Popular Post

3 Aug 2013

    Jika kalian pergi ke New York maka kalian akan melihat patung besar, berupa patung wanita yang membawa obor. Ya, patung Liberty. Patung ini merupakan hadiah dari rakyat Prancis kepada rakyat Amerika saat ulang tahun kemerdekaan Amerika yang ke-100.Hal ini merupakan ungkapan persahabatan antara kedua negara.
Patung ini di deasin oleh seorang pemahat Perancis yang bernama Frédéric-Auguste Bartholdi, selesai pada bulan Juli 1884. Setelah selesai dibuat di Prancis, patung tersebut dibongkar, lalu dikemas dalam 200 muatan besar untuk dikirim ke Amerika. Patung Liberty selanjutnya disusun kembali di Bedloe’s Island di mulut pelabuhan Kota New York. Sehingga patung ini merupakan patung penyambut siapa saja yang masuk ke USA sekaligus menunjukan betapa megahnya negeri paman sam ini. Namun karena lamanya proses pengepakan, patung Liberty baru bisa diresmikan oleh presiden Amerika ,Grover Cleveland pada tanggal 28 Oktober 1886 dan terhitung sepuluh tahun setelah HUT kemerdekaan Amerika yang ke-100.
Dengantinggi 46 meter danberat 204 ton, Patung Liberty berdiridiataslandasansetinggi 46 meter.Sehingga total tinggi patung liberty plus landasannya setinggi 92 meter, benar benar tinggi laksana raksasa. Tentunya tidak hanya tinggi tapi juga kuat karenabagiandalamnyadiisiolehrangkabaja, sementarabagianluarnyadibuatdari plat tembaga. Rangkabajapatung Liberty, dibuatdandirancangolehGustave Eiffel, sorang yang merancangdanmembangunMenara Eiffel.Sedangkan dindingberbentukbintangyang mengelilingi alas, memilikitinggi 47-m (154-ft) . Dindinginimerupakan bagiandari Fort Wood.
Fakta unik lain tentang patung liberty adalah adanya 3 patung liberty di dunia ini, yaitu :

11.    New York
 
       Inilah patung  liberti yang kita bahas di atas, patung liberty yang kita kenal sebagai patung liberty yang ada di New York.




  
22.    Jardin du Luxembourg
        Ini patung liberty yang ada di Luxembrourg yang merupakan kota kecil di     tengah tengah Eropa Barat.










33.   Perancis-lle des cygnes
       Dan ini patung liberty yang ada di Perancis, terlihat pula icon perancis yang biasanya kita kenal , ya menara Eifel. Dan keduanya nampak berpadu membentuk pemandangan yang bagus.

Lalu apa arti dari patung Liberty itu ?
     Patung ini melambangkan kemerdekaan atau kebebasan rakyat Amerika. Patung ini berwujud seorang dewi yang memegang obor dan sebuah tablet (sabak). Obor dilambangkan sebagai sesuatu yang menerangi jalan agar bebas dari kegelapan, di tafsirkan sebagai masyarakat yang melihat adanya harapan akan masa depan yang cerah) dan sabak di lambangkan sebagai pemuat pasal-pasal hukum yang adil bagi siapa saja dan ini merupakan lambang dari keadilan.
Di bagian depan tablet tertulis tanggal kemerdekaan US yaitu 4 Juli 1774. Selain itu, rantai patah di kaki sang dewi juga melambangkan kebebasan rakyat US dari berbagai bentuk penindasan dan penjajahan. Lengkap sudah arti berbagai benda yang dibawa sang dewi. Statue of Liberty ini berdiri kokoh di Ellis Island seolah siap menyambut siapa saja yang masuk ke USA dengan kebebasan yang sejati.

By: Sazuky Rohmato Sauza

- Copyright © Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -