Workshop Kepenulisan

     Sabtu, 24 Mei 2014, satu lagi program kerja dari Media dan Jaringan terlaksana. Kali ini adalah Workshop Kepenulisan Fiksi yang bertemakan "Goresan Pena Sastrawan Alam". Acara yang diketuai oleh Fian Apriska ini diadakan untuk menyalurkan minat teman-teman yang tertarik dalam bidang tulis-menulis fiksi khususnya yang bertemakan lingkungan dan alam sekitar. Acara dimulai tepat pada pukul 08.00 dan dibuka oleh Edi Widodo dan Munika Zahrah Ch sebagai Master of Ceremony. Sebanyak 26 orang mengikuti acara workshop yang diadakan di Ruang Ki Hajar Dewantara.
     Pemberian materi dibagi menjadi dua sesi, dan di setiap akhir sesi peserta diperbolehkan bertanya. Pemberian materi pertama diawali dengan oleh Bapak Drs. Djoko Setiyono yang merupakan Sekretaris BLH Kota Yogyakarta dan Pemerhati Budaya Jawa. Beliau memberikan sekilas informasi mengenai lingkungan budaya-budaya yang berkaitan dengan geografi dan filosofinya bagi masyarakat Jawa. Materi kedua dilanjutkan oleh Mbak Ari 'Kinoysan' Wulandari sebagai penulis fiksi ternama. Beliau menyampaikan pengalamannya sebagai penulis baik penulis buku fiksi, buku nonfiksi maupun sebagai penulis script sinetron. Beliau juga tidak segan-segan membagi kiat-kiat menulis fiksi dengan baik dan benar. 
 

     Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pelatihan menulis yang dibimbing oleh Mbak Ari sendiri. Peserta diberi tiga buah gambar dan memilih satu diantaranya untuk dikembangkan menjadi sebuah tulisan. Dengan waktu 30 menit, peserta dengan antusias menulis dan mengembangkan ide-ide mereka. Setelah 30 menit berakhir, Mbak Ari memilih tiga tulisan terbaik Tulisan terbaik pertama diterima oleh Saraswati dengan judul Inilah Negeriku, tulisan terbaik kedua diterima Rut Pangestuti dengan judul Srigala Pun Takut. Dan terakhir diterima oleh Catur Novianto dengan judul tulisan Harta Karun Bau. Setelah memberikan sedikit ulasan singkat mengenai tiga tulisan terbaik, acara ditutup dengan pemberian bingkisan berupa buku bagi pemilik tulisan tersebut. 


     Kelanjutan dari acara ini, teman-teman dari Media dan Jaringan sudah menyiapkan GeoFiksi yang merupakan lomba menulis fiksi yang bertemakan lingkungan. Bagi teman-teman, ditunggu partisipasinya!



No comments:

Powered by Blogger.