Popular Post

Archive for May 2015

Workshop Kepenulisan Karya Tulis Ilmiah 2015


HMPG Present

     Pada hari Rabu, tanggal 27 mei 2015 Litbang HMPG FIS UNY menyelenggarakan acara Workshop Kepenulisan Karya Tulis Ilmiah. Sebelumnya acara ini diselenggarakan oleh jurusan, namun pada tahun ini HMPG diberi tanggungjawab untuk menyelenggarakan acara ini. Sesuai dengan namanya Workshop Kepenulisan Karya Tulis Ilmiah merupakan acara yang diselenggarakan dengan tujuan untuk melatih mahasiswa pada khususnya Pendidikan Geografi menulis dalam bentuk karya ilmiah.
  
      Acara tersebut diselenggarakan di Ruang Musik Pusat Kegiatan Mahasiswa pada pukul 08.30. Pembicara dalam acara ini yaitu Ibu Nurul Khotimah, M.Si dan Ibu Dyah Respati SS, M.Si. Peserta Workshop Kepenulisan Karya Tulis Ilmiah ini yaitu dari angkatan 2013 dan 2014. 

       Setelah pembicara menyampaikan materi, peserta workshop dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 3-5 anak. Mereka diberi tugas untuk membuat PKM dengan memilih salah satu jenis PKM. PKM tersebut diantaranya PKM-M, PKM-GT, PKM-P, PKM-K, dan PKM-KC. Setiap kelompok harus ada salah satu anak yang mendapat bidikmisi ataupun beasiswa. Mereka juga memilih salah satu dosen pembimbing untuk PKM mereka sesuai dengan jenis PKM yang dibuat. 

Acara workshop ini berlangsung dengan lancar. Setelah acara selesai para peserta melakukan foto bersama. HMPG Berani!!

Gambar 1.1 Peserta Workshop Mendengarkan Penjelasan Pembicara

Gambar 1.3 Pemberian Kenang-Kenangan Kepada Pembicara oleh Ketua Bidang

Gambar 1.2 Peserta Workshop Kepenulisan Karya Ilmiah Berfoto Bersama

(Ed/ARS)

Pengumuman Pemenang Geofiksi










Pemenang Geofiksi Lomba Cerpen
Juara I Arif Budiman Judul Cerpen "Brumbun"
Juara II Andrian Eksa Judul Cerpen "Gadis dan Orang-orang Bumi Lama"

Pemenang Geofiksi Lomba Cergam
Juara I Alif Ramadhani Rahman
Juara II Rexy Satria Alfanuha

Kastrat Discussion (KARDUS) 2015


Pada hari Senin 18 Mei 2015, Kastrat melaksanakan salah satu program kerjanya yaitu Kastrat Discussion atau biasa disebut KARDUS di Studio Musik PKM lantai 2 dan dimulai pukul 18.30 WIB sampai 20.00 WIB. Diskusi ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Mei 2015 sekaligus untuk menentukan sikap aksi yang akan dilakukan pada hari tersebut.
Materi tentang kebangkitan nasional di acara ini disampaikan oleh Titis Bintoro, beliau menyampaikan mahasiswa harus tetap melakukan kewajibannya ditengah pendidikan yang sedang ditempuhnya, jangan melupakan kehidupan di sekitar kita selagi kita fokus pada kuliah. Jangan melupakan interaksi dengan orang-orang disekeliling kita hanya karena kita sibuk mengerjakan tugas kuliah yang diberikan dosen. Oleh karena kita adalah mahluk sosial, dalam kondisi apapun kita pasti membutuhkan orang lain, maka dari itu kita harus selalu sadar untuk membangun interaksi ataupun hubungan dengan orang-orang disekitar kita.

Nepal dan Gempa 2015

Nepal adalah negara yang bersistem republik sejak 28 mei 2008, meninggalkan sistem kerajaan yang sudah berlangsung selama 250 tahun. Nepal termasuk negara yang secara historis kedaulatannya tidak lepas dari negara-negara persemakmuran Inggris. Saat ini, Nepal berdiri sebagai negara republik federal demokratik dengan kepala negara Ram Baran Yadav serta wakilnya Parmanand Jha
Sumber gambar : http://earthquake.usgs.gov

     Dalam kajian geografis, Nepal merupakan negara yang diapit oleh daratan-daratan. Negara ini memiliki luas wilayah 141.181 km2. Nepal berbatasan dengan India di bagian barat, selatan, dan timur. Sedangkan bagian utara Nepal berbatasan dengan Republik Rakyat Cina (RRC). Nepal dikenang dengan keberadaan pegunungan Himalaya, tempat para pendaki mengincar puncak tertinggi dunia, yaitu gunung everest yang lebih kurang terletak pada ketinggian 8500 meter diatas permukaan laut. Formasi geologi Nepal terdiri atas terai atau dataran, bukit, dan pegunungan. Kondisi tersebut mengantarkan Nepal pada julukan ‘kehidupan diatas atap’. Khatmandu, ibu kota Nepal, terletak di lembah raksasa yang dikelilingi pegunungan Himalaya membuat kota ini tercatat sebagai kota tertinggi di dunia. Kota ini berada pada ketinggian 1400 meter diatas permukaan laut. 
Sumber gambar : wikipedia.org
 
      Nepal merupakan negara yang terletak pada pertemuan dua lempeng tektonik, yaitu lempeng India dan lempeng Eurasia. Lempeng India bergerak sejak 50 juta tahun yang lalu mendekati lempeng eurasia. Dua lempeng benua yang bertemu kemudian mengakibatkan terbentuknya deretan pegunungan yang memanjang dari Pakistan, India, China, Bhutan, sampai Nepal. Hal inilah yang kemudian melandasi pernyataan bahwa Nepal sangat rentan terkena gempa.
      Gempa yang terjadi di Lamjung, Nepal pada 25 April lalu merupakan gempa yang berpusat di kedalaman 15 kilometer dari permukaan tanah. Gempa dengan kekuatan 7,8 skala richter ini memiliki goncangan yang kuat mencapai 9 MMI (Modified Mercaly Intensity) dan termasuk gempa dangkal. Goncangan yang kuat telah banyak menyebabkan kerusakan bangunan yang parah. Irwan Melano, Pakar Gempa dan Mitigasi Bencana Institut Teknologi Bandung, menyatakan bahwa jumlah lokasi pusat dan magnitudo gempa serta karakter lapisan tanah menyumbang peran besar pada keparahan dampak gempa. Hal ini berkaitan dengan kota khatmandu yang pada awalnya merupakan dataran bekas danau di kaki pegunungan Himalaya.
      Gempa yang menimbulkan getaran di India, China, dan Tibet ini menimbulkan sejumlah korban meninggal dan luka-luka di kawasan tersebut. Gempa ini juga meruntuhkan bangunan bersejarah di Nepal yang telah diresmikan oleh UNESCO sebagai warisan dunia. Bangunan-bangunan yang runtuh akibat gempa Nepal itu antara lain khatmandu durbar square, patan durbar square, bhaktapur durbar square, dan menara dharahara. Bangunan-bangunan yang bercorak hindu-budha tersebut yang oleh masyarakat setempat dijadikan pusat perkembangan agama kini benar-benar runtuh.
 
Sumber gambar: tempo.co

      Negara-negara yang berbatasan dengan Nepal pada 04/25 langsung mengirimkan bala bantuan mulai dari bahan makanan, selimut, tentara, serta bantuan donasi untuk warga korban gempa. Negara-negara lain pun dalam rentang beberapa hari mulai membantu dengan mengirim tim  korban dan menawarkan bantuan dalam berbagai bentuk. Kawan-kawan yang ingin membantu meringankan beban warga Nepal dapat menyalurkan dana ke organisasi-organisasi yang dilansir berperan aktif dalam pendistribusian bantuan. Organisasi di tingkat internasional antara lain Save The Children (www.savethechildren.org), Care.org (www.care.org), dan International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (ifrc.org). PMI (pmi.org.id) juga membuka tiga rekening untuk membantu menyalurkan bantuan berupa dana yang kemudian akan didistribusikan kepada korban gempa Nepal. Indonesia, melalui berbagai organisasi dan badan kenegaraan pun sejak awal Mei, turut aktif mengirimkan bantuan berupa rumah sakit darurat dan bantuan bahan makanan. Kawan-kawan juga dapat menyalurkan bantuan lewat organisasi mahasiswa yang ada di lingkungan sekitar kampus.
Sumber gambar: dompetdhuafa.org



Writted by Hasyyati Marini

SUSUNAN PANITIA OSPEK JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI TAHUN 2015


Ketua Panitia : Imron (2014/A)
Sekretaris I : Wahyu Dewi Martasari (2014/B)
Sekretaris II : Diva Rinhaida (2014/B)
Bendahara I : Erlin Nur Afiah (2014/A)
Bendahara II : Wicka Nurafifah (2014/A)

Sie Acara:
Bella Nuranisari (koor) (2014/A)
Maria Rika Karolina (2014/A)
Fian Apriska (2013/A)
Putri Larasati (2014/A)
Iftakh Nur Latifah (2014/B)
Nur Affan Purnomo Jati (2014/A)
Rexy Satria Alfanuha (2014/A)
Ahmad Syaiful Mandaladi (2013/B)

Sie Perlengkapan:
Destian Budi Pamungkas(koor) (2014/B)
Satrio Bimo Wibowo (2014/A)
Ahmad Muhyidin (2014/A)
Rahmad Ragil Susanto (2014/B)
Sahrul Akbar (2014/A)

Sie Konsumsi:
Daqiqatul Fauziyati Putri(koor) (2014/B)
Annisa Widi R (2013/A)
Wulansuci Na’immatushsholihah (2013/A)
Aji Purnomo (2014/A)
Elin Choirinnisa (2014/A)


Sie P3K:
Dita Annisa Meilani (koor) (2014/A)
Icaratna Ulansari (2013/A)
Mufti Amri Nugroho (2013/A)
Deddy Akbar Perkasa (2014/A)
Nurul Rahmawati (2014/A)

Sie Humas:
Ifa Agestiana (koor) (2014/B)
Wikandari Bungasari (2014/B)
Yasykur Kurnia (2014/A)

Sie PDD:
Oktavian Andre Kusuma(koor) (2014/B)
Meita Arviana (2013/A)
Esti Mei Pangestu (2014/B)
Nuqi Jazilatul Yusro (2014/A)

Sie Pemandu:
Novi Laniastuti (koor) (2013/A)
Meilyta Lusiyanti (2013/A)
Sartika Apriyani (2013/A)
Desy Amanta Setyaningtyas (2014/B)
Dewi Rahmawati (2014/B)
Annisa Ainurrohmah (2014/A)
Faidatun Ni’mah (2013/A)
Akyuni Musfira Salsabila (2014/A)
Ardiyan Lisaputra (2013/A)
Alif Ramadhani Rahman (2013/A)
Willa Lutfi Kholbiyulkhusna (2014/B)
Aan Nurdiyanto (2013/B)
Dheni Miftakhur Rizqiyanto (2014/B)
Yusron Ahmad Nugroho (2014/B)
Khomsun Subarkah (2013/A)


Semangat dan Selamat Berkontribusi :)
#HMPG BERANI!

SUPLEMEN 1 HMPG 2015


Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi, Kamis, 7 Mei 2015 mengadakan acara internal pengurus HMPG BERANI berupa “Suplemen”. Acara dimulai pada pukul 17.00 WIB di Gedung Cut Nyak Dien FIS UNY. Suplemen kali ini dituan rumahi oleh bidang PPO dan MJ. Acara dimulai dengan sambutan ketua panitia dan Ketua HMPG. Selanjutnya yaitu peserta disilahkan untuk istirahat, sholat dan makan bersama. Sebelum diadakan makan bersama, diadakan pemotongan tumpeng oleh Priyo Utomo sebagai Ketua HMPG 2015. Makan bersama ini bertujuan menjadikan bertujuan untuk merekatkan hubungan antar peserta dalam lingkup keorganisasian agar tercipta kekompakkan, saling mengenal satu sama lain dan harmonis.
Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian motivasi oleh Jaya Hardika, ketua HMPG tahun 2013. Motivasi yang diberikan bertemakan tentang “Kesolid-an Berorganisasi”. Banyak informasi dan tips-tips yang bisa didapat oleh peserta antara lain bagaimana berkomunikasi yang baik antar pengurus HMPG untuk saling mengenal, menjadi dekat, kompak. Mas Jaya menyampaikan pengalaman-pengalaman yang dulu dalam berorganisasi, sehingga kami sebagai adik-adiknya dapat berorganisasi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.
Acara ditutup dengan pengumuman staff terbaik dan bidang terbaik pada rentang kepengurusan tiga bulan terkahir. Ini merupakan puncak acara yang membuat para peserta merasa menjadi tegang. Lalu, siapakah yang menjadi staff terbaik dan bidang terbaik tiga bulan ini? Staff terbaik disandang oleh Ririn Putri Aurita yang dijuluki “Bidadari Jurug” staff dari bidang Kesvoma. Kemudian, bidang terbaik untuk tiga bulan ini disandang oleh bidang Media Jaringan (MJ), yang terlihat kompak dan ceria.
Acara berkahir pukul 20.30 WIB. Dengan diadakannya acara Suplemen 1 ini diharapkan dapat memberikan suplemen vitamin motivasi kepada para pengurus HMPG 2015. Selamat kepada staff dan bidang terbaik, semoga menginspirasi teman-teman yang lain, menjadikan HMPG menjadi lebih BERANI!! (daqiq/red)

- Copyright © Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -