Testimoni untuk para calon ketua HMPG 2014



         Teman-teman setanah air geografi, sebentar lagi pesta rakyatnya warga Pendidkan Geografi FIS UNY akan segera digelar lho.. Tepatnya tanggal 11 Desember 2013 PEMILWA HMPG akan diselenggarakan. Sehubungan dengan dengan hal tersebut, sosok pemimpin seperti apa sih yang benar-benar di butuhkan oleh warga Pendidikan Geografi FIS UNY?? Mari kita lihat pendapat dari beberapa warga Pendidkan Goegrafi FIS UNY berikut…

“Pemimpin untuk HMPG itu harus punya integritas, ketua HMPG juga harus punya keteladanan untuk para anggotanya, serta seorang ketua HMPG itu harus mempunyai sebuah ketegasan” - Diana Prasastiawati (2013).

“Ketua HMPG haruslah seorang ketua yang tegas, tidak memihak, dalam arti ketua itu tidak membeda-bedakan anggotanya. Seorang ketua HMPG harus loyal, dan yang paling penting adalah dia harus bertaqwa” – Bentar Dwi Saputra Adi (2013).

“Ketua HMPG itu intinya bisa memipin para anggotanya dan dekat dengan anak-anak geografi, mudah akrab dengan mahasiswa yang lain, dan mempunyai kesabarab yang lebih dari yang lain, serta berani dalam mengambil resiko” – Ibnu Budi Prasetyo (2012). 

“Yang jelas, ketua HMPG itu bagaimana dia bisa menciptakn suasana geografi yang tanpa kesenjangan, karena semuanya itu sama, jangan sampai dibeda-bedakan. Dia juga harus punya kegiatan yang inovatif” – Edwin Sudrajat (2012).

“Seorang yang pantas untuk memimpin HMPG adalah seorang yang berani, bertanggung jawab, terbuka dengan para anggotanya, dan mau untuk bekerja keras” – Wahid Hasyim A A (2013).

“Ketua HIMA itu tidak neko-neko, dia ya apa adanya dia, tidak cari perhatian. Dia juga harus punya keteladanan untuk ditiru oleh para anggotanya, dia dapat menginspirasi orang banyak, tidak mudah terhasut oleh orang lain, dan yang paling utama dia itu sehat akal dan pikirannya” – Khomsun Subarkah (2013).

“Pertama, seorang ketua HMPG itu harus mengerti dirinya terlebih dahulu, setelah dia bisa mengerti dirinya, dia akan mampu mengerti orang lain. Setelah bisa mengerti orang lain maka dia akan mampu untuk memimpin, mampu mengkoordinasikan anggotanya untuk bekerja sesuai dengan bidangnya. Meskipun dia merupakan seorang ketua yang posisinya di atas, namun dia juga merupakan bagian dari anggota HMPG” – Nur Imam Syahrul Huda (2011).

“Ketua HMPG adalah seseorang yang bisa mengerti kondisi HMPG, bijaksanan dan dapat mengayomi anggotanya, peduli dengan keadaan sekitarnya, bertanggungjawab. Meskipun posisinya di atas, tetapi dia perlu terjun langsung dengan para anggotanya” Dian Dinta Herlambang (2011).

“Ketua HMPG itu adalah orang yang bisa diteladani, dia mampu memimpin dirinya sendiri terlebih dahulu sebelum memimpin para anggotanya. Selain itu dia juga harus bisa bertanggung jawab atas diri sendiri terlebih dahulu. Misalnya ketika dengan tetap bisa menjaga nilai akademiknya meskipun banyak sekali hal yang harus di urus dalam organisasi. Khusus hubungannya dengan pendidikan geografi yang telah lama menanamkan rasa kekeluargaan yang kuat, ketua HMPG harus bisa mengayomi, bisa memunculkan rasa kekeluargaan antar mahasiswa pendidikan geografi, lebih merekatkan hubungan kekeluargaan yang telah lama terjalin di HMPG. Kemudian, kegiatan-kegiatan dalam pendidikan geografi kebanyakan adalah kegiatan di lapangan, jadi ketua HMPG itu haruslah gesit dan berani” – Anggoro Buwana Praja Murti (2011).

“Ketua HMPG haruslah ketua yang berangkat dari hati. Ketika keputusannya menjadi ketua itu datang dari hatinya, apa saja yang akan dia lakukan menjadi sesuatu yang mudah. Keinginannya menjadi ketua HMPG bukanlah karenan paksaan, dan dia memiliki keinginan untuk memajukan geografi” - Jaya Hardika (2011).

“Ketua HMPG adalah seorang ketua yang bisa mengayomi seluruh warga pendidikan geografi” – Gurnito (2010).

“Ketua HMPG itu adalah ketua yang menghormati dan menghargai kakak, adik, dan teman se angkaatannya, tidak sulit untuk ditemui, menjadi dirinya sendiri, mempunyai pandangan yang luas, berkinerja tinggi, serta mempunyai sebuah keberanian” - Rizky Dewantara (2010).

“pemimpin yang ideal untuk HMPG adalah orang yang berani menunjukan bahwa dirinya itu penting” – Sapta Suhardono (2010).

“Sosok pemimpin HMPG adalah sosok pemimpin yang harus bisa merangkul dari angkatan yang paling atas hingga angkatan yang paling bawah, mempunyai menegement organisasi yang baik, mampu menggerakan anggotanya dengan baik, dia adalah seorang yang bekerja keras, selalu mempunyai kemauan untuk menjadikan HMPG selalu eksis, mau belajar dari kesalahan. Ketua HMPG haruslah orang yang tidak keraas kepala tetapi juga tidak mudah dipengaruhi oleh orang lain, dia mempuyai prinsip, mempunyai kemampuan melobi yang baik, dapat mengambil keputusan secara bijak, dan dia mempunyai mindset bahwa HMPG merupakan wakil dari seluruh mahaasiswa geografi, maka dari itu libatkanlah seluruh mahasisiwa pendidikan geografi dalam berb agai kegiatan” - Wahyu W (2009).

“Karakter ketua HMPG menurut saya adalah orang yang bisa melengkapi kekurangan ketua HMPG sebelunya. Yang paling penting ketua HMPG itu berbeda dengan ketua HIMA yang lain, jangan kaku, jangan tunduk dengan sebuah sebuah kelompok, dan selalu mendahulukan keluarganya” – Dimas (2008).

“Ketua HMPG adalah seorang ketua yang beriman” – Muhamad Arif Fauzi / Pak Taka (2008).

Nah itu dia berbagai pendapat mengenai sosok ketua HMPG dari beberapa warga Pendidikan Geografi FIS UNY. Dari berbagai pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa sosok pemimpin untuk HMPG adalah seseorang pemimpin yang berangkat dari hatinya, tanpa paksaan dan pamrih, bekerja keras untuk memajukan geografi, mempunyai tanggung jawab atas dirinya dan organisainya, dapat menjadi teladan bagi warga Pendidikan Geografi yang lain, mampu merangkul dari angkatan yang paling atas hingga yang paling bawah. Pemimpin HMPG adalah orang yang beriman dan bertaqwa.
Khusus hubungannya dengan Pendidikan Geografi FIS UNY, ketua HMPG harus bisa menamkan dan memperkuat rasa kekeluargaan yang telah lama tertanam dalam keluarga Pendidikan Geografi FIS UNY, dia haruslah sosok pemimpin yang dekat dengan seluruh mahasiswa Pendidikan Geografi, mudah akrab dengan meraka, tidak pernah membeda-bedakan, kareka kita adalah satu keluarga Mahasiswa Pendidikan Georafi FIS UNY. Selain itu hubungannya dengan berbagai kegiatan di dalam geografi yang banyak melakukan kegiatan di lapangan, pemimpin HMPG haruslah pemimpin yang cekatan dalam berbuat, tegas dalam mengambil keputusan, dan tentunya siap atas resiko dari keputusannya itu. 

Mari kita sukseskan PEMILWA HMPG untuk Geografi yang semakin maju  (PPO)

No comments:

Powered by Blogger.