Raja Hutan Adalah Singa..? Benarkah?



Raja hutan digambarkan sebagai sosok yang menguasai dan memimpin berbagai hewan di dalam hutan. Dalam berbagi cerita, film dan artikel khususnya untuk anak-anak, raja hutan digambarkan sebagai seekor singa. Digambarkan bahwa singa menjadi pemimpin di hutan, dengan kekuatan dan kegagahannya.
Namun benarkah bahwa Raja hutan yang sebenarnya tersebut adalah singa, khususnya di indonesia?

seperti yang kita tahu bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan hutan yang cukup luas, dan merupakan salah satu penyumbang oksigen yang besar bagi dunia. mari kita tinjau kembali habitat singa yang sebenarnya dan siapa Raja Hutan yang sebenarnya.

                                                     gambar habitat singa di dunia

Dari gambar diatas dapat disimpulkan bahwa habitat singa sebagian besar ada di afrika. Habitatnya yaitu berupa padang rumput sabana dan stepa.. dan sebagian kesil hidup di anak benua india.
dari sini dapat disimpulkan bahwa sebagian besar singa hidup di padang rumput, bukan di hutan. Jadi singa sebenarnya bukanlah raja hutan, karena ia tidak tinggaal di hutan.



Adakah singa yang habitatnya di indonesia? jawabannya, tidak ada, seperti yang telah di sebutkan diatas bahwa habitat singa sebagian besar di afrika, hanya sebagian kecil yang tinggal di india.  kalupun ada singa di Indonesia, pasti hanya di penangkaran atau di kebun binatang. 

Lalu siapakah Raja hutan sebenarnya, khususnya hutan di indonesia? seperti yang telah disebutkan diatas bahwa Raja Hutan merupakan sosok yang menguasai dan memimpin berbagai hewan di hutan, disini berarti bahwa Raja Hutan haruslah tinggal di hutan, sedangkan singa hidup di padang rumput. jadi sosok hewan yang pantas mendapat predikat sebagai Raja Hutan adalah hewan yang tinggal di hutan, saudara dekat singa yang tinggal di hutan yaitu HARIMAU...

Harimau merupakan kerabat dekat dari singa yang tinggal di hutan. habitatnya berada di hutan hujan tropis. yaitu wilayah Oriental yang meliputi sekitar India Dan asia tenggara. termasuk indonesia khusunya sumatera yang memiliki spesies Harimau Sumatera.

coba kalian buka kembali atau bukalah mengenai persebaran hewan di dunia. kalian akan mengetahui dimana habitat singa yang selama ini digambarkan sebagai raja hutan dan dimana habitat harimau, yang lebih pantas digambarkan sebagai raja hutan.

mungkin sebagian besar orang memandang masalah ini sebagai masalah yang sepele, namun coba kita telaah lebih dalam. dengan penggambaran sosok raja hutan yang keliru, digambarkan sebagai seekor singa, yang sebenarnya sama sekali tidak hidup di dalam hutan, maka hal ini akan menjadikan sebuah pemikiran yang salah dalam diri anak. mereka akan menganggap bahwa singa hidup dihutan, padahal yang sebenarnya singa tidak hidup di hutan. ini merupakan sebuah pembodohan halus dalam duna anak-anak, mereka dijejali pemikiran yang salah mengenai habitat hidup hewan.
jadi penggambaran sosok Raja Hutan sebagai seekor singa merupakan sebuah pembodohan terhadap anak-anak. Siapakah yang bertanggung jawab atas semua ini?
untuk iru mari kita luruskan pemikiran generasi muda khusunya anak-anak mengenai sosok Raja Hutan yang sebenarnya..
RAJA HUTAN INDONESIA BUKANLAH SINGA NAMUN HARIMAU....



by: trie_susilo


13 comments:

Shintaro Natsume said...
This comment has been removed by the author.
Shintaro Natsume said...

Mungkin hutan itu lebih ke kosakata bukan arti sebenarnya...
IMO, Hutan = Alam Liar
Rambutnya jg klo diliat mirip mahkota(raja)

reza agung maulana said...

Hadeeeeeh,
Tau lagu martin garrix
Lion in the wild,,
Guru2 indonesia aja yg salah mwngartikan kalau wild itu hutan :3

Rahmat Riyadi said...

Klo singa hidup di hutan kira" kuat gk yaa bertahan gk yaa..
Selayak nya harimau gitu

Rully Prana Yuda said...

Hutan sama Savana jelas lebih keras Savana kemana mana lahhh.. Klo situ bertanya singa bsa gk bertahan dihutan ya itu pertanyaan aneh sihh.. Tpi klo situ nanya nya Harimau bsa gk bertahan si Savana?? Itu bsa dipertimbangkan

Rully Prana Yuda said...
This comment has been removed by the author.
Rully Prana Yuda said...

"Raja Hutan Indonesia" ??? Yang kita ajarkan dari kata "Raja Hutan" itu mencakup seluruh negara, bkan hanya Indonesia.. Dan hutan yg dimaksud itu "Alam Liar" (mencakup semuanya) Jdi sang Raja Hutan yg dinobatkan adalah hewan yg menduduki rantai makanan paling puncak.. Walaupun ada beberapa vidio di YouTube yg memperlihatkan perkelahian Singa vs Harimau (di kebun binatang) dan ada beberapa yg hasil nya Harimau pemenang nya.. Tpi saya yakin klo singa - singa liar yg ada di Savana gk bkal bsa dikalahkan oleh harimau :) IMO

yudhiabriansyah said...

Hidup dimanapun sama saja. Harimau ttp akan menang, kalau perkelahiannya satu lawan satu.. Tp cara hidup Singa dan Harimau berbeda. Singa hidup berkelompok, dan di kelompok itu ada satu Singa sebagai pemimpin. Jika salah satu anggotanya diserang, tentu singa yg lain akan membantu.. Itulah singa, punya sifat kepemimpinan dan sangat teritorial menjaga wilayahnya. Sedangkan harimau yg hidup di hutan lebih individual, tidak suka berkelompok. Itu membuat harimau lebih mandiri dan mengerjakan semuanya sendiri. Termasuk saat berkelahi.. Mereka sudah terlatih memenangkan perkelahian sendirian. Kalo diadu satu lawan satu, ttp harimau yg menang. Krn ukuran tubuhnya lebih besar (terutama harimau siberia) dan gigitannya lebih kuat.. Knp Singa lebih dianggap raja? Ya mungkin krn sifat kepemimpinannya itu terhadap kelompoknya. Dan lagi Singa jantan jarang berburu sendiri, Singa betina lah yg berburu utk kemudian diberikan pd si jantan, stelah itu baru si betina ikut makan.. Sifat Singa jantan yg sprti itu mungkin menunjukkan dirinya sbg raja. Singa jg tdk segan berburu mangsa yg ukuran tubuhnya lebih besar dr mereka (seperti Gajah), ya krn mereka berburu berkelompok. Sedangkan harimau berburu sendirian.

Unknown said...

Ya betul tapi... Tapi singa tidak layak dibilang raja rimba
Singa hanya dikaitkan dengan sifat manusia fisik rambutnya yg mirip mahkota , singa kan binatang bukan manusia... Yg ku tau di dunia binatang cuma 1 raja siapa yg kuat dia yg menang dan menjadi raja dan ditakuti semua binatang.. harimau lah yg benar2 sifat dari semua binatang buas... Singa cocoknya di bilang raja banci..

Unknown said...

Jangan membalikkan sejarah bro... Dari dulu harimau tetap lebih kuat dari harimau.. pada zaman dl saat kerajaan Romawi harimau slalu menang lawan singa, jd mereka jarang melaga singa dgn harimau karena singa slalu kalah.. makanya mereka sering melaga harimau dengan harimau karena lebih buas dan kejam... Singa hanya bertarung menang sesama singa untuk jd pimpinan kelompok mereka beda dengan harimau bertarung sampai mati.. itu real..

Unknown said...

Benar.. tapi hakikatnya harimau lah raja dari semua binatang... Karena di dunia binatang cuma 1 hukum yaitu hukum rimba siapa kuat Dy lah yg berhak menjadi raja semua itu ada sama harimau karena buas dan kejam.. beda ma singa... Singa dikait2kan dengan sifat manusia hidup berkelompok menjadi pemimpin dan bentuk fisiknya yg punya rambut seperti mahkota ntah apalah itu.. padahal binatang itu sifatnya adalah buas siapa yg kuat Dy jd raja dan di takuti semua binatang

Unknown said...

Singa hanya jd raja cuma di kelompoknya singa bukan semua binatang.. tapi harimau adalah raja diatas raja.. raja semua binatang.. kebuasannya kekuatannya kekejamannya lebih dari binatang lain yg ada di bumi ini.. tak ada bantahan lagi.. jd gak usah mengkait2kan sifat sosial atau kepemimpinan manusia dgn binatang.. sifat binatang tetap buas dan slalu ditakuti sama musuh2nya titik

Unknown said...

Sekuat apapun harimau dan singa raja
Hutan itu TARZAN. AUWOUWOUWOOOOO!!!!

Powered by Blogger.