Popular Post

Archive for February 2014

Upgrading 2014


 
Sabtu-Minggu, 22-23 Februari 2014, telah selesai dilaksanakannya rangkaian acara Upgrading 2014 berlokasi di kaliuang tepatnya di kawasan depan Kompleks gardu pandang, Kaliurang. Acara ini merupakan sebuah acara wajib bagi setiap mereka para pengurus sebelum memulai melaksanakan program kerja untuk tahun 2014. Upgrading sendiri memiliki arti proses peningkatan kualitas agar menjadi lebih baik. Selain itu acara yang sedikit mengalami perbedaan dari tahun tahun sebelumnya, upgrading kali ini lebih fokus pada peningkatan rasa kebersamaan dan saling mengenal. Sabtu sekitar pukul 11.00 pemberangkatan dari kampus menuju Kaliurang, tetapi pemberangkatan kali ini harus dilakukan dua kali,karena kendaraan (truk) untuk membawa para peserta upgrading kurang muat, sehingga harus dilakukan dua kali. peserta yang hadir sekitar 64 orang ini berlangsung sangat meriah. Pada awalnya dibuka dengan sambutan hangat oleh Dosen Pendidikan Geografi Geografi Ibu Nurul Khotimah, M.Si ,kemudian dilanjutkan oleh sambutan sekaligus arahan rangkaian acara oleh mantan ketua HMPG 2013 Jaya Hardika, yang sekarang menjabat sebagai Ketua BEM FIS UNY 2014.  dilanjutkan dengan acara yang mengasah ketangkasan sekaligus menjalin hubungan lebih dekat dengan sesama pengurus HMPG 2014.
Pada malam harinya tepatnya pukul 20.00 dimulainya presentasi program kerja untuk HMPG 2014. Acara inti ini berlangsung sangat khidmat dan penuh makna, dan berlangsung hingga shubuh tiba. Dan ini merupakan acara Upgrading paling pagi diantara acara upgrading tahun tahun sebelumnya. Penuh dengan manajemen konflik yang mana ini sangat bermanfaat untuk kebersamaan HMPG 2014 agar terus eksis dan kompak hingga diakhir kepengurusan. Upgrading kali ini dihadiri oleh para Angkatan angkatan tua HMPG yang masih terus mendukung dan mengamati perkembangan HMPG saat ini. 
Paginya dilaksanakan permainan acara masak memasak dengan bahan bahan seadanya., temanya membuat makanan survival, dimana bagaimana kita membuat sebuah masakan yang hanya menggunakan perlengkapan seadanyadan bahan yang terbatas. Alhasil masakan masakan yang dipersembahkan oleh para peserta upgrading sangat mengagumkan dan rasanya tidak jauh beda dengan masakan masakan berkualitas yang dijual di pasar pasar. 
Dan akhirnya pada pukul 13.00  minggu siang , pulang menuju Jogja dikampus tercinta. (hanifRifai)
(kelengkapan foto akan segera kami tambahkan)

Raja Hutan Adalah Singa..? Benarkah?



Raja hutan digambarkan sebagai sosok yang menguasai dan memimpin berbagai hewan di dalam hutan. Dalam berbagi cerita, film dan artikel khususnya untuk anak-anak, raja hutan digambarkan sebagai seekor singa. Digambarkan bahwa singa menjadi pemimpin di hutan, dengan kekuatan dan kegagahannya.
Namun benarkah bahwa Raja hutan yang sebenarnya tersebut adalah singa, khususnya di indonesia?

seperti yang kita tahu bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan hutan yang cukup luas, dan merupakan salah satu penyumbang oksigen yang besar bagi dunia. mari kita tinjau kembali habitat singa yang sebenarnya dan siapa Raja Hutan yang sebenarnya.

                                                     gambar habitat singa di dunia

Dari gambar diatas dapat disimpulkan bahwa habitat singa sebagian besar ada di afrika. Habitatnya yaitu berupa padang rumput sabana dan stepa.. dan sebagian kesil hidup di anak benua india.
dari sini dapat disimpulkan bahwa sebagian besar singa hidup di padang rumput, bukan di hutan. Jadi singa sebenarnya bukanlah raja hutan, karena ia tidak tinggaal di hutan.



Adakah singa yang habitatnya di indonesia? jawabannya, tidak ada, seperti yang telah di sebutkan diatas bahwa habitat singa sebagian besar di afrika, hanya sebagian kecil yang tinggal di india.  kalupun ada singa di Indonesia, pasti hanya di penangkaran atau di kebun binatang. 

Lalu siapakah Raja hutan sebenarnya, khususnya hutan di indonesia? seperti yang telah disebutkan diatas bahwa Raja Hutan merupakan sosok yang menguasai dan memimpin berbagai hewan di hutan, disini berarti bahwa Raja Hutan haruslah tinggal di hutan, sedangkan singa hidup di padang rumput. jadi sosok hewan yang pantas mendapat predikat sebagai Raja Hutan adalah hewan yang tinggal di hutan, saudara dekat singa yang tinggal di hutan yaitu HARIMAU...

Harimau merupakan kerabat dekat dari singa yang tinggal di hutan. habitatnya berada di hutan hujan tropis. yaitu wilayah Oriental yang meliputi sekitar India Dan asia tenggara. termasuk indonesia khusunya sumatera yang memiliki spesies Harimau Sumatera.

coba kalian buka kembali atau bukalah mengenai persebaran hewan di dunia. kalian akan mengetahui dimana habitat singa yang selama ini digambarkan sebagai raja hutan dan dimana habitat harimau, yang lebih pantas digambarkan sebagai raja hutan.

mungkin sebagian besar orang memandang masalah ini sebagai masalah yang sepele, namun coba kita telaah lebih dalam. dengan penggambaran sosok raja hutan yang keliru, digambarkan sebagai seekor singa, yang sebenarnya sama sekali tidak hidup di dalam hutan, maka hal ini akan menjadikan sebuah pemikiran yang salah dalam diri anak. mereka akan menganggap bahwa singa hidup dihutan, padahal yang sebenarnya singa tidak hidup di hutan. ini merupakan sebuah pembodohan halus dalam duna anak-anak, mereka dijejali pemikiran yang salah mengenai habitat hidup hewan.
jadi penggambaran sosok Raja Hutan sebagai seekor singa merupakan sebuah pembodohan terhadap anak-anak. Siapakah yang bertanggung jawab atas semua ini?
untuk iru mari kita luruskan pemikiran generasi muda khusunya anak-anak mengenai sosok Raja Hutan yang sebenarnya..
RAJA HUTAN INDONESIA BUKANLAH SINGA NAMUN HARIMAU....



by: trie_susilo


Tag : , , ,

Daftar 10 Gunung berapi aktif paling berbahaya di dunia


Gunung berapai memang bisa diibaratkan sebagai sebuah mata uang, mata uang yang mempunyai dua sisi yang masing-masing berlawanan, Di satu sisi, gunung berapai bisa membuat tanah disekitarnya menjadi sangat subur, tapi di sisi lain, gunung berapai bisa membuat sebuah bencana maha dahsyat.

Letusan gunung berapi memang salah satu bencana yang paling mengerikan, sekali meletus bisa menimbukkan korban meninggal ratusan bahkan ribuan, masih ingatkan kalian pada letusan maha dahsyat gunung krakatau yang terjadi pada tahun 1883, yang menimbulkan kerusakan besar serta korban jiwa yang mencapai ribuan. Sangat mengerikan bukan.

Dan di dunia ini, masih banyak tersisa gunung berapi yang masih aktif yang bisa meletus kapan saja dan merenggut kembali ribuan nyawa manusia. Dan menurut Smashinglist, ada 10 gunung berapi aktif yang dianggap paling berbahaya di dunia.

berikut adalah daftar 10 gunung berapi aktif yang paling berbahaya di dunia :

10. Mauna Loa, Hawaii
Mauna Loa adalah gunung berapi terbesar di dunia (volume dan area), dengan volume lava mencapai sekitar 18.000 mil kubik. Mauna Loa adalah salah satu dari 5 gunung berapai yang membentuk Pulau Hawaii. Walaupun Mauna Loa bukanlah gunung yang tertinggi, namun ledakanya adalah yang paling berbahaya, hal ini karena kandungan lava gunung ini mengangdung banyak fluida yang bisa menyebabkan kebakaran parah. Gunung ini terakhir kali meletus pada tanggal 15 April 1984.

9. Taal Volcano, Filipina
Taal Volcano adalah gunung berapi kompleks di pulau Luzon di Filipina. Gunung Ini terdiri dari sebuah pulau di Danau Taal, yang terletak dalam kaldera yang terbentuk oleh letusan sebelumnya yang sangat kuat (prosesnya hampir sama dengan danau Toba). Taal Volcano terletak sekitar 50 km (31 Mil) dari ibukota, Manila. Gunung berapi ini telah meletus keras beberapa kali, tercatat salah satu yang paling kuat adalah letusan di tahun 1991 yang menewaskan lebih dari seribu jiwa.

8. Ulawun, Papua New Guinea
Ulawun adalah salah satu gunung berapi yang paling aktif di Papua New Guinea dan salah satu yang paling berbahaya. Gunug ini terletak di busur Bismarck Papua new Guinea. Gunung ini tercatat sudah beberapa kali meletus, salah satu letusan terkuat adalah pada tahun 1980, dimana Ulawun mengeluarkan abu hingga setinggi 60.000 kaki dan menghasilkan aliran piroklastik yang menyapu semua sisi-sisi gunung dan menghancurkanya.

7. Gunung Nyiragongo, Kongo
adalah salah satu gunung berapi yang paling aktif di Afrika, gunung ini selalu menampakkan aktivitas keaktifanya secara signifikan. Sejak 1882, ia telah meletus sedikitnya 34 kali. Salah satu letusan terparah adalah pada tangga 17 September 2002, ketika itu lava mengalir menuruni lereng Nyiragongo hingga menutupi sekitar 40% dari kota Goma dan menyebabkan hampir 120.000 orang kehilangan tempat tinggal.

6. Gunung Merapi, Indonesia
Dan inilah gunung produk lokal, yang kebetulan letaknya tak terlalu jauh dari kota kelahiran saya, Magelang. Gunung Merapi adalah gunung berapi berbentuk kerucut yang terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Yogyakarta, Indonesia. Ini adalah gunung berapi yang paling aktif di Indonesia dan telah meletus secara berkala sejak 1548. Gunung ini telah aktif sejak 10.000 tahun yang lalu. Sebagian besar letusan Merapi melibatkan runtuhnya kubah lava yang terus mengalir ka bawah. Dan kadang sering disertai dengan turunya asap panas (wedhus Gembel) yang kecepatanya bisa mencapai 120 km per jam.

5. Galeras, Kolombia
Galeras telah menjadi gunung berapi aktif selama setidaknya satu juta tahun. Terletak di Kolombia selatan dekat perbatasan dengan Ekuador. Gunung ini merupakan gunung berapi yang paling aktif di Kolombia. Gunung ini telah meletus hampir setiap tahun sejak tahun 2000. Hal ini berbahaya karena frekuensi letusan tak terduga. Letusan gunung ini bisa menyebabkan turunya lava panas hingga 3,5 km ke arah lereng gunung Galeras. Letusan terakhir terkadi pada tanggal 3 Januari 2010, dan memaksa pemerintah untuk mengevakuasi 8.000 orang.

4. Sakurajima, Jepang
Sakurajima adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Jepang, Gunung ini terletak di Pulau Kyushu Jepang. Intensitas letusan gunung ini adalah salah satu yang paling tinggi di Jepang bahkan dunia. bahkan 7.300 letusan tercatat dalam 45 tahun terakhir ini. Salah satu letusan terdahsyat terjadi pada tanggal 10 Maret 2009 dimana gunung ini melemparkan batuan dan komposisi gunung lainya hingga 2 kilometer jauhnya.

3. Popocatepetl, Meksiko
Popocatepetl adalah gunung berapi yang aktif yang terletak pada ketinggian 5.426 meter dari permukaan laut. tercatat sudah ada 20 letusan sejak 1519. Letusan gunung ini sangat dahsyat, karena bisa mengeluarkan abu vulkanik dalam radius yang cukup jauh. Bahkan sejak Desember 1994 terjadi aktivitas membahayakan pada gunung ini secara terus-menerus, hingga akhirnya sebuah letusan hebat terjadi pada tahun 2000 yang merupakan letusan terbesar sepanjang sejarah gunung Popocatepetl yang pernah diabadikan.

2. Gunung Vesuvius, Italia
Gunung Vesuvius adalah sebuah stratovolcano di teluk Napoli, Italia, sekitar 9 kilometer sebelah timur Napoli. Gunung Vesuvius adalah satu-satunya gunung berapi di daratan Eropa telah meletus dalam seratus tahun terakhir. Gunung Vesuvius terkenal karena letusan di tahun 79 yang menyebabkan penghancuran kota-kota Romawi Pompeii dan Herculaneum. Gunung ini bisa saja meletus kapan saja, dan parahnya ada sekitar 3 juta orang yang tinggal di sekitar gunug vesuvius. Letusan gunug ini bisa menimbulkan semburan lava yang sangat tinggi, bahkan pada 22 Maret 1994, tinggi semburan lava mencapai 1000 meter.

1. Yellowstone Supervolcano, Amerika serikat
kalian tentunya masih ingat dengan film 2012 yang menceritakan tentang kejadian alam hebat yang memusnahkan hampir seluruh populasi di bumi ini. Salah satu kejadian alam hebat tersebut adalah meletusnya Yellowstone Supervolcano. Dan usut punya usut, ternyata Yellowstone Supervolcano memanggunug berapai paling berbahaya di dunia. Ledakan Yellowstone Supervolcano bisa menyemburkan batuan dan komposisi gunug lainya hingga 1.000 kilometer kubik. lava dan abu vulkanik letusan gunug ini cukup untuk mengancam kepunahan spesies dan bahkan dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya bencana massal, karena sekali gunung ini meletus, maka akan menyebabkan semua gunung berapi lainnya mengalami kegiatan getaran tektonis besar-besaran dan bisa memicu letusan-letusan lainya.
Tag : ,

Fenomena Ketika Erupsi Gunung Kelud


      
   Pada tanggal 10 Februari, status Gunung Kelud ditingkatkan menjadi Siaga, sampai akhirnya berstatus Awas pada Kamis malam pukul 21.15. dan pada pukul 22.49 terjadi letusan ekplosif pertama yang sangat hebat, letusan ini terdengar hingga wilayah jogja dan sekitarnya. Kali ini kita akan melihat beberapa fenomena menarik saat terjadinya Letusan Gunung Kelud, berikut beberapa foto yang berhasil ditangkap oleh beberapa warga sekitar gunung kelud. 

Mirip Hewan Tertentu
Sejumlah pembaca media elektronik membuat analisa di bagian yang dilingkari. Di situ terlihat semacam bentuk yang menyerupai hewan dengan mata yang merah dan menyala. 

Menyerupai Paruh Burung
 Foto ini dikomentari oleh beberapa pembaca media elektronik karena bentuknya yang menarik. Di bagian yang dilingkari, ada yang berasumsi mirip dengan paruh burung lengkap dengan matanya. 

Huruf A
 Seorang warga berhasil menangkap foto saat erupsi kelud dengan bentuk yang sangat indah. Cahaya petir yang muncul dari dua sisi nyaris membentuk sebuah huruf A jika disandingkan dengan abu vulkanik.

Mirip Bulu Domba
 Sekilas ada kemiripan gambar abu vulkanik ini dengan fenomena wedhus gembel di gunung Merapi. Sehingga, banyak yang mengatakan di bagian yang dilingkari mirip dengan bulu domba

Kepala Hewan
Di atas merahnya cahaya pijar, terdapat gumpalan abu vulkanik yang berbentuk hampir bulat sempurna. Bulatan itu mirip dengan kepala hewan, terutama yang berbulu lebat. Sebagian menilai mirip dengan kepala anjing atau kucing

Burung Hantu 
 Salah seorang reporter me menganalisis foto ini dan menilai ada kemiripan di bagian yang dilingkari dengan kepala burung hantu.


 Mungkin kalian bisa menebaknya dan berimajinasi sendiri :)

 kilatan petir disaat erupsi kelud terjadi

 
 petir yang menyambar saat letusan gunung kelud berlangsung

Aliran lava yang membentuk lafadz Allah


sumber  

Berpetualang ke Goa Pindul Wonosari DIY

   
Pernah Anda menyusuri sungai menggunakan perahu karet? Bagi yang sudah pernah melakukannya, ini menjadi hal biasa. Tetapi, bagaimana jika petualangannya mengalir ke dalam gua? Tentu mengasikkan sekaligus menegangkan. Aktivitas seperti ini dapat Anda lakukan di Gua Pindul, salah satu gua dengan aliran sungai bawah tanah yang ada di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Yogyakarta. Selama kurang lebih 45-60 menit, wisatawan akan diajak menyusuri sungai di gelapnya perut bumi sepanjang 300 meter menggunakan ban pelampung.

Petualangan yang memadukan aktivitas body rafting dan caving ini disebut juga cave tubing. Hampir sama dengan arung jeram, cave tubing juga menyusuri gua tetapi menggunakan ban dalam. Apalagi, aliran air di Gua Pindul termasuk tenang, sehingga kegiatan tersebut dapat dilakukan oleh pemula, anak kecil, bahkan wanita hamil. Sebelum memasuki lokasi Gua Pindul, wisatawan akan melewati area persawahan dan hutan gelaran yang sering digunakan untuk perkemahan.

Gua Pindul memiliki panjang sekitar 350 meter, lebar 5 meter, jarak permukaan air dengan atap gua 4 meter, dan kedalaman airnya sekitar 5-12 meter. Ketika menyusuri gua ini, wisatawan akan melewati tiga zona, yaitu zona terang, remang dan gelap. Zona terang bisa digunakan untuk berenang, lompat indah sambil melihat ikan yang cukup besar. Sedangkan bagian tengah gua, terdapat sebuah ruangan yang agak besar dengan lubang di atasnya, sinar matahari masuk melalui lubang tersebut, sehingga suasana di dalam gua semakin indah.

Ada lagi yang menarik dari petualangan di Gua Pindul, di mana wisatawan akan menemukan stalagtit, yaitu sejenis mineral sekunder yang menggantung di langit-langit gua kapur. Kumpulan stalagtit yang menyatu tersebut terlihat seperti pilar dengan ukuran lebar lima rentangan tangan orang dewasa. Stalagtit tersebut merupakan yang terbesar di Gua Pindul dan menduduki peringkat ke-4 di dunia dan dibutuhkan lima orang untuk melingkarinya. Bahkan, celahnya hanya cukup dilewati satu orang saja. Keindahan gua bertambah dengan adanya ornamen di sepanjang dinding gua layaknya lukisan abstrak yang tak ternilai. Mata kristal kelelawar yang bergelantungan dan tirai yang tersusun dari tetesan air di dinding gua turut menghiasi lorong gua.

Legenda Pipi Gebendul
Penamaan Gua Pindul tidak terlepas dari legenda yang dipercayai dan dikisahkan turun temurun oleh masyarakat sekitar. Ceritanya, ada pengembara bernama Joko Singlulung yang sedang mencari ayahnya. Setelah menjelajahi hutan lebat, gunung dan sungai, Joko Singlulung memasuki gua-gua yang ada di Bejiharjo. Di salah satu gua, Joko Singlulung mendadak terbentur batu, sehingga gua tersebut dinamakan Gua Pindul dari kata pipi gebendul.

Lokasi
Jika Anda melakukan perjalanan dari arah Yogyakarta, maka di simpang lima Siyonoharjo berbelok ke kiri melewati jalan ringroad utara, perempatan Bangjo Budegan. Lalu, belok ke kiri menuju Bejiharjo Karangmojo, tempat Gua Pindul berada.



Tag : ,

NASA Abadikan Foto Gunung Sinabung Saat `Tidur` 400 Tahun


Houston : Tidur panjang selama 4 abad, sejak tahun 1600, Gunung Sinabung meletus pada 29 Agustus 2010. Saat itu 2 warga meninggal dunia dan 30.000 orang kehilangan tempat tinggal. Hingga ini, tak pernah berhenti bergolak.

BERITA TERKAIT
Misteri Evolusi Terkuak dari Ikan Aneh `Nenek Moyang` Manusia Misteri Evolusi Terkuak dari Ikan Aneh `Nenek Moyang` Manusia
Mengejutkan! China Lakukan Kloning Massal Mengejutkan! China Lakukan Kloning Massal
Pemberitaan soal Sinabung yang tak kunjung tenang selama hampir 4 tahun menjadi perhatian media internasional. Yang terakhir, tentang abu yang menutupi area kaki gunung, menghancurkan rumah, sekolah, dan tempat peribadatan.

Abu juga mengancam kehidupan warga, membuat mereka sesak nafas. Petani di Karo bahkan harus menanggung kerugian ratusan miliar karena gagal panen.

Belum lagi nasib sekitar 25 ribu warga yang terpaksa mengungsi selama berbulan-bulan. Dengan kondisi amat memprihatinkan.

Sebelum semua ini terjadi, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) sempat mengabadikan foto Sinabung dari luar angkasa. Dalam kondisi 'tidur'.

Foto satelit dengan warna natural menunjukkan Sinabung pada 19 Mei 2003. Gambar tersebut diambil oleh instrumen Enhanced Thematic Mapper plus (ETM+) yang berada di satelit Landsat-7.

Warna hijau gelap menunjukkan area hutan lebat, sementara rona hijau muda dan krem adalah lahan pertanian.

Dua puncak Sinabung dan celah di selatan adalah batuan telanjang berwarna abu-abu. Warna abu-abu di tengah area pertanian adalah area kota.

Setelah meletus, Sinabung mengeluarkan kepulan debu dan asap yang sempat menganggu sejumlah penerbangan.  (sumber)
Tag : ,

- Copyright © Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -