Hasil Kunjungan KASTRAT ke Dinas Pekerjaan Umum



      Studi Ruang Terbuka Hijau D.I.Y Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial UNY di Dinas PUP dan ESDM. Sebanyak 18 mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial,Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang terdiri dari jurusan pendidikan Geografi, pendidikan IPS, dan Administrasi Negara melakukan kunjungan studi di Kantor Bidang Tata Ruang Dinas PUP dan ESDM Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (18/04/2012).
Kunjungan yang diprakarsai oleh Divisi Kajian Strategi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi ini dalam rangka mengetahui lebih jauh keadaan dan tata kelola Ruang Terbuka HijauDaerah Istimewa Yogyakarta melihat keadaan kota Yogyakarta yang semakin padat kini.

Mahasiswa ini diterima langsung oleh kepala bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan ESDM Provinsi DIY, Ir. Hananto Hadi Purnomo, M. Sc. Selanjutnya diberi penjelasan mengenai Ruang Terbuka Hijau Kota Yogyakarta dilanjutkan dengan diskusi ringan.

Menurut Undang-Undang No. 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang, perencanaan tata ruang wilayah kota harus memuat rencana penyediaan dan pemanfaatan ruang terbuka hijau yang luas minimalnya sebesar 30% dari luas wilayah kota. Penetapan angka 30% tersebut meliputi 10% untuk wilayah private dan 20% wilayah public.
Dalam diskusi tersebut Hananto menjelaskan bahwa Ruang Terbuka Hijau hanyalah bagian terkecil dari Kota Hijau, “Perlu teman-teman mahasiswa ketahui bahwa Ruang Terbuka Hijau hanyalah 1/8 bagian dari Kota Hijau dan ini merupakan bagian yang kecil, oleh sebab itu hendaknya kita bijaksana dalam memanfaatkan sumberdaya alam”, jelasnya.

Kondisi kota Yogyakarta saat ini merupakan menuju kearah pemenuhan Ruang terbuka Hijau yang lebih baik, namun hal tersebut tetap harus ditingkatkan baik dari segi prasarana dan sarana pelaksanaan Ruang Terbuka Hijau mengingat keadaan wilayah Yogyakarta yang semakin padat.
Selain hal tersebut,diperlukan komitmen dan kerja sama yang baik antara pemerintah sebagai pemrakarsa tata ruang dan masyarakat dalam menjaga keadaan tata ruang dengan landasan Ruang Terbuka Hijau untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih nyaman.


Usai penjelasan dan diskusi kepala bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan ESDM Provinsi DIY, Ir.  Hananto Hadi Purnomo, M. Sc. mengajak mahasiswa untuk bekerja sama dalam menciptkan wilayah dengan Ruang Terbuka Hijau yang baik dan memenuhi syarat, terutama dalam lingkungan kampus yang sangat erat interaksinya dengan mahasiswa, bahkan Hanato menawarkan bantuan dan dukungan dalam menciptakan Ruang Terbuka Hijau di lingkungankampus.
Penulis : Pebri Nurhayati
Mahasiswa Pendidikan Geografi UNY

No comments:

Powered by Blogger.