Popular Post

29 Aug 2015




 sumber gambar : www.saibumi.com

Dalam beberapa waktu terakhir, terjadi penyusutan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Kenyataannya pada saat ini nilai tukar rupiah menembus angka Rp14.049 per dolar AS. Penyusutan nilai tukar rupiah tersebut tentunya akan menimbulkan dampak positif maupun negatif terhadap perekonomian di Indonesia. Dampak negatif dari penyusutan nilai tukar rupiah adalah meningkatnya inflasi yang disebabkan oleh banyaknya kebutuhan masyarakat terhadap barang impor sehingga devisa yang dikeluarkan semakin besar. Berkaitan dengan hal itu, harga barang-barang kebutuhan pokok masyarakat terutama makanan akan semakin mahal. Para pelaku usaha yang menggunakan bahan baku impor akan mengalami kenaikan biaya produksi sehingga harga jual barang produksi kian melambung, apalagi jika barang produksi tersebut didistribusikan dan dipasarkan di Indonesia tentunya akan mengalami kesulitan. Selain itu, oleh karena devisa yang dikeluarkan cukup besar dalam hal impor barang, dapat dimungkinkan bahwa Pemerintah Indonesia akan mengalami peningkatan beban utang. Dampak-dampak negatif tersebut akan sangat menyulitkan kehidupan masyarakat Indonesia terutama kelas menengah ke bawah.

Namun, jangan hanya memandang dampak negatif yang ditimbulkan, depresiasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS juga memiliki dampak positif. Dampak positif tersebut tentunya dengan memanfaatkan kegiatan ekspor yang akan mendatangkan banyak devisa bagi Negara kita. Para pelaku usaha dapat menggunakan bahan baku yang dihasilkan sendiri oleh masyarakat lokal sehingga tidak akan mempengaruhi harga produk yang akan dipasarkan, apalagi jika dipasarkan di luar negeri tentunya akan memperoleh banyak keuntungan. Masyarakat Indonesia harus dengan serius menggarap pekerjaannya pada berbagai sector misalnya  pertanian dan perkebunan, sehingga hasil yang diperoleh dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku produk para pelaku usaha.

Sebagai mahasiswa yang dikenal dengan sebutan ‘agent of change’ harus dapat melakukan tindakan maupun kegiatan yang dapat mempengaruhi masyarakat agar termotivasi untuk memanfaatkan berbagai potensi yang ada terkait dengan terjadinya penyusutan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat. Tanah air Indonesia kita yang kaya harus dimanfaatkan dengan baik agar dapat berdaya guna bagi perkembangan dan kelangsungan hidup masyarakat Indonesia. Dengan menyusutnya nilai tukar rupiah jangan membuat kita, bangsa, dan Negara semakin terpuruk, kita harus berusaha mencari solusi untuk memecahkan suatu masalah. Karena apabila dibiarkan penyusutan nilai tukar rupiah dalam jangka panjang dapat menyebabkan perekonomian Indonesia menjadi terhenti dan akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Diharapkan pemerintah dengan didukung oleh masyarakat Indonesia dari berbagai lapisan segera membuat kebijakan dan strategi yang tepat agar nilai tukar rupiah menjadi stabil.

One Response so far.

  1. Ini sangat memprihatinkan sekali untuk Indonesia, semoga mata uang IDR indonesia dapat menguat dan stabilitas lebih baik kedepannya

- Copyright © Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -