Popular Post

19 Jul 2014

       Setelah mendapatkan kiat-kiat menulis dari Kak Ari 'Kinoysan' Wulandari pada acara Workshop Kepenulisan yang lalu, Jumat (18/7) kemarin, MJ (Media dan Jaringan) HMPG mengadakan kunjungan ke Penerbit ANDI yang terletak di Jl. Beo 38-40, Yogyakarta. Acara yang diketuai oleh Alif Ramadhan ini bertujuan untuk menarik minat menulis mahasiswa dan diterbitkan menjadi sebuah buku. Selain itu, kunjungan ini juga bertujuan untuk menjalin hubungan dan memperluas jaringan yang dimiliki HMPG sehingga dapat mempermudah serta meningkatkan kinerja dari HMPG sendiri.

(Penyampaian Materi oleh Pembicara)

      Acara yang diikuti oleh 25 orang ini dimulai pada pukul 13.00 WIB. Dibuka oleh guyonan segar dari MC, yang kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi dari Mas Yohan dan Mas Jati. Acara berlangsung santai, namun serius dan berisi, megupas tuntas hal-hal yang berkaitan dengan dunia penerbitan, mulai dari yang khusus mengenai Penerbit ANDI sendiri, keuntungan menulis, sampai kiat-kiat dan ajakan menulis dan menerbitkan sebuah buku.

(Peserta Menyimak Materi yang Diberikan)

        Puasa tidak menyurutkan semangat dari peserta. Terlihat saat sesi tanya jawab peserta sangat antusias melemparkan pertanyaan-pertanyaan kepada kedua pembicara. Setelah sesi tanya jawab berakhir, dilanjutkan dengan pemberian doorprize. Kali ini, giliran dari pembicara yang melemparkan pertanyaan. Peserta berebut ingin menjawab setiap pertanyaannya.

(Salah Seorang dari Peserta yang Bertanya) 

       Tunggu, acaranya belum selesai! Setelah pemberian kenang-kenangan kepada pihak Penerbit ANDI dan foto bersama, peserta diajak melihat proses pembuatan buku. Mulai dari mencetak cover, mencetak isi, pemotongan, pengeleman, hingga yang sudah siap diterbitkan. Sayangnya, di tempat ini tidak diperbolehkan mengambil foto ataupun video karena akan mengganggu kinerja mesin.

(Foto Bersama)
       Setelah selesai berkeliling, peserta melihat-lihat toko buku milik Penerbit ANDI. Disana, kita bisa mendapatkan buku dengan harga miring, loh. Dan khusus hari itu, peserta diberikan potongan harga 20% untuk buku dari penerbit non-ANDI dan 30% untuk buku dari penerbit ANDI. Tak heran, sepulang dari sini, para peserta banyak yang membawa buku baru. Yah, semoga kedepannya giliran kita yang menulis buku.

- Copyright © Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -