Talk On : Harmony Between Nano Technology and Geography with Radyum Ikono, B.Eng., M.Eng.


Minggu, 29 Maret 2015, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi mengadakan sharing bertema ‘Harmony Between Nano Technology and Geography’ yang disampaikan oleh Radyum Ikono, B.Eng., M.Eng. Dosen Departemen Teknik Metalurgi Universitas Teknologi Sumbawa yang dimulai pada pukul 15.00 WIB. Dalam sharing tersebut dibahas bagaimana mendapatkan beasiswa untuk belajar diluar negeri dan mengenal nano teknologi bagi ilmu geografi.
 Radyum Ikono, B.Eng., M.Eng adalah founder and director dari riset dan pengembangan Nano Center Indonesia, owner and CEO PT Nanotech Inovasi Indonesia, Direktur Lembaga penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Sumbawa, selain itu beliau juga Direktur Eksekutif Sahabat Beasiswa. Beliau mendirikan pabrik teknologi nano pertama di Indonesia, nano teknologi merupakan revolusi teknologi di abad 21 setelah internet yang manfaatnya sangat besar bagi manusia. Contoh penggunaan nano teknologi adalah pada handphone, selain itu juga terdapat pada AC (air conditioner) terbaru yang berfungsi untuk membunuh kuman pada udara.
Hubungan dan manfaat nano teknologi terhadap keilmuan geografi sangat banyak, sebagai contoh dapat mengurangi kadar racun dalam air akibat limbah-limbah pabrik yang dibuang dalam sungai sehingga air dapat digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, selain itu nano teknologi dapat digunakan untuk menyaring gas buang dari mobil sehingga polusi udara berupa Karbon Monoksida dapat dikurangi jumlahnya. Acara sharing ini diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan kepada  Radyum Ikono, B.Eng., M.Eng pada pukul 17.00 WIB.

Banyak Negara-negara di bumi ini sangat kekurangan sumber daya alam (SDA), untuk itu kita sebagai Bangsa Indonesia yang kaya akan sumber daya alam (SDA) harus peduli dengan lingkungan sekitar kita dan memanfaatkan apa yang telah disediakan Tuhan di tanah air Indonesia. Kita sebagai mahasiswa jangan hanya melakukan penelitian untuk tugas saja, tetapi gunakanlah untuk pengabdian masyarakat agar Negara kita dapat lebih maju dari sekarang dan potensi sumber daya alam dapat dipergunakan dengan baik oleh bangsa kita bukan oleh bangsa lain. (Dewi/red)

No comments:

Powered by Blogger.