Popular Post

30 Apr 2013

Negara, dalam berdiri dan eksisnya sebuah negara di perlukan adanya wilayah ,warga negara, pemerintahan dan pengakuan dari negara lain. Untuk terpenuhinya syarat kedua dan terakhir di butuhkan adanya generasi baik secara kualitas maupun kuantitas. Oleh karena itu eksistensi generasi di perhitungkan untuk maju atau tidaknya sebuah negara di mana pun negara itu berada.

Amerika Serikat membagi generasi pada tahun 2011 sebagai berikut :


1) First Generation (Generasi Pertama), lahir 1883 – 1990
2) Greatest Generation (Generasi Adiluhung), lahir 1901 – 1924
3) Silent Generation (Generasi Pendiam ), lahir 1925 – 1942
4) Baby Boomer Generation (Generasi Boomer), lahir 1943 – 1960
5) Generation X(Generasi X), lahir 1961 – 1981
6) Generation Y (Generasi Y), lahir 1982 – 2001
7) Generation Indigo, lahir 2002 – 2024



Generasi Pendiam
Adanya generasi silent terkait dengan tanggal 5 November 1951, bagi mereka yang lahir di antara tahun 1923 – 1933 di nyatakan memiliki sikap ; menunggu datangnya takdir, walaupun mereka terlihat bekerja keras tetapi mereka cenderung suka “diam seribu bahasa”, dan memang mereka secara kebetulan memiliki tipe pendiam. Dan mereka cenderung melihat dirinya sebagai sosok aktif pada awal karir karena di waktu tua mereka menganggap dirinya muda terus sehingga mereka tetap bersemangat .



Beberapa contoh tokoh terkenal dari generasi ini adalah :Bob Dylan yang terkenal di bidang musik pop, John Howard dan paul keating perdana menteri australia. Mereka merupakan orang orang yang berhasil, dan keberhasilan mereka didorong oleh situasi dan kondisi dunia yang butuh orang orang bertekad kuat, dan ingin mewujudkan sesuatu untuk generasi di bawahnya.



Generasi Boomer
Di sebut demikian karena di amerika serikat enam juta bayi lahir, sementara di Inggris pada tahun 2004 tercatat para bayi yang lahir di tahun1943 – 1960 itu sudah mencapai puncak karier, dengan bukti bahwa mereka telah mampu membeli mobil mewah kelas atas, memiliki kapal pesiar dan memiliki pabrik kosmetik .Di selandia pun juga sempat terjadi fenomena baby boomer. Sedangkan di Indonesia tidak ada riset yang menyatakan akan keberhasilan generasi baby boomer karena awal dari generasi ini kita masih dalam perjuangan merebut kemerdekaan (1943). Terjadi baby boomer banyak di sebabkan oleh kondisi ekonomi yang baik.



Generasi X
Kelompok ini di lahirkan antara tahun 1965 dan 1980. Kini mereka sudah mempunyai anak mengkhawatirkan kondisi keluarga, keuangan, dan masa depan dan terkadang sibuk untuk menjalin koneksi dengan teman lama, sedangkan kebanyakan dari mereka tidak memelihara pertemanan di antara mereka. Generasi ini lebih fleksibel dalam menangani perubahan di mana surat surat lewat pos yang sebagai salah satunya alat komunikasi berganti dengan komunikasi melalui vidio dengan facebook.



Komunikasi jarak jauh yang menghabiskan banyak uang kini berganti dengan akses internet yang lebih leluasa. Komunikasi web menjadi alat harian. Kini jika ingin menemukan teman teman lama, atau mendengarkan lagu masa SMA, masuk saja ke situs Google atau You Tube.



Generasi Y
Mereka lahir di tahun 1982 – 2001. Suasana puncak pada 1989 – 1990 disebut dengan Echob Boom, dampak dari generasi Boomer yang belakangan lahir (1940an -1950an ) yang saat sudah menikmati gaya hidup kelas atas, mereka memiliki keturunan yang lahir pada tahun 1980an atau awal tahun 1990an .Mereka yang lahir sesudah generasi Boomer ,yaitu kelahiran 1993 – 2001 di masukan sebagai generasi Y yang di sebut dengan Post Echo Generation.



Generation Indigo
Selain di juluki sebagai generasi Indigo ,generasi ini juga di sebut dengan generasi Penyadur atau generasi 9/11. Generasi yang baru saja muncul ini ,merupakan generasi yang mengalami beragam hal atau pun masalah antara lain keamanan di seluruh bagian dunia, kebijakan kebijakan moneter, tanggung jawab keuangan, restruksi yang bisa jadi semakin besar termasuk juga dengan masalah lingkunga atau alam yang bisa dikatakan kian memburuk. Dalam arti semakin menantang dan butuh orang pandai yang mampu menyelesaikan masalah ini.

sumber:
geography.about.com/od/populationgeography/qt/generations

- Copyright © Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -