Pendidikan Geografi UNY Terakreditasi A


Pendidikan Geografi Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2015 ini resmi mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi). Akreditasi memiliki arti penting dalam dunia pendidikan, biasanya mahasiswa serta orangtua mahasiswa memperhatikan apakah akreditasi dari program studi tersebut di perguruan tinggi yang akan dituju. Adanya akreditasi berarti penyelenggaraan program studi memiliki jaminan dari pemerintah tentang standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT . Standar mutu program studi tersebut sesuai dengan peraturan pemerintah no. 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan.
                Untuk mendapatkan akreditasi dari BAN-PT, setelah dilaksanakan penilaian terhadap borang dan atau portofolio program studi, kemudian dilanjutkan visitasi untuk program studi yang akan diakreditasi atau diubah status akreditasinya. Pelaksanaan visitasi program studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) adalah pada akhir januari dan awal februari 2015 oleh BAN-PT. Asesor yang ditugasi untuk Program Studi Pendidikan Geografi adalah Dr. Epon Ningrum (dari Universitas Pendidikan Indonesia) dan Dr. Eva Banowati (dari Universitas Negeri Semarang) yang diadakan di Ruang Ki Hajar Dewantara dan Ruang Kanopi – FIS UNY.. Selain para asesor yang bertugas, visitasi tersebut dihadiri oleh Tim Akreditasi Prodi, Pimpinan Fakultas Ilmu Sosial, Civitas FIS, dan unit-unit pendukung UNY.
                Dari visitasi tersebut, Pendidikan Geografi memperoleh status lebih tinggi dari sebelumnya yaitu dengan mendapatkan nilai akreditasi A pada tahun 2015 ini yang sebelumnya akreditasi Pendidikan Geografi adalah B . Periode akreditasi ini adalah 2015-2020, sehingga para mahasiswa Pendidikan Geografi, dosen maupun staff diharapkan mempertahankan kualitas Pendidikan Geografi sehingga akreditasi A bisa diperoleh lagi untuk periode berikutnya. (dewi / khatulistiwa edisi #2)
Powered by Blogger.