Asal Usul Nama Laut Merah



Laut Merah adalah sebuah teluk di sebelah barat Jazirah Arab yang memisahkan benua Asia dan Afrika. Jalur ke laut di selatan melewati Babul Mandib dan Teluk Aden sedangkan di utara terdapat Semenanjung Sinai dan Terusan Suez. Laut ini di tempat yang terlebar berjarak 300 km dan panjangnya 1.900 km dengan titik terdalam 2.500 m. Laut Merah juga menjadi habitat bagi berbagai makhluk air dan coral. Namun darimanakah nama Laut Merah tersebut?

Mengenai asal usul nama Laaut Merah sendiri ada berbagai versi, nah dalam kesempatan kali ini akan dibahas mengenai beberapa versi asal usul nama Laut Merah.  Pertama, Laut Merah baru terbentuk 55 juta tahun lalu, saat daratan Afrika terpisah dari daratan Arab. Saat daratan Afrika berpisah, terbentuklah cekungan yg terisi air dari laut Atlantik. Jadi bagi ahli geologi, nama Laut Merah sangat tepat. Kerana terjadinya Laut Merah mirip bayi yg masih merah kulitnya. 

Versi yang kedua mengatakan bahwa nama itu sudah ada sejak zaman kuno, sekitar 2500 SM. Orang kuno menamai Laut Merah, karena Laut Merah berwarna merah pada musim tertentu. Warna merah itu gara2 ganggang laut Trichodesmium erythraeum yang mati. Di hari2 biasa Laut Merah warnanya biru kehijauan. Orang kuno juga menamai Laut Merah kerana di sekitar Laut Merah ada pegunungan bertanah merah. Namanya pegunungan Edom. 

Yang ketiga yaitu menurut Seorang ahli fisika dari Universitas Cambridge bernama Collin Humphreys yang juga seorang penulis The Miracle of Exodus yang melakukan penjelajahan ke pusat Teluk Aqabah. Di sana, Collin Humphreys hanya menemukan sekumpulan alang-alang yang tumbuh subur berkat keberadaan air tawar disekitar tempat tersebut. Rupanya, pendapat atau perkataan orang-orang sering salah memahami ucapan yang biasa disebutkan dalam bahasa Inggris. Alang-alang dalam bahasa Inggris disebut dengan reed, namun oleh masyarakat setempat diucapkan dengan red (merah). Karena keberadaannya di laut, oleh masyarakat setempat dinamakan red sea (Laut Merah), padahal biasa disebut dengan the reed seas (Lautan Alang-Alang).

Hal ini juga juga dikuatkan oleh penemuan ilmuwan lain yang menyatakan bahwa Laut Merah telah salah di terjemahkan selama berabad-abad lamanya. Aslinya kata itu adalah bahasa Ibrani dari kata Yam Suph yang artinya Lautan Alang-Alang.

No comments:

Powered by Blogger.