Popular Post

5 Apr 2014

             

             PENTAS (PeningkatanKapasitas) kembali dilaksanakan oleh divisi Kastrat HMPG UNY 2014 dengan tema “Mitigasi Bencana”.Pentas tersebut diadakan di laboratorium geografi fisik FIS UNY dengan pembicara bapak Arif Ashari, M.Sc, dosen pendidikan geografi FIS UNY.
            Dibuka pukul 15.15 oleh saudara Kholik dengan menyatakan bahwa dengan adanya diskusi ini, diharapkan kita semua dapat mengenal lagi tentang mitigasi bencana.
            Saat member materi, bapak ArifAshari, M.Sc menyatakan bahwa Indonesia memiliki potensi bencana tinggi.Hal ini dipengaruhi oleh kondisi geologi yang mempertemukan tiga lempeng besar dunia, kondisi klimatologi yang menyebabkan iklim tropis basah yang banyak hujan juga mendukung perkembangan kehidupan virus dan bakteri, dan kondisi geomorfolofi di Indonesia yang memiliki banyak pegunungan dan gunung api aktif.
            Dalam pasal 1 ayat 6 PP No 21 Tahun 2008 tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana, mitigasi bencana adalah serangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana. Di Indonesia sendiri, manajemen bencana lebih pada pasca bencana seperti tanggap darurat, rehabilitasi, dan rekonstruksi. Sedangkan pencegahan, mitigasi, dan kesiapsiagaan pada pra bencana masih sangat kurang.
            Bapak Arif Ashari, M.Sc menyampaikan bahwa jika kita lebih memahami tentang pra bencana maka bukan tidak mungkin bahwa akibat dari bencana dapat diminimalisir. Sayangnya, teori saja tidak cukup tanpa diiringi dengan latihan mitigasi bencana secara rutin.Karena melakukan dan mengaplikasikan teori secara rutin akan membuat kita kulino dan siap siaga menghadapi bencana.

            Harapannya kita semua, khususnya mahasiswa pendidikan geografi, dapat menjadi pioneer mitigasi bencana di lingkungan sekitar.(firta)



- Copyright © Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -