Popular Post

25 Apr 2015




Jum’at, 24 April 2015, diadakan Hearing di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Yogyakarta yang diorganisir oleh Bidang KASTRAT Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi (HMPG). Kedatangan mahasiswa yang berkunjung ke BPBD tersebut disambut baik oleh para staff BPBD. Acara dimulai tepat pukul 10.00 WIB dan dibuka oleh Bapak Heru Suroso selaku sekretariat di BPBD di ruang rapat PUSDALOPS BPBD. Dalam hearing tersebut disampaikan materi tentang apa itu BPBD dan kebencanaan secara umum serta penanggulangan untuk bencana tersebut oleh Ir. Gatot Sabdadi selaku coordinator pelaksana dalam BPBD. 
BPBD dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah (PERDA) no. 10 tahun 2010. Tugas BPBD sendiri dibagi menjadi tiga yaitu sebelum terjadi bencana dilakukan koordinasi oleh semua sector untuk mengurangi resiko bencana atau untuk melakukan mitigasi kesiapsiagaan, kemudian saat terjadi bencana yaitu tanggap darurat maksudnya adalah turun langsung pada wilayah yang sedang mengalami bencana dan yang ketiga adalah sesudah terjadi bencana yaitu dilakukan koordinasi pemulihan/rehabilitasi dan rekonstruksi teradap wilayah yang terkena bencana. BPBD Yogyakarta juga mengadakan program berupa desa tanggap bencana yang baru terealisasikan di 100 desa dan sekolah siaga bencana yang diterapkan pada siswa dari jenjang SD sampai di jenjang yang lebih tinggi, agar para siswa tersebut mengenali bencana yang berpotensi terjadi dan bagaimana tindakan yang bisa dilakukan
Yogyakarta mempunyai potensi bencana yang tinggi, yaitu 68% daerah di DIY mempunyai potensi bencana dan terdapat 12 jenis bencana yang bisa terjadi di Yogyakarta yaitu gempa bumi, tanah longsor, tsunami, gelombang ekstrem dan abrasi, banjir, letusan gunung berapi, kekeringan, cuaca ekstrem, kebakaran lahan dan hutan, epidemic dan wabah penyakit, kegagalan teknologi serta konflik social. Pihak BPBD tidak kewalahan dalam menanggapi berbagai bencana tersebut, bahkan jika dibandingkan dengan daerah lain BPBD Yogyakarta selalu terdepan dalam penanggulangan bencana.

Acara hearing di akhiri pukul 11.45 WIB dengan penyerahan kenang-kenangan dari HMPG kepada Bapak Ir. Gatot Sabdadi serta berfoto bersama di depan kantor BPBD Yogyakarta. (Dewi/red)

- Copyright © Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -