan berbagai jenis tumbuhan lainya yang mengandung pati dapat diolah menjadi bio-ethanol. Masalahnya disini ialah berbagai macam sumber daya tersebut sudah mempunyai segmen pasar tersendiri, seperti kelapa sawit untuk ekspor, jagung, ubi kayu untuk bahan makanan. Selain itu juga berkaitan dengan harga ekonomis jenis tumbuhan tersebut apabila diolah menjadi energi alternatif nilainya tidak ekonomis. Harga yang tidak ekonomis itulah yang menyebabkan bahan bakar alternatif ini kalah bersaing dengan BBM yang harganya dibawah harga ekonomis bahan bakar alternatif tersebut.

Sebenarnya selain beberapa sumber energi alternatif diatas masih ada beberapa sumber energi yang dapat dimanfaatkan selain minyak bumi, seperti gas, batu bara, panas bumi dan sebagianya. Akan tetapi, masalahnya ialah beberapa sumber energi tersebut tidak dimanfaatkan secara maksimal oleh pemerintah Indonesia. Pemerintah selalu beralasan bahwa SDM kita belum mampu untuk mengolah sumber energi tersebut, sehingga banyak pengelolaanya justru diserahkan kepada pihak asing. Masih banyak alasan lain yang diungkapkan pemerintah mengpa mereka enggan mengelola energi lain selain BBM.

Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa untuk membangun sebuah negara diperlukan energi yang berkelanjutan atau paling tidak ketersediaanya masih banyak di dunia ini. Menurut saya yang paling mungkin dikembangkan saat ini ialah energi alternatif yang berasal dari tumbuhan seperti minyak sawit dan kemiri sunan. Alasannya adalah segmen ini belum terlalu diintervensi oleh pihak asing sehingga peluang untuk mengembangkan perusahaan nasional untuk mengelola sumber energi alternatif ini lebih besar. Alasan lain ialah Indonesia sangat potensial dalam menghasilkan tumbuhan yang dapat digunakan untuk energi alternatif. Permasalahanya ialah jika harga BBM terus berada diatas harga bahan bakar alternatif, maka sampai kapanpun energi alternatif ini tidak akan berkembang. Sebenarnya kebijakan pemeritah untuk menaikan harga BBM ada benarnya juga jika dilihat dari perspektif untuk mengembangkan energi alternatif sebagai modal dasar untuk melakukan pembangunan berkelanjutan.

Oleh : Akhmad Ganang Hasib

Kabid Litbang HMPG 2012

Tag : ,

Dimanja BBM

Semua orang di Indonesia pasti sudah mulai resah dengan adanya kebijakan baru berupa kenaikan harga BBM mulai 1 April depan. Bahkan, teramat resahnya hingga beberapa orang menimbun BBM agar memiliki stok lebih murah saat hari kenaikan tiba. Tak hanya perorangan, beberapa instansi tertentu seperti penyedia layanan trasnportasi pun melakukan hal yang sama.

Memalukan. Seperti itukah akal orang Indonesia? Kecurangan sudah mendarah daging.

Mengenai kenaikan BBM ini, sebenarnya tidak efektif untuk mengurangi polusi, meminimalisir jumlah pengendara bermotor, dan juga dalam rangka mengurangi subsidi BBM itu sendiri. Tetap saja, yang diuntungkan adalah pengguna kendaraan pribadi. Sedangkan yang menjerit rugi pasti rakyat kecil yang menggunakan truk atau semacamnya untuk menyambung hidup. Sebab, subsidi BBM digunakan 53% oleh pemilik mobil pribadi, 40% oleh pengguna motor, sedangkan mobil barang hanya 4%, dan kendaraan umum hanya 3%. Jadi, selama ini yang lebih banyak diuntungkan dengan BBM murah adalah mobil pribadi dan motor, bukan transportasi umum. Kenaikan BBM tersebut justru akan menghambat pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Selain itu, rakyat Indonesia juga sudah terbiasa menggunakan BBM. Sehingga, untuk berhemat pun masih susah. Seringkali kita membuang BBM percuma. Saat menunggu di pinggir jalan, saat lampu merah lebih dari 1 menit, atau menggunakan motor untuk sekedar pergi dalam hitungan jarak di bawah 1 km. Ditambah “budaya” bahwa “Anak SMA wajib punya motor”. Sehingga, peningkatan kuantitas kendaraan biasanya terjadi di awal tahun pelajaran. Bukan di awal tahun kalender.

Dapat diprediksi bahwa penggunaan kendaraan bermotor akan tetap meningkat. Sebab, tidak mungkin dengan adanya kenaikan ini rakyat langsung “membuang” kendaraannya dan beralih ke sarana transportasi umum. Mereka akan tetap kekeuh menggunakan motor atau kendaraan pribadi (seperti saya -_-“).

Beberapa orang mengajukan protes, namun sayangnya ada sebuah “pembelaan” yang salah di mata masyarakat. Diantara kita mungkin ada yang masih brpikir bahwa Indonesia adalah Negara penghasil minyak bumi terbesar, Negara eksportir minyak, bahkan sempat menjadi anggota OPEC. Jika pernyataan itu kita ungkapkan saat tahun 1990-an, jelas masih dapat diterima. Namun, Indonesia bukan lagi anggota OPEC sejak tahun 2008. Produksi minyak pertahun kian menurun ditambah pengelolaan minyak yang masih kurang optimal menyebabkan Indonesia kini justru menjadi Negara importir minyak. Produksi minyak mentah Indonesia terus mengalami penurunan. Tahun 1996 Indonesia mampu memproduksi minyak sebesar 485.573,80 juta barel. Sedangkan, tahun 2010 hanya mampu menghasilkan 300.923,30 juta barel. Jika dikalkulasikan, total penurunan produksi minyak Indonesia selama 10 tahun adalah 184.650,5 juta barel. Jumlah penurunan yang tidak sedikit mengingat jumlah penduduk Indonesia juga kian bertambah.

Sumber data BPS :

http://www.bps.go.id/tab_sub/view.php?tabel=1&daftar=1&id_subyek=10&notab=1

Kesalahan kita terletak pada pengelolaan minyak itu sendiri. Indonesia menjual bahan mentah dengan harga murah, lalu membeli olahan minyak dari Negara lain, termasuk BBM, dengan harga lebih tinggi. Sangat tidak masuk akal. Mari kita beranalogi. Jika kita memiliki kebun sayuran, lantas kita menjual sayuran itu ke orang lain. Lalu, kita membeli sayur yang sudah matang dari orang lain. Tentu saja harganya akan lebih mahal bukan?

Lepas dari kenyataan memilukan di atas, kenaikan BBM memicu berbagai kalangan untuk mencari solusi dalam hal transportasi. Namun, ada hal dilematis dalam pengembangan transportasi di Negara ini. Saat muncul gerakan go green, sego segawe yang dicanangkan pemerintah Yogyakarta, bahkan kenaikan BBM ini, tetap saja seolah rakyat tak bergeming. Kita sudah terlalu dimanja dengan BBM murah. Sehingga, pergi kemanapun rasanya tak puas kalau tidak menggunakan kendaraan pribadi. Gengsi yang didukung oleh kebijakan yang fatal. Seperti itulah kita yang sudah dimanja oleh BBM murah.

Saat ingin memakai transportasi umum seperti bus kota, sungguh lebih menyiksa lagi. Kondisi bus yang memprihatinkan dengan cat-cat yang mengelupas, berkarat, menyemburkan asap “maut”, kotor, pencopet mengintai, berhenti di sembarang tempat, belum juga ditambah kondisi penumpang yang saling berdesakan akibat tak ada kuota penumpang. Hal itu membuat masyarakat enggan menggunakan bus kota. Jika beralih ke trans, jalur yang dilalui tidak mudah dijangkau oleh masyarakat, sehingga kemampuan untuk mengakses trans masih rendah. Ingin menggalakkan gerakan go green atau sego segawe dengan bersepeda, jarak tempat beraktivitas seperti bekerja atau sekolah cukup jauh.

Lalu apa yang sebaiknya dilakukan?

Langkah pertama adalah melakukan penyelamatan darurat. Subsidi seharusnya dipakai bukan untuk BBM, namun untuk pengembangan transportasi umum. Subsidi juga dapat diberdayakan untuk meningkatkan pembaharuan berupa energi ramah lingkungan dan renewable. Sehingga, rakyat akan memilih alternatif bahan bakar yang lebih hemat dan tidak merusak lingkungan. Dapat pula menjadikan transportasi umum seperti bus kota lebih nyaman untuk digunakan, sehingga penggunaan kendaraan pribadi beralih ke sarana transportasi umum. Tertibkan juga bus kota dengan pengaturan halte dan tempat penitipan kendaraan pribadi di dekat halte. Sehingga, ketika jalur bus tidak melewati daerah tempat tinggal kita dan jauh dijangkau dengan berjalan kaki, kita dapat menggunakan kendaraan pribadi kita hingga ke halte saja. Tentu kita dapat menghemat BBM, apalagi jika kita menggunakan sepeda sebelum mengakses bus kota tersebut.

Ada banyak hal untuk menghemat BBM. Jangan sampai kita terbuai dan tergantung dengan BBM. Kurangi sifat adiktif BBM dengan menahan diri dan penggunaan seminimal mungkin. Jangan pernah berpikir bahwa hanya segelintir orang yang sadar untuk berhemat. Jika setiap orang berpikiran semacam itu, tentu BBM akan terus berkurang. Mulailah perubahan besar dari diri kita sendiri, dari hal yang kecil, dan dari sekarang!

Hemat energi untuk bumi !

Jadilah kholifah bumi sejati dengan langkah sederhana, nyata, dan berkelanjutan!

Oleh : Rizky Oktaviani

Litbang HMPH 2012

Tag : ,

BIAYA PENDIDIKAN YANG MENCEKIK PIKIRAN

Menyesakkan dada memang ketika kita berhenti di sekitar lampu merah ataupun ketika kita sedang melintasi jalan raya dan melihat anak- anak yang seharusnya masih duduk di bangku sekolah harus rela berada di jalanan demi mengais rejeki untuk biaya sekolah mereka. Mungkin inilah dampak dari kenaikan biaya pendidikan di Negara kita meskipun sekarang pemerintah mencanangkan program sekolah gratis tetapi faktanya masih ada saja sekolah- sekolah yang masih mengenakan biaya kepada anak didiknya dengan alasan pengembangan kualitas.

Selain itu kenyataan yang lainnya adalah ketika pemerintah memang benar- benar menaikkan biaya pendidikan banyak sekali rakyat yang berteriak dan menangis karena mahalnya biaya pendidikan dan mereka tidak mampu untuk membayarnya.

Mungkin maksud pemerintah menaikkan biaya pendidikan yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang tidak mampu dan menaikkan kualitas pendidikan di Indonesia, tetapi sayang perkiraan itu melenceng sebab naiknya biaya pendidikan malah akan semakin memperburuk rakyat Indonesia yang seharusnya bisa menerima pendidikan malah sebaliknya tidak dapat menerima karena mereka tidak mampu membayar.

Dengan melihat kenyataan seperti itu pemerintah mengadakan dana BOS ( bantuan Oprasional Sekolah ) untuk tingkat dasar, sedangkan untuk perguruan tinggi di sediakan BBM dan bidik misi tetapi sayangnya dana tersebut belum begitu maksimal sebab terkadang mereka salah sasaran yang seharusnya tidak menerima malah menerima dan yang seharusnya menerima malah tidak menerima. Apakah seperti ini gambaran pendidikan di Negara kita dengan kebijakan dan solusi bagaimanakah agar rakyat Indonesia bisa mengenyam pendidikan yang sepantasnya.

Dian Oktavina

(Litbang HMPG 2012)

Tag : ,

Awal Hanyalah Awalan, tapi Akhir adalah Makna

Bagaimana kisah ini berawal?, mari kita ikuti selengkapnya….

Sore itu, aku sedang berjalan-jalan keliling kuburan. Tak sengaja kupergoki ada seorang kapiten di tempat pembuangan akhir sampah (TPA). Ia nampaknya sedang sibuk mengorek-orek gunungan sampah dengan sebatang besi bermata tajam di genggamannya. Hal itu terlihat aneh bagiku, sebab ia adalah seorang kapiten yang mempunyai pedang panjang, tetapi kenapa mainnya di TPA?…kurasa ia sedang mencari sesuatu entah apa itu, yang pasti aku tidak tahu. Untuk mengetahui hal apa yang sedang diperbuatnya, langsung saja aku dekati dirinya dengan perasaan campur aduk. Tanpa pikir panjang, kutepuk pundaknya yang besar dan keras itu. Tiba-tiba ia terhentak kaget dan segera membalikkan badannya ke hadapanku. Tak kusangka tak kuduga….aku terkejut!!!..rupa-rupanya ia memamerkan giginya yang sedikit panjang dan maju lima sentimeter. Akupun takut dan bergerak mundur perlahan tapi pasti. Saat aku hendak lari, tiba-tiba ia mengatakan sesuatu… “ada afa mas?, ada yang wisa saya wantu?”, katanya…aku pun terheran-heran, ternyata dia tidak bisa mengucapkan huruf ‘b’ dan ‘p’. aku terdiam sejenak dan mulai kuutarakan maksud kedatanganku menghampirinya. Kutanyakan padanya apa yang sebenarnya dia cari di gunungan sampah itu?, dia kan seorang kapiten, tapi kenapa bisa ada di situ sendirian seorang diri, tiada yang menemani…. Kemudian ia pun mulai bercerita bahwa sebenarnya yang ia cari adalah harga diri. Tapi tunggu dulu……. Apa maksudnya ia mencari harga diri di gunungan sampah yang sungguh sangat amat tidak berperi kemanusiaan sekali itu?, ia kemudian menceritakan sesuatu hal kepada saya. Bahwa ia merasa kalau harga dirinya telah diinjak-injak dan dibuang kedalam sampah!, kenapa hal itu bisa terjadi?, ia mengungkapkan bahwa dirinya terlalu mudah dipengaruhi oleh suara-suara yang menyesatkannya. Ia mudah diajak untuk berfoya-foya, bermaksiat, dan bermalas-malasan. Bahkan ia pun tak tahu sebenarnya apa yang telah ia lakukan selama ini?, yang ia tahu hanyalah menyambung nyawa. Aku pun tercengang mendengar ceritanya. Ternyata ia adalah seorang kapiten yang telah kehilangan harga dirinya. Sungguh malang nian nasibnya. Setelah ia bercerta panjang lebar kepadaku, ia pun langsung berlalu meninggalkanku tanpa banyak cakap. Tetapi ia hanya berpesan kepadaku bahwa aku harus menentukan jalan hidupku sendiri, jangan mudah bergantung kepada orang lain, dan jangan mudah terpengaruh oleh hal-hal yang mungkin kelihatannya sepele, tetapi itu akan membuat hidup kita hancur di masa yang akan datang. Setelah kutelusuri, ternyata makna dari itu semua adalah bahwa kita hidup di dunia ini janganlah merasa seperti orang yang bisa melakukan segalanya. Temukan diri kita sendiri, jangan pernah meniru apa yang jadi cirri khas orang lain. Sebab itu akan manghancurkan diri kita sendiri nantinya. Dan jangan mudah menerima sesuatu hal yang baru yang kita belum tahu bagaimanakah hal tersebut, apakah baik atau buruk. Yah….begitulah kisahku di suatu sore. Banyak pelajaran yang dapat kita renungkan. Semoga ini dapat menginspirasi saudara-saudara sekalian. Amiiin…

Djokjakarta, 11 April 2012
ttd.
Pak Mungkas
Tag : ,

- Copyright © Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -