Popular Post

11 Sep 2013

Sabtu, 7 September 2013 telah dilaksanakan Character Building Training (CBT) bagi mahasiswa baru (2013) Pendidikan Geografi. CBT ini diselenggarakan oleh HMPG. Adapun tujuan diadakan CBT ini yaitu:
1. Membentuk karakter peserta atas dasar wawasan kepemimpinan.
2. Memberikan wawasan kepemimpinan yang peduli lingkungan sekitar.
3. Memberikan pelatihan keterampilan dalam kepemimpinan dan pengambilan keputusan.
4. Memberikan wawasan bagi peserta mengenai peran dan tanggung jawab sosial.
5. Memberikan pengetahuan dan pelatihan mengenai keorganisasian dan kerja tim.

CBT dibuka pada pukul 07.00 WIB dengan materi pengenalan HMPG dan IMAHAGI yang disampaikan secara marathon oleh Jaya Hardika (ketua HMPG) dan Anugrah Ramadhan (korwil III IMAHAGI). Pada sesi ini dijelaskan semua hal yang ada di organisai HMPG dan IMAHAGI. Mulai dari struktur kepengurusan, bidang-bidang yang ada, sampai program kerja yang sudah dan akan dilangsungkan. Memakai tempat di ruang kuliah G.01.109 FIS UNY, para peserta (mahasiswa angkatan 2013) tampak antusias dalam mendengarkan dan bertanya jawab dengan penyampai materi.

Setelah sesi pertama selesai, peserta dikondisikan untuk keluar ruangan menuju taman Ki Hajar, Museum Pendidikan, dan sebelah barat Gazebo laboratorium Geografi. Ya, peserta dipecah menjadi tiga kelompok yang masing-masing akan mendapat tiga materi berbeda secara bergantian (roling). Adapun tiga materi tersebut adalah:

1. Manajemen dan Keterampilan Kepemimpinan serta Pengambilan Keputusan. (oleh Jaya Hardika)
2. Mahasiswa dan Tanggung Jawab Sosial (Arahan, Simulasi, dan Diskusi). (oleh Irma Suci Amalia)
3. Keorganisasian dan Kerja Tim. (oleh Anggoro Buana)

Materi “Manajemen dan Keterampilan Kepemimpinan serta Pengambilan Keputusan” bertempat di taman Ki Hajar Dewantara, disampaikan oleh ketua HMPG. Materi ini betujuan agar peserta dapat mengetahui apa itu pemimpin, kepemimpinan dan, Kepemimpinan Efektif, sehingga dapat mengetahui semua komponen yang berkaitan dengan kepemimpinan serta manajemen dan mengetahui bagaimana manajemen kepemimpinan yang baik serta dapat termotivasi untuk menjadi pemimipin bagi diri sendiri, lingkungan mahasiswa dan masyarakat.

Selain itu, dengan keterampilan kepemimpinan peserta mampu untuk menguasai modal - modal kepemimpinan, seperti: Keterampilan Bergaul, Teknik loby & Negosiasi Konsep/Citra Diri, Manajemen Stres, Manajemen Pribadi, Manajemen Waktu, Mempengaruhi Orang Lain.

Di lain tempat, di museum pendidikan UNY, disampaikan materi “Mahasiswa dan Tanggung Jawab Sosial (Arahan, Simulasi, dan Diskusi)” oleh Irma Suci Amalia. Peserta diharapkan dapat memahami dan mengetahui keberadaan dirinya sebagai insan sosial sehingga mampu membangun alur berfikir peserta dengan menemukan posisi strategis mahasiswa dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara dengan melihat dan analisa keadaan sosial secara langsung.

Juga, saat yang bersamaan di sebelah barat gazebo laboratorium geografi, Anggoro Buana menyampaikan materi Keorganisasian dan Kerja Tim. Setelah materi ini para peserta diharapkan dapat menguasai & mengaplikasikan kemampuan pengorganisiran seperti: Manajemen Strategi, Manajemen SDM, Manajemen Keuangan, Manajemen Administrasi.

Secara bergantian, peserta yang telah selesai mengikuti materi harus berpindah-pindah tempat untuk roling. Setiap materi berdurasi sekitar 45 menit. Dengan adanya praktek dan simulasi yang diberikan, terlihat peserta masih antusias mengikuti penyampaian materi ini.

Penyampaian ketiga materi ini selesai tepat sebelum adzan sholat Dzuhur. Semua peserta dan panitia dikondisikan untuk istirahat dan sholat untuk kemudian mrlanjutkan rangkaian acara CBT dengan outbond.

Outbond ini juga rangkaian dari beberapa materi yang disampaikan sebelumnya. Ada beberapa permainan dalam outbond, diantaranya adalah: permainan konsentrasi, permainan kelompok seperti theklek dan tarik tambang. Tentu saja peserta asangat antusias mengikuti outbond ini, dalam outbond ini tidak hanya peserta saja yang mengikuti, namun semua yang ada (panitia dan angkatan 2012 dan 2011) yang tidak menjadi pemandu outbond harus ikut. Suasana kebersamaan sangat terasa disesi ini.
















- Copyright © Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -