Popular Post

Archive for February 2015

Up Grading HMPG 2015



Sabtu-Minggu, 20-21 Februari 2015, telah selesai dilaksanakannya rangkaian acara Up Grading 2015 berlokasi di kaliuang tepatnya di kawasan depan Kompleks gardu pandang, Kaliurang. Acara ini merupakan sebuah acara wajib bagi setiap mereka para pengurus sebelum memulai melaksanakan program kerja untuk tahun 2015. Up Grading sendiri memiliki arti proses peningkatan kualitas agar menjadi lebih baik. Up grading kali fokus pada peningkatan rasa kebersamaan dan memupuk rasa keberanian yang menjadi slogan HMPG Berani. 
               Sabtu sekitar pukul 07.30 WIB pemberangkatan dilakukan dengan menggunakan dua truk. Upgrading tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini peserta sebanyak sekitar 70 orang diturunkan didaerah Museum Gunung Merapi. Peserta tiba sekitar satu jam setelah pemberangkatan, acara dimulai dengan makan bersama dengan bekal masing-masing yang telah disiapkan dan setiap bidang diberikan 2 lembar round teks untuk membuat poster dengan tema lingkungan. Setalah pembuatan poster selesai, peserta bidang diarahkan berjalan kaki dari Museum Gunung Merapi menuju Wisma yang terdapat disekitar Gardu Pandang Kaliurang. Sepanjang perjalanan setiap bidang harus melalui 3 pos yang telah disiapkan oleh panitia.
             Pada sore harinya tepatnya pukul 16.00 dimulainya acara upgrading ini, acara dibuka dengan sambutan oleh Ketua Panitia, Ketua Hmpg tahun sebelumnya, serta video sambutan dari Dr. Hastuti sebagai Ketua Jurusan Pendidikan Geografi. Acara selanjutnya yaitu sharing pengalaman oleh Saudara Gurnito D, S.Pd. Berikutnya acara inti yaitu presentasi proker dari setiap bidang, acara ini berlangsung sangat khidmat dan penuh makna, dan berlangsung hingga pukul 02.00 WIB. Upgrading kali ini dihadiri oleh para Angkatan angkatan-angkatan HMPG sebelumnya yang masih terus mendukung dan mengamati perkembangan HMPG saat ini. 
Paginya dilaksanakan senam pagi dilanjutkan dengan beberapa permainan yang dapat peserta ambil intisarinya. Permainan-permainan ini juga untuk menambah kebersamaan dan kekompakan HMPG 2015.  Acara diakhiri dengan foto bersama setiapbidang, pada pukul 11.00 WIB  peserta pulang menuju Jogja dikampus tercinta. (daqiq/red)


Tag : ,

Rapat Kerja (Raker) Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi 2015

Pada hari Selasa, 17 Februari 2015, pukul 17.00 WIB bertempat di Ruang Studio Musik Gedung PKM Fakultas Ilmu Sosia diadakan Raker (Rapat Kerja) Hima Pendidikan Geografi. Rapat kerja ini membahas mengenai rencana program kerja setiap bidang selama setahun kedepan. Rapat kerja diawali dengan doa bersama sebagai pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua HMPG saudara Priyo Utomo dan sambutan wakil dari Dewan Pertimbangan Organisasi yang diwakili oleh saudara Jaya Hardika, kemudian dilanjutkan dengan presentasi setiap bidang.
Pengurus Inti (PI) menjadi pembuka presentasi dalam Raker, presentasi disampaikan oleh Ketua HMPG 2015 yaitu Saudara Priyo Utomo yang membahas mengenai visi dan misi HMPG untuk satu periode kedepan. Selain itu, sekretaris umum dan bendahara juga menyampaikan program kerja yang sudah dibuat, seperti mengadakan inventaris dan pengarsipan untuk sekretaris, serta program menggalang dana dari bendahara.

Presentasi kedua disampaikan oleh Bidang Kesvoma, dengan Kepala Bidang (Kabid) Saudara Andika Surya Ardi. Kesvoma menyampaikan mengenai program kerja setahun kedepan. Presentasi Ketiga disampaikan oleh Bidang Media dan Jaringan (MJ) dengan Kepala Bidang (Kabid) saudara Samsul Huda. Presentasi selanjutnya disampaikan oleh Bidang Minat dan Bakat (Miba) dengan Kabid Saudara Alfi Khafidul Hak. Presentasi ke lima disampaikan oleh bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) yang dikepalai oleh saudari Diana Prasastiawati. Lalu, presentasi yang ke enam disampaikan oleh bidang Pengkaderan dan Pemberdayaan Organisasi (PPO) dengan kepala bidang saudari Nisrina Kartika Wulan. Dan bidang yang terakhir presentasi disampaikan oleh Bidang Kajian strategi (Kastrat) dengan kepala bidang Ardiyan Lisaputa.
Acara Rapat Kerja (Raker) Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi 2015 selesai pukul 21.00 WIB. Dengan diadakannya Rapat Kerja diharapkan kepengurusan HMPG 2015 menjadi lebih baik kedepannya. HMPG BERANI !!! (daqiq/red)


A Day With Dr. Sonia Roitman from The University of Queensland


Rabu, 18 Februari 2015 Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan Guest Lecturer atau kuliah tamu dengan Dr. Sonia Roitman Dosen di Development Planning School of Geography Planning and Environment Management dari University of Queensland, Australia di ruang Ki Hajar Dewantara pada pukul 09.00 wib sampai 11.00 wib. Kuliah tamu ini dihadiri oleh sebagian besar mahasiswa Pendidikan Geografi dari mahasiswa tahun pertama yaitu angkatan 2014 sampai mahasiswa tahun keempat yaitu tahun 2011, serta dihadiri oleh Ketua Jurusan Pendidikan Geografi yaitu Dr. Hastuti. Kuliah tamu ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UNY bersama-sama.
Dr. Sonia Roitman memberikan topik menarik kepada mahasiswa Pendidikan Geografi tentang Current challenges of development planning in the cities of the Global South atau Tantangan saat ini adalah perencanaan pembangunan di kota-kota negara-negara berkembang dan menjelaskan tentang isu-isu yang terdapat di negara negara berkembang saat ini yaitu urbanisasi dan pertumbuhan, kemiskinan dan kesenjangan sosial, keragaman sosial dan kewarganegaraan, keberlanjutan perkotaan, perencanaan dan  pemerintahhan lokal, serta nilai dan sikap perencana. Kita sebagai mahasiswa harus sadar dan peduli dengan konsep pembangunan agar perencanaan pembangunan kota di Indonesia dapat berjalan dengan baik. Guest lecturer ini diakhiri dengan berfoto bersama (dewi/red).

- Copyright © Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -