KUNJUNGAN KERJA KE PSLH

Sekitar 35 mahasiswa pendidikan Geografi yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi (HMPG) FIS UNY berkunjung ke PSLH UGM. Kegiatan yang dilaksanakan hari Jumat (19/9) ini merupakan agenda yang telah terjadwal dalam matriks kerja HMPG 2014. Kegiatan yang diselenggarakan oleh bidang Media Jaringan (MJ) dan Kajian Strategis (KASTRAT) ini merupakan kunjungan yang kedua setelah bulan Juni lalu berkunjung ke Penerbit Andi Offset. Kunjungan ini dilaksanakan sebagai sarana pembelajaran mengenai hal-hal yang belum didapatkan oleh mahasiswa sewaktu belajar di kampus. Selain itu, kunjungan ini juga sebagai ajang untuk memperluas mitra kerja sama antara HMPG dengan institusi, lembaga, dan perusahaan terkait yang pernah dikunjungi. 
Kegiatan kunjungan ini dihadiri sebanyak 35 mahasiswa Pendidikan Geografi FIS UNY. Acara kemudian diisi oleh Bapak Dr. Iqmal Ismail selaku Dosen Kimia UGM dan Ibu Saras Dosen Teknik Sipil UGM. Keduanya juga merupakan staf peneliti dari PSLH UGM.


Dalam penyampaian materi tentang pengelolaan sampah berbasis aktif masyarakat, Bapak Dr Iqmal Ismail menyatakan bahwa "Kita sebagai kaum akademisi seharusnya menjadi pionir untuk membudayakan pengelolaan sampah yang baik. Sampah jangan dipandang sebagai barang yang kotor, tetapi mulai dari sekarang kita harus dapat mengolah sampah yang tadinya tidak bermanfaat menjadi punyai nilai ekonomis. Misalnya, seperti bank sampah di Kota Malang, Jawa timur yang sukses membiayai tarif listrik dari hasil olahan sampah” ungkapnya.


                             

Sedangkan Ibu Saras dalam penyampaian materinya menyatakan “pengelolaan sampah yang baik adalah dengan sistem sanitary landfill. Selain itu, untuk mengatasi permasalah sampah dapur yang berasal dari sisa makanan dan sayuran dapat dikelola dengan membuat takakura organik. Karena dengan hal-hal seperti itulah yang akan mengurangi volume sampah". Dalam akhir penyampaian materi Ibu Saras menekankan harus membudayakan gaya hidup hijau dan ramah lingkungan mulai dari sekarang agar bumi kita tidak menangis.


                             

Diharapkan dengan adanya kegiatan kunjungan ke PSLH ini akan memberikan banyak pembelajaran dan ilmu mengenai lingkungan dan pengelolaan sampah. Karena lingkungan yang sehat, hijau, dan ramah membutuhkan manusia-manusia yang cinta lingkungan. (Kholik/ Pendidikan Geografi 2012).

No comments:

Powered by Blogger.