Popular Post

2 Mar 2013




PENTAS kali ini diadakan di ruang kuliah G.01 214

PENTAS (Peningkatan Kapasitas) yang dilakukan oleh divisi KASTRAT HMPG 2013 merupakan salah satu program kerja yang dilakukan secara rutin.

Diadakan di gedung kuliah G01. 214 Fakultas Ilmu Sosial dengan tema “Efektifkah UKT (Uang Kuliah Tunggal) bagi kita?”. Dalam kesempatan ini kegiatan PENTAS dihadiri oleh Pengurus HMPG 2013 dan mendatangkan narasumber Ketua BEM FIS UNY 2013 Satria Durga Kusuma.

Ketika dalam menyampaikan materi terkait UKT, Dirga menjelaskan bahwa UKT telah disetujui dan diterpakan di UNY dan UGM. “Ketika melakukan pertemuan dengan jajaran birokrasi dan dari media disampaikan bahwa UNY dan UGM telah menyetujui dan akan menerapkan UKT di tahun 2013 ini.” terangnya.

Selain itu Dirga juga menyampaikan komponen atau besarnya pembayaran yang akan diterapkan sesuai dengan jenis kelompok studinya, berikut rinciannya:

Biaya Pendidikan di UNY 2013, S1 & D3
1. Kelompok Sosial / Ekonomi / Bahasa : Rp 2.600.000,00 / semester.
2. Kelompok MIPA /Olahraga / Seni : Rp 3.000.000,00 /semester
.
3. Kelompok Teknik : Rp 3.500.000,00 / semester
.

Ketika salah seorang peserta diskusi bertanya terkait betapa mahalnya biaya yang ada bagi kalangan ekonomi kebawah jika harus membayar dengan jumlah yang sama selama menempuh biaya studi, Dirga menjelaskan bahwa ini masih menjadi suatu masalah dan dilema yang harus mendapat perhatian lebih dan pengkajian ulang.

Harapannya setelah dilakukan diskusi dan kajian terkait UKT, ketika pihak birokrat FIS dan mahasiswa yang mewakili kegiatan diskusi bersama di Magelang mendatang dapat memberikan solusi dan pelaksanaan pendidikan yang tidak memberatkan bagi mahasiswa dan para orang tua.

- Copyright © Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -