SIAPAKAH GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA?




            Saat ditanya mengenai gunung tertinggi di dunia, kebanyakan orang pasti akan berfikiran bahwa mount everest adalah gungng tertinggi. Namun benarkah bahwa mount everest merupakan gunung tertinggi di dunia? Jawabannya bisa iya bisa tidak. Pasti dalam benak anda berfikiran, lho kok bisa? Untuk itu marilah kita melihat terlebih dahulu melihat bagaimana cara pengukuran ketinggian gunung yang ada di dunia ini.
            Secara umum, ketinngian gunung biasa diukur dari permukaan air laut, namun sebenarnya ada tiga cara mengukur ketinggian gunung, 1) Pengukuran dilakukan dari atas permukaan laut (from above sea level). 2) Pengukuran dilakukan dari dasar gunung (from its bottom/base). 3) Pengukuran dilakukan dari pusat bumi (from the center of the earth). Nah sekarang mari kita lihat berdasarkan ketiga cara pengukuran tersebut.
            Pertama, pengukuran dilakukan dari atas permukaan air laut. Ya, untuk pengukuran dengan cara ini, mount everest lah yang menempati peringkat pertama sebagai gunung tertinggi dengan ketinggian 8.848 mdpl.
Kedua, pengukuran dilakukan dari dasar gunung. Untuk pengukuran ini, apakah mount everest tetap yang tertinggi? Jawabannya tidak, Gunung Mauna Kea di Hawaii/USA merupakan yang tertinggi. Gunung ini menjulang dari dasar kedalaman Samudera Pasifik sepanjang 10,203 meter tetapi hanya setinggi 4.205 meter di atas permukaan laut.
Ketiga, pengukuran dilakukan dari pusat bumi. Dengan pengukuran ini maka gunung tertinggi dipegang oleh Gunung Chimboraza yang berlokasi di Ekuador. Gunung ini menjulang setinggi 6.310 mdpl dengan puncaknya tertutup salju. Lalu bagaimana bisa ia menjadi gunung tertinggi jika diukur dari pusat bumi. Kita tahu bahwa bumi berputar pada porosnya (berotasi), rotasi ini menyebabkan pepat di bagian kutub dan menonjol dibagian khatulistiwa. Dari pusat bumi menuju khatulistiwa lebih panjang 21 Km diabndingkan dengan dari pusat bumi menuju kutub. Gunung Chimboraza berada 1,5 derajat Lintang Selatan sementara Everest lebih jauh lagi dari lengkung bumi pada 28 derajat Lintang Utara. Jadi, meskipun Chimborazo 2540 meter lebih dekat ke permukaan laut dibandingkan dengan Everest, tetapi 2202 meter lebih jauh dari pusat Bumi. Maka, Gunung Chimboraza ini menonjol lebih tinggi ke angkasa daripada Everest  


by: trie_susilo

Dari berbagai sumber

No comments:

Powered by Blogger.