Popular Post

Archive for June 2014

Lomba Geo FIKSI 2014

GEO FIKSI "MENGURAI BUMI LEWAT CERITA"

Merupakan ajang lomba menulis fiksi berupa cerita pendek, untuk pertama kalinya HMPG mengadakan sayembara menulis fiksi, setelah sebelumnya sayembara surat untuk rektor. Tema kali ini mengangkat Mengurai Bumi Lewat Cerita. Lomba ini gratis dan ditujukan untuk mahasiswa aktif S1/D3. adapun hadiah berupa uang pembinaan dan thropy untuk juara 1 dan 2. 

Peserta dapat mengirimkan hasil karyanya berupa *.docx atau *.pdf beserta mencantumkan identitas diri secara lengkap dan dikirim ke e-mail hmpg.uny@gmail.com  paling lambat sampai tanggal 31 Agustus 2014. Dengan mengirimkan hasil karya, otomatis kalian terdaftar geo fiksi ini. Selamat berkarya, semangat menulis dan jadilah mahasiswa yang pandai menjaga lingkungan dan mengerti keadaan alam saat ini.

AKSI PEDULI LINGKUNGAN HIDUP 2014



Jurusan Pendidikan Geografi FIS UNY melalui mata kuliah Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH) mengadakan diskusi Lingkungan Hidup. diskusi lingkungan ini diselenggarakan sebagai output dari mata kuliah PKLH yang di tandai dengan aksi Lingkungan yaitu memungut sampah di sekitar Karangmalang dan Jalan Gejayan. kegiatan diskusi dan aksi peduli lingkungan ini dilaksanakan pada tanggal 5/6 yang bertempat di Ruang Ki Hadjar Dewantara. Pemilihan tanggal 5 Juni karena untuk memperingati hari lingkungan hidup dunia (World Enviromental Day) yang selalu diperingati setiap tahunnya. Pada tahun 2014 Indonesia melalui Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) RI mengungsung tema “Satu Langkah, untuk Melindungi Ekosistem Pesisir dari Perubahan Iklim”. Pada acara ini dihadiri oleh Ketua Jurusan Pendidikan Geografi yaitu Ibu Dr. Hastuti M.Si, segenap Bapak/Ibu dosen Pendidikan Geografi, Ibu Dr. Muhsinatun Siasah Masruri M. Si sebagai narasumber, Ibu Dra. Mawanti sebagai narasumber, Drs. Heru Pramono SU sebagai narasumber, mahasiswa Pendidikan Geografi angkatan 2012, dan tidak lupa pula Pebri Nurhayati Mapres UNY 2014.

 
 Dalam sambutan sesi pertama yang disampaikan Ibu Dr. Hastuti M. Si mengatakan bahwa “di hari lingkungan hidup ini, kita yang notabene berasal dari jurusan Pendidikan Geografi harus menjadi pelopor peduli lingkungan di kampus biru (UNY). Dan memberikan contoh kepada yang lain tentang kedispilinan membuang sampah pada tempatnya.” Ungkapnya. Sementara itu Bapak Nurhadi M. Si selaku sekretaris jurusan “kerusakan lingkungan di Indonesia setiap tahun semakin kompleks, hal ini dapat ditandai dengan semakin rusaknya hutan tropis Indonesia baik yang berada di Kalimantan dan Sumatera. Selain itu adanya kurang kepedulian dari negara-negara maju yang tidak ingin menurunkan emisi. Akibatnya global warming dan perubahan iklim semakin parah” tegasnya. Dalam pemaparannya Ibu Dr. Muhsinatun Siasah Masruri M. Si “ Kerusakan lingkungan baik di daratan maupun di lautan dari tahun ke tahun semakin memburuk. Sementara di Indonesia kerusakan yang begitu Nampak adalah Hutan di Riau dan Kalimantan. Hutan di Indonesia semakin menipis. Selain itu kerusakan Lingkungan di dunia disebabkan jumlah penduduk yang berlebihan (Over Population) sehingga daya dukung lingkungan menjadi terbatas. Sehingga manusia akan mengeksploitasi sumber daya alam secara berlebihan dan tidak memperhatikan aspek pembangunan yang berkelanjutan.” ungkapnya

Sementara Ibu Dra Mawanti Widyastuti dalam pemaparan materinya mengatakan bahwa “untuk meningkatkan rasa pemahaman dan kepedulian terhadap lingkungan mahasiswa diajarkan PKLH. hal ini, diharapkan saat menjadi guru akan mengajarkan kepada peserta didik betapa pentingnya Lingkungan Hidup bagi manusia. Serta sosialisasi PKLH dapat diterapkan melalui pendidikan Formal mapun Non-formal” tegasnya. Dalam penutup Bapak Drs.Heru Pramono SU “mengatakan manusia yang hidup di planet bumi seharusnya selalu menjaga keharmonisan dan keselarasan dengan alam. Ketika, Negara maju di belahan bumi utara memulai industri dan menciptakan produk-produk teknologinya akan mempercepat laju kerusakan alam. Karena, anggapan manusia bahwa dia dapat mengelola alam atas kemampuannya. Tetapi kalau tidak memperhatikan aspek lingkunga akan berimbas kepada manusia itu sendiri” tegasnya

Dengan adanya Diskusi PKLH dan aksi peduli lingkungan 2014 semoga mahasiswa menjadi teredukasi betapa pentingnya makna menjaga lingkungan hidup. karena lingkungan adalah satu kesatuan yang harus kita rawat dan jaga bersama. Akhirnya untuk mengakhiri tulisan ini “aku, kamu, dia, dan mereka saling melindungi lingkungan”. Salam Geografi untuk Indonesia yang lebih baik. (Kholik/Pend. Geografi 2012)
Tag : ,

- Copyright © Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -