Popular Post

Archive for May 2014

Workshop Kepenulisan

     Sabtu, 24 Mei 2014, satu lagi program kerja dari Media dan Jaringan terlaksana. Kali ini adalah Workshop Kepenulisan Fiksi yang bertemakan "Goresan Pena Sastrawan Alam". Acara yang diketuai oleh Fian Apriska ini diadakan untuk menyalurkan minat teman-teman yang tertarik dalam bidang tulis-menulis fiksi khususnya yang bertemakan lingkungan dan alam sekitar. Acara dimulai tepat pada pukul 08.00 dan dibuka oleh Edi Widodo dan Munika Zahrah Ch sebagai Master of Ceremony. Sebanyak 26 orang mengikuti acara workshop yang diadakan di Ruang Ki Hajar Dewantara.
     Pemberian materi dibagi menjadi dua sesi, dan di setiap akhir sesi peserta diperbolehkan bertanya. Pemberian materi pertama diawali dengan oleh Bapak Drs. Djoko Setiyono yang merupakan Sekretaris BLH Kota Yogyakarta dan Pemerhati Budaya Jawa. Beliau memberikan sekilas informasi mengenai lingkungan budaya-budaya yang berkaitan dengan geografi dan filosofinya bagi masyarakat Jawa. Materi kedua dilanjutkan oleh Mbak Ari 'Kinoysan' Wulandari sebagai penulis fiksi ternama. Beliau menyampaikan pengalamannya sebagai penulis baik penulis buku fiksi, buku nonfiksi maupun sebagai penulis script sinetron. Beliau juga tidak segan-segan membagi kiat-kiat menulis fiksi dengan baik dan benar. 
 

     Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pelatihan menulis yang dibimbing oleh Mbak Ari sendiri. Peserta diberi tiga buah gambar dan memilih satu diantaranya untuk dikembangkan menjadi sebuah tulisan. Dengan waktu 30 menit, peserta dengan antusias menulis dan mengembangkan ide-ide mereka. Setelah 30 menit berakhir, Mbak Ari memilih tiga tulisan terbaik Tulisan terbaik pertama diterima oleh Saraswati dengan judul Inilah Negeriku, tulisan terbaik kedua diterima Rut Pangestuti dengan judul Srigala Pun Takut. Dan terakhir diterima oleh Catur Novianto dengan judul tulisan Harta Karun Bau. Setelah memberikan sedikit ulasan singkat mengenai tiga tulisan terbaik, acara ditutup dengan pemberian bingkisan berupa buku bagi pemilik tulisan tersebut. 


     Kelanjutan dari acara ini, teman-teman dari Media dan Jaringan sudah menyiapkan GeoFiksi yang merupakan lomba menulis fiksi yang bertemakan lingkungan. Bagi teman-teman, ditunggu partisipasinya!



Geo Sport 2014

Geosport merupakan ajang olahraga yang baru tahun ini diadakan oleh HMPG, kali ini Geosport memiliki 4 cabang olahraga yang diantaranya Futsal, Catur, Volly, dan bulutangkis. Peserta geosport merupakan mahasiswa pendidikan geografi yang masih aktif, dan ada beberapa cabor yang memiliki syarat khusus yaitu futsal, yang mana pesertanya juga alumni geografi yang masih aktif.  Cabang olahraga yang pertama dilaksanakan adalah catur pada tanggal 22 april lalu, dan juaranya atas nama Aan Pambudi dari Pendidikan Geografi 2012 NR. Untuk cabang olahraga futsal juga telah dilaksanakan pada tanggal 1 dan 3 Mei 2014, futsal ini berlangsung sangat seru dan memiliki tensi tinggi dari masing masing kelas yang bertanding. 

 Futsal diikuti oleh 10 tim dari masing masing kelas jurusan pendidikan geografi berbagai angkatan dari 2013, 2012, 2011, 2010, 2009 dan 2008. Sehingga futsal ini dibagi menjadi 2 grup. Setelah melalui proses babak penyisihan, 4 tim yang lolos dari masing masing grup diantaranya grup A kelas NR 2011, dan NR 2012. Grup B tim dari angkatan 2008 dan kelas R 2010. Dalam laga semifinal yang lolos ke final adalah kelas R 2010 dan angkatan 2008. Dalam pertandingan final yang cukup alot dan tensi yang cukup tinggi dari masing masing belah pihak, kelas R 2010 yang mampu merebut juara Futsal Geosport 2014 dengan skor akhir 4-1 atas angkatan 2008. Dengan demikian kelas Geografi R 2010 mampu merebut juara 2 kali, sebelumnya pada tahun 2012 dalam laga Geo Futsal pada saat itu.  Untuk cabang olahraga lainnya yang juga akan dilaksanakan Volly dan bulutangkis 10-11 mei dan 15 Mei 2014.

 Volly dilangsungkan di Lapangan Gg Wisnu dari rumah makan Bu Ida ke utara. Kompetisi ini dilaksanakan pada hari sabtu dan minggu, 10-11 Mei 2014 dengan 8 tim, dari angkatan 2010 hingga 2013. Pertandingan berlangsung seru dan antar tim bermain sangat atraktif. Pada akhirnya Volly dimenangkan oleh 2011 NR atas lawannya 2010 NR. Pada cabang olahraga lain yaitu bulutangkis ganda campuran yang dilaksanakan pada hari kamis, 15 Mei 2014 di Karanggayam . masing masing tim/kelas mewakilkan 2 orang, laki laki dan perempuan. Kegiatan yang dimulai pkl.07.01 pagi itu berkesudahan pada siang hari dengan tim 2013 R keluar sebagai juara setelah bermain sengit meladeni tim kuat 2010R. 2010R harus puas pada posisi runner up.



Dari hasil rangkaian kegiatan geosport kelas 2010 R menjadi juara umum Geosport dengan mengoleksi juara 1 Futsal, juara 2 Bulutangkis. Semoga kedepannya acara ini dapat terus dikembangkan dan melahirkan bakat bakat luar biasa dari mahasiswa pendidikan geografi. Salam olahraga membumi!. (hanif)


Ulang Tahun HMPG 2014




Selasa, 22 April 2014, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi memperingati hari jadinya sebagai jurusan pendidikan geografi, sekaligus peringatan Hari bumi. Acara ini merupakan momentum terindah bagi para mahasiswa pendidikan geografi untuk berkumpul, Tidak hanya itu para alumni mahasiswa pendidikan geografi juga ikut dalam rangkaian acara tersebut. Acara yang diselenggarakan di gedung PKM lt.1 ini sangat meriah. Acara yang dibuka mulai pukul.17.00 ini dibawakan langsung oleh ketua HMPG Deni Rizki, serta sambutan dari beberapa angkatan senior dan ketua BEM FIS UNY Jaya Hardika juga ikut memeriahkan acara tersebut. menurut Jaya Hardika, Momentum ini sangat bagus untuk kebersamaan dan sebagai ajang silaturahmi bagi mahasiswa maupun alumni pendidikan geografi. Rangkaian acaranya ada pemutaran film dokumenter HMPG dan beberapa ucapan selamat ulang tahun dari para mahasiswa pendidikan geografi.  Kemudian acara dilanjutkan dengan proses doa bersama dengan khidmat yang dipimpin oleh Deni Rizki selaku ketua HMPG saat ini. Acara disambung dengan pemotongan tumpeng dan acara makan makan bersama. Momen ini sangat penting untuk mengeratkan tali persaudaraan antar sesama, dan juga mendekatkan rasa kebersamaan antar mahasiswa dengan para alumni. Acara terakhir ditutup dengan pembagian kado silang. (hanifR)
Tag : ,

DISKUSI PENTAS TENTANG ENERGI NUKLIR


Sebagai mahasiswa kegiatan menulis dan diskusi tidak dapat dipisahkan dari proses pembelajaran di kampus. Begitu juga dengan kegiatan PENTAS (Peningkatan Kapasitas) dari HMPG 2014 (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi) yang dilaksanakan pada Jumat (9/5). Pada PENTAS kali ini bertempat di Ruang Kuliah G01.109 FIS UNY dengan tema diskusi tentang “Nuklir Sebagai Energi alternatif Indonesia di Masa Depan”. Acara PENTAS kali ini dihadiri oleh mahasiswa pendidikan Geografi FIS UNY dan Jurusan lain di Fakultas Ilmu Sosial. Dengan pembicara yang memberikan tentang Energi Nuklir dari Mahasiswa STTN Batan Jogja yaitu Mas Zumaro (National Coordinator Green Inovation 2014). Sebelumnya pada bulan Maret telah mengkaji Pengenalan Mitigasi Bencana.
Kegiatan PENTAS merupakan kegiatan diskusi yang mengkaji isu-isu yang sedang berkembang baik lokal maupun nasional dengan sudut pandang Geografi. Namun tidak menutup dari jurusan lain untuk mengikuti acara ini, karena dengan semakin banyak pandangan akan semakin memperkaya pengetahuan tentang bagaimana memecahkan suatu masalah dan saling bertukar ilmu. Pemahaman masyarakat Indonesia terhadap mitigasi bencana masih rendah, Hal Ini terlihat dilapangan saat terjadi bencana masih banyak korban jiwa yang berjatuhan yang seharusnya bisa diminimalisir. 

Dalam pemaparannya Zumaro menyatakan “Di masa depan kebutuhan energi akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya penduduk dunia, serta mencari energi yang ramah lingkungan (eco friendly) merupakan kewajiban bersama semua negara di Dunia supaya tidak memperparah dampak global warming dan kerusakan lingkungan. Selain itu Indonesia dihadapkan dengan krisis energi karena diperkirakan ketersediaan BBM (Bahan Bakar Minyak) Indonesia hanya cukup untuk 20 tahun lagi” Pungkas Zumaro.
Kebutuhan energi di Indonesia paling banyak digunakan listrik dan kendaraan bermotor. Perlu dibutuhkan solusi untuk mengatasi permasalahan krisis energi dimasa depan. “Pemilihan energi nuklir merupakan salah satu alternatif disamping mencari energi alternatif yang lain. Energi Nuklir sendiri memiliki dampak positif seperti ramah lingkungan dan long term, namun juga ada efek negatifnya seperti efek radiologi dan limbahnya yang berbahaya jika tidak diperlakukan secara benar. Pembangunan reaktor di Indonesia harus melaui perhitungan yang matang dan melalui obeservasi lapangan mendalam karena kita tahu sendiri bahwa Indonesia potensi gempa dan gunung api sangat tinggi” tegas Zumaro.
Semoga dengan mengetahui potensi energi nuklir di kepulauan Bangka Belitung dan Pulau Kalimantan menjadikan titik terang kedepan untuk menyokong ketahanan energi nasional. perlu pemberdayaan sumber daya manusia untuk mengolah kekayaan alam dan potensi alam Indonesia. karena kita-kita yang sekarang sedang kuliah merupakan agen pembangun bangsa kedepan dan meneruskan cita-cita luhur bangsa Indonesia yang jaya dan merdeka. (Kholik/Pend. Geografi 2012)

- Copyright © Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -