Upgrading HMPG 2013, Langkah Pertama Untuk Langkah-Langkah Besar Selanjutnya

Sabtu, 16 februari sampai Minggu, 17 Februari 2013, bertempat di wisma Al Kindi, Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. HMPG (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi) mengadakan kegiatan “upgrading pengurus HMPG 2013”. Masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan ini adalah salah satu kegiatan tradisional HMPG yang selalu dan harus ada di setiap awal kepengurusan HMPG.

Inti dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyolidkan dan mempererat hubungan antar dan seluruh pengurus agar terjalin sinergitas dan kesamaan visi misi dalam setiap langkahnya dalam melewati setiap tantangan selama setahun kedepan. Sesuai dengan slogan HMPG 2013 “transformatif bersinergis”.

Upgrading kali ini sedikit berbeda dibanding upgrading-upgrading sebelumnya. Dalam upgrading kali ini terasa lebih semarak dan lebih seru. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal. Diantaranya adalah, dalam upgrading kali ini terdapat satu sesi yang menghadirkan beberapa mantan ketua HMPG, dari ketua HMPG 2008: Triyanto P Nugroho, ketua HMPG 2009: Ardi Wiyatno, ketua HMPG 2010: Muhamad Arif Fauzi, ketua HMPG 2011: M Khaidir CP, sampai ketua HMPG 2012: Gurnito Dwidagdo. Yang dikemas dalam sebuah panel diskusi. Jadi setiap ketua HMPG menceritakan HMPG pada jamannya, kekhasan masing-masing angkatan, garis besar tujuan yang sudah berhasil dicapai, dan hambatan-hambatan yang ditemui.

Selain panel diskusi mantan-mantan ketua HMPG, materi tentang ke-organisasian dan soft skill juga disampaikan oleh tiga pembicara, yaitu yang pertama oleh ibu kita bu Nurul Khotimah, M. Si, kemudian pak Mashudi Majeri, S. Pd, dan terakhir oleh kakak kita M Khaidir CP. Yang secara garis besar memiliki tema sama, yaitu tentang pengembangan soft skill dalam berorganisasi.

Sama seperti upgrading-upgrading sebelumnya, setelah materi dan panel diskusi ketua HMPG lintas angkatan, acara berlanjut ke presentasi program kerja dari setiap bidang. Dimulai dari bidang baru, yaitu KASTRAT (kajian strategis) dengan penyampaian yang cukup rapi oleh Kabid KASTRAT Pebri Nurhayati. Kemudian dilanjutkan presentasi bidang PPO (pengkaderan dan pemberdayaan organisasi) oleh kabid Irma Suci Amalia. Kemudian berturut-turut adalah bidang Litbang (penelitian dan pengembangan), bidang MJ (Media dan Jurnalistik), bidang Miba (minat dan bakat, dan yang terakhir bidang kesvoma (kesejahteraan dan advokasi mahasiswa).

Diantara beberapa bidang ini terdapat dua bidang yang terkesan baru, yaitu KASTRAT dan MJ. Kastrat adalah bidang yang memang benar-benar baru yang didirikan dengan dasar pemikiran bahwa HMPG harus memiliki wadah tersendiri sebagai penjaga semangat intelektual bagi pengurus dan mahasiswa HMPG, dengan mengkhususkan pada pengkajian isu-isu dan masalah-masalah yang sedang hangat maupun masalah-masalah krusial yang belum ada pemecahannya, dan tentunya dengan sudut pandang khas kita, yaitu geografi.

Sedangkan MJ adalah jelmaan dari bidang Jurnalistik dan Informasi (JI) yang bertransformasi menjadi Media dan Jaringan dengan dasar pemikiran bahwa sudah saatnya area kerja atau job description dari bidang JI ditambahi oleh wewenang untuk membangun jaringan ke luar dengan pengkhususan ke lembaga dan organisasi yang dianggap strategis dengan kepentingan HMPG maupun jurusan Pendidikan Geografi UNY itu sendiri. Dengan menjggabungkan kata Jurnalistik dan Informasi kedalam kata Meidia, dan menambahkan kata “jaringan” dibelakangnya.

Presentasi program kerja berlangsung sampai pukul 03.00 dini hari, hal ini terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal. Yang pertama yaitu karena memang presentasi dimulai lebih lambat dari jadwal, yaitu sekitar pukul 21.30 WIB. Selain itu, keaktifan dan antusiasme kakak-kakak mantan pengurus HMPG yang menyempatkan hadir juga turut menjadi penyebabnya. Hampir setiap bidang yang melakukan presentasi selalu dicecar oleh banyak pertanyaan.

Namun, itulah yang sebenarnya sangat kami harapkan sebagai pengurus HMPG 2013, antusiasme kakak-kakak kita ini menunjukkan bahwa mereka masih sangat memiliki kepedulian kepada kelangsungan HMPG dan masa depan HMPG. Dengan kakak-kakak yang mengajukan banyak pertanyaan, masukan, kritik, dan berbagai arahannya berarti mereka masih sangat peduli dan sayang dengan HMPG yang sekarang sedang diamanahkan kepada pengurus 2013.

Selain itu antusiasme kakak-kakak ini juga membuktikan bahwa beberapa perubahan yang dirancang pada kepengurusan periode 2013 ini mampu “menarik perhatian” mereka untuk menguji keyakinan dan keteguhan pengurus dalam mempertahankan ide perubahan yang mereka lontarkan itu sendiri.

Masih sama seperti upgrading sebelumnya, acara pagi hari dilanjutkan dengan outbond yang kali ini diadakan di satu tempat di gardu pandang Kaliurang. Dan masih sama seperti upgrading-upgrading sebelumnya juga, outbond ini diadakan dengan tujuan untuk mengakrabkan dan menambah kekompakan pengurus HMPG 2013. Walaupun kegiatan outbond bersifat rekreatif namun didalamnya terdapat nilai-nilai dan pesan-pesan moral dalam organisasi seperti nilai kebersamaan, kekompakan, komunikasi, kepemimpinan, kepercayaan, loyalitas, kepercayaan diri dan tanggung jawab.


Bu Nurul Khotimah, M.Si selesai menyampaikan materi 

Pak Mashudi Majeri, S.Pd selesai menyampaikan materi

kalau soal makan, pasti kompak

kebersamaan ini, janganlah cepat...... (nyanyi)


TRANSFORMATIF BERSINERGI!!

MJ

3 comments:

Muhammad Rizki Dewantara said...

kami sepenuhnya mendukung dan percaya kalian bisa.. selamat berjuang..

momonway said...

fotoq kok gak ada ya,,wkwkwk, seruu pokoknya up grading HMPG 2013 kemarin..SippO !!! Semangatt buat kalian..

Hanif Rifa'i said...

biarpun sy gk terjepret.
yg penting luar biasa...!

Powered by Blogger.