Ospek Jurusan Pendidikan Geografi yang dilaksanakan hari Kamis, 27 Agustus 2015 yang lalu berlangsung menggembirakan. Tidak seperti tahun lalu yang menempati Gedung Cut Nyak Dien (CND), tahun ini Ospek Jurusan Pendidikan Geografi mendapatkan tempat di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) lantai satu. Mahasiswa Baru Prodi Geografi 2015 yang berjumlah 78 orang, tiba di depan Gedung PKM pukul 07.30 WIB. Ospek Jurusan Pendidikan Geografi, tahun ini mengambil tema “Pengembangan Jiwa Kepemimpinan Guna Mewujudkan Guru Bangsa yang Berwawasan Lingkungan”.
            Acara ospek diawali dengan pengecekan tugas individu dan tugas kelompok dari setiap gugus yang dipimpin oleh Gardha Bumi (GB). Bagi mahasiswa baru yang tidak membawa perlengkapan yang telah ditentukan, maka akan mendapat sanksi atau hukuman. Hal ini tentu mengajarkan tanggung jawab terhadap mahasiswa itu sendiri, baik untuk dirinya maupun pada kelompoknya.
            Selanjutnya, mahasiswa baru memasuki ruang yang telah disediakan oleh panitia untuk mengawali acara ospek secara resmi. Acara dibuka oleh MC yang dibawakan oleh Nur Affan (2014) dan Maria Carolina (2014), kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari Imron sebagai Ketua Ospek Pendidikan Geografi 2015, Priyo Utomo sebagai Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi (HMPG), dan dari Ketua Jurusan Pendidikan Geografi yang diwakili oleh Bapak Nurhadi. Kemudian acara dilanjutkan oleh pengenalan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi (HMPG), agar mahasiswa baru tahu dan mengerti apa itu HMPG dan bagaimana isinya. Setelah pengenalan HMPG berakhir, mahasiswa baru disuguhi sebuah film yang telah disiapkan panitia, sehingga mahasiswa baru Pendidikan Geografi lebih mengerti tentang Geografi.
            Ketika memasuki waktu Dzuhur, mahasiswa baru sholat berjamaah, kemudian makan siang bersama dan dibagikan Majalah Khatulistiwa edisi Ospek. Selanjutnya, mahasiswa baru berkumpul berdasarkan gugus masing-masing untuk berkeliling disekitar lingkungan Fakultas Ilmu Sosial (FIS), dipandu oleh panitia sehingga mahasiswa baru ruangan-ruangan yang nantinya akan dipakai ketika kegiatan perkuliahan.
            Mahasiswa baru, memasuki ruang ospek kembali kurang lebih pada pukul 13.30 yang digunakan untuk memenuhi tugas bagi yang tidak membawa perlengkapan yang telah ditentukan. Selesai dengan tugasnya yaitu saatnya pentas seni (pensi), pensi kali ini mengambil tema nasionalisme dan dibawakan dengan akustikan. Setiap gugus maju satu per satu membawakan lagu bertema nasionalisme yang telah disepakati. Pensi berjalan sangat meriah, karena setiap gugus membawakannya dengan sepenuh hati. Acara selanjutnya yaitu pengumuman Geo Award, yang meiputi : mas dan mbak geografi, yel-yel terbaik, artikel terbaik, media pembelajaran terbaik, foto groufi terbaik, pensi terbaik, serta pembacaan surat cinta.

            Acara Ospek Pendidikan Geografi telah dilalui sehari penuh. Nur Affan (2014) dan Maria Rica Carolina (2014) selaku MC menutup cara ospek dengan berjoget bersama. Sebelum peserta ospek pulang, seluruh mahasiswa baru dan panitia berdoa bersama, dilanjutkan acara salam-salaman oleh peserta ospek dengan segenap panitia yang menyambut kehadiran mereka sebagai keluarga baru di Jurusan Pendidikan Geografi. Daqiq/red

No comments:

Powered by Blogger.