Popular Post

18 Feb 2014



Raja hutan digambarkan sebagai sosok yang menguasai dan memimpin berbagai hewan di dalam hutan. Dalam berbagi cerita, film dan artikel khususnya untuk anak-anak, raja hutan digambarkan sebagai seekor singa. Digambarkan bahwa singa menjadi pemimpin di hutan, dengan kekuatan dan kegagahannya.
Namun benarkah bahwa Raja hutan yang sebenarnya tersebut adalah singa, khususnya di indonesia?

seperti yang kita tahu bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan hutan yang cukup luas, dan merupakan salah satu penyumbang oksigen yang besar bagi dunia. mari kita tinjau kembali habitat singa yang sebenarnya dan siapa Raja Hutan yang sebenarnya.

                                                     gambar habitat singa di dunia

Dari gambar diatas dapat disimpulkan bahwa habitat singa sebagian besar ada di afrika. Habitatnya yaitu berupa padang rumput sabana dan stepa.. dan sebagian kesil hidup di anak benua india.
dari sini dapat disimpulkan bahwa sebagian besar singa hidup di padang rumput, bukan di hutan. Jadi singa sebenarnya bukanlah raja hutan, karena ia tidak tinggaal di hutan.



Adakah singa yang habitatnya di indonesia? jawabannya, tidak ada, seperti yang telah di sebutkan diatas bahwa habitat singa sebagian besar di afrika, hanya sebagian kecil yang tinggal di india.  kalupun ada singa di Indonesia, pasti hanya di penangkaran atau di kebun binatang. 

Lalu siapakah Raja hutan sebenarnya, khususnya hutan di indonesia? seperti yang telah disebutkan diatas bahwa Raja Hutan merupakan sosok yang menguasai dan memimpin berbagai hewan di hutan, disini berarti bahwa Raja Hutan haruslah tinggal di hutan, sedangkan singa hidup di padang rumput. jadi sosok hewan yang pantas mendapat predikat sebagai Raja Hutan adalah hewan yang tinggal di hutan, saudara dekat singa yang tinggal di hutan yaitu HARIMAU...

Harimau merupakan kerabat dekat dari singa yang tinggal di hutan. habitatnya berada di hutan hujan tropis. yaitu wilayah Oriental yang meliputi sekitar India Dan asia tenggara. termasuk indonesia khusunya sumatera yang memiliki spesies Harimau Sumatera.

coba kalian buka kembali atau bukalah mengenai persebaran hewan di dunia. kalian akan mengetahui dimana habitat singa yang selama ini digambarkan sebagai raja hutan dan dimana habitat harimau, yang lebih pantas digambarkan sebagai raja hutan.

mungkin sebagian besar orang memandang masalah ini sebagai masalah yang sepele, namun coba kita telaah lebih dalam. dengan penggambaran sosok raja hutan yang keliru, digambarkan sebagai seekor singa, yang sebenarnya sama sekali tidak hidup di dalam hutan, maka hal ini akan menjadikan sebuah pemikiran yang salah dalam diri anak. mereka akan menganggap bahwa singa hidup dihutan, padahal yang sebenarnya singa tidak hidup di hutan. ini merupakan sebuah pembodohan halus dalam duna anak-anak, mereka dijejali pemikiran yang salah mengenai habitat hidup hewan.
jadi penggambaran sosok Raja Hutan sebagai seekor singa merupakan sebuah pembodohan terhadap anak-anak. Siapakah yang bertanggung jawab atas semua ini?
untuk iru mari kita luruskan pemikiran generasi muda khusunya anak-anak mengenai sosok Raja Hutan yang sebenarnya..
RAJA HUTAN INDONESIA BUKANLAH SINGA NAMUN HARIMAU....



by: trie_susilo


4 Responses so far.

  1. This comment has been removed by the author.
  2. Mungkin hutan itu lebih ke kosakata bukan arti sebenarnya...
    IMO, Hutan = Alam Liar
    Rambutnya jg klo diliat mirip mahkota(raja)

  3. Hadeeeeeh,
    Tau lagu martin garrix
    Lion in the wild,,
    Guru2 indonesia aja yg salah mwngartikan kalau wild itu hutan :3

  4. Klo singa hidup di hutan kira" kuat gk yaa bertahan gk yaa..
    Selayak nya harimau gitu

- Copyright © Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -