Popular Post

Archive for August 2015

           
 Ospek Jurusan Pendidikan Geografi yang dilaksanakan hari Kamis, 27 Agustus 2015 yang lalu berlangsung menggembirakan. Tidak seperti tahun lalu yang menempati Gedung Cut Nyak Dien (CND), tahun ini Ospek Jurusan Pendidikan Geografi mendapatkan tempat di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) lantai satu. Mahasiswa Baru Prodi Geografi 2015 yang berjumlah 78 orang, tiba di depan Gedung PKM pukul 07.30 WIB. Ospek Jurusan Pendidikan Geografi, tahun ini mengambil tema “Pengembangan Jiwa Kepemimpinan Guna Mewujudkan Guru Bangsa yang Berwawasan Lingkungan”.
            Acara ospek diawali dengan pengecekan tugas individu dan tugas kelompok dari setiap gugus yang dipimpin oleh Gardha Bumi (GB). Bagi mahasiswa baru yang tidak membawa perlengkapan yang telah ditentukan, maka akan mendapat sanksi atau hukuman. Hal ini tentu mengajarkan tanggung jawab terhadap mahasiswa itu sendiri, baik untuk dirinya maupun pada kelompoknya.
            Selanjutnya, mahasiswa baru memasuki ruang yang telah disediakan oleh panitia untuk mengawali acara ospek secara resmi. Acara dibuka oleh MC yang dibawakan oleh Nur Affan (2014) dan Maria Carolina (2014), kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari Imron sebagai Ketua Ospek Pendidikan Geografi 2015, Priyo Utomo sebagai Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi (HMPG), dan dari Ketua Jurusan Pendidikan Geografi yang diwakili oleh Bapak Nurhadi. Kemudian acara dilanjutkan oleh pengenalan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi (HMPG), agar mahasiswa baru tahu dan mengerti apa itu HMPG dan bagaimana isinya. Setelah pengenalan HMPG berakhir, mahasiswa baru disuguhi sebuah film yang telah disiapkan panitia, sehingga mahasiswa baru Pendidikan Geografi lebih mengerti tentang Geografi.
            Ketika memasuki waktu Dzuhur, mahasiswa baru sholat berjamaah, kemudian makan siang bersama dan dibagikan Majalah Khatulistiwa edisi Ospek. Selanjutnya, mahasiswa baru berkumpul berdasarkan gugus masing-masing untuk berkeliling disekitar lingkungan Fakultas Ilmu Sosial (FIS), dipandu oleh panitia sehingga mahasiswa baru ruangan-ruangan yang nantinya akan dipakai ketika kegiatan perkuliahan.
            Mahasiswa baru, memasuki ruang ospek kembali kurang lebih pada pukul 13.30 yang digunakan untuk memenuhi tugas bagi yang tidak membawa perlengkapan yang telah ditentukan. Selesai dengan tugasnya yaitu saatnya pentas seni (pensi), pensi kali ini mengambil tema nasionalisme dan dibawakan dengan akustikan. Setiap gugus maju satu per satu membawakan lagu bertema nasionalisme yang telah disepakati. Pensi berjalan sangat meriah, karena setiap gugus membawakannya dengan sepenuh hati. Acara selanjutnya yaitu pengumuman Geo Award, yang meiputi : mas dan mbak geografi, yel-yel terbaik, artikel terbaik, media pembelajaran terbaik, foto groufi terbaik, pensi terbaik, serta pembacaan surat cinta.

            Acara Ospek Pendidikan Geografi telah dilalui sehari penuh. Nur Affan (2014) dan Maria Rica Carolina (2014) selaku MC menutup cara ospek dengan berjoget bersama. Sebelum peserta ospek pulang, seluruh mahasiswa baru dan panitia berdoa bersama, dilanjutkan acara salam-salaman oleh peserta ospek dengan segenap panitia yang menyambut kehadiran mereka sebagai keluarga baru di Jurusan Pendidikan Geografi. Daqiq/red

Depresiasi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS)




 sumber gambar : www.saibumi.com

Dalam beberapa waktu terakhir, terjadi penyusutan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Kenyataannya pada saat ini nilai tukar rupiah menembus angka Rp14.049 per dolar AS. Penyusutan nilai tukar rupiah tersebut tentunya akan menimbulkan dampak positif maupun negatif terhadap perekonomian di Indonesia. Dampak negatif dari penyusutan nilai tukar rupiah adalah meningkatnya inflasi yang disebabkan oleh banyaknya kebutuhan masyarakat terhadap barang impor sehingga devisa yang dikeluarkan semakin besar. Berkaitan dengan hal itu, harga barang-barang kebutuhan pokok masyarakat terutama makanan akan semakin mahal. Para pelaku usaha yang menggunakan bahan baku impor akan mengalami kenaikan biaya produksi sehingga harga jual barang produksi kian melambung, apalagi jika barang produksi tersebut didistribusikan dan dipasarkan di Indonesia tentunya akan mengalami kesulitan. Selain itu, oleh karena devisa yang dikeluarkan cukup besar dalam hal impor barang, dapat dimungkinkan bahwa Pemerintah Indonesia akan mengalami peningkatan beban utang. Dampak-dampak negatif tersebut akan sangat menyulitkan kehidupan masyarakat Indonesia terutama kelas menengah ke bawah.

Namun, jangan hanya memandang dampak negatif yang ditimbulkan, depresiasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS juga memiliki dampak positif. Dampak positif tersebut tentunya dengan memanfaatkan kegiatan ekspor yang akan mendatangkan banyak devisa bagi Negara kita. Para pelaku usaha dapat menggunakan bahan baku yang dihasilkan sendiri oleh masyarakat lokal sehingga tidak akan mempengaruhi harga produk yang akan dipasarkan, apalagi jika dipasarkan di luar negeri tentunya akan memperoleh banyak keuntungan. Masyarakat Indonesia harus dengan serius menggarap pekerjaannya pada berbagai sector misalnya  pertanian dan perkebunan, sehingga hasil yang diperoleh dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku produk para pelaku usaha.

Sebagai mahasiswa yang dikenal dengan sebutan ‘agent of change’ harus dapat melakukan tindakan maupun kegiatan yang dapat mempengaruhi masyarakat agar termotivasi untuk memanfaatkan berbagai potensi yang ada terkait dengan terjadinya penyusutan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat. Tanah air Indonesia kita yang kaya harus dimanfaatkan dengan baik agar dapat berdaya guna bagi perkembangan dan kelangsungan hidup masyarakat Indonesia. Dengan menyusutnya nilai tukar rupiah jangan membuat kita, bangsa, dan Negara semakin terpuruk, kita harus berusaha mencari solusi untuk memecahkan suatu masalah. Karena apabila dibiarkan penyusutan nilai tukar rupiah dalam jangka panjang dapat menyebabkan perekonomian Indonesia menjadi terhenti dan akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Diharapkan pemerintah dengan didukung oleh masyarakat Indonesia dari berbagai lapisan segera membuat kebijakan dan strategi yang tepat agar nilai tukar rupiah menjadi stabil.

Lomba Film Pendek HMPG UNY






TEMA : Explore Indonesia

Syarat Peserta:
1.   Peserta berupa tim dengan jumlah kelompok terdiri dari maksimal 5 orang (tidak termasuk cast).
2.   Peserta adalah mahasiswa D3/ S1 aktif.
3.   Peserta wajib memahami lomba dan menyepakati seluruh ketentuan lomba.
4.   Pada lomba Short Movie ini akan diambil Juara I dan Juara II.

Pendaftaran
1. Pendaftaran dan pengumpulan Karya dibuka pada 10 Agustus 2015 hingga  30 September 2015.
2.  Mengirimkan SMS konfirmasi ke nomor 085747037276 (Fian) dengan format : Nama Tim_Nama      Ketua Tim
3. Peserta menunggu SMS konfirmasi dari panitia
4 .Panitia berhak mendiskualifikasi peserta apabila peserta terbukti melanggar syarat dan ketentuan         yang telah ditetapkan panitia
5. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

PENGUMPULAN KARYA;
1. Pengumpulan karya dilakukan dari tanggal paling lambat 30 September  2015.
2. Peserta wajib melampirkan data ber
upa scan KTP/ Fotocopy KTM.
3. Softcopy karya disertakan dalam cakram padat (DVD/RW).
4. Karya dikirim dalam amplop coklat disudut kanan atas amplop ditulis : Lomba Film Pendek         HMPG UNY 2015, dengan alamat Kompleks PKM FIS UNY Lantai 2, Karangmalang, Yogyakarta.


Syarat :
1. Tema Film Pendek yang di lombakan adalalah “Explore Indonesia”
2. Merupakan karya orisinil, belum pernah dipublikasikan untuk kepentingan apapun dan belum             pernah diikutkan lomba sejenis.
3. Menggunakan bahasa Indonesia (jika menggunakan bahasa asing atau daerah wajib mencantumkan terjemahan   bahasa Indonesia yang jelas, dan mencantumkan nama penerjemah pada subtitle di akhir film). 
4. Video berdurasi  selama 10-15 menit, termasuk credit title untuk film pendek.
5. Tidak mengandung unsur promosi, SARA, kekerasan dan pornografi.
6. Materi video merupakan segala bentuk audio video yang menyampaikan atau mencerminkan tema 
7. Film dikirim dalam format MP4 dan/atau AVI.
8. Sertakan poster film jika ada (poster dalam bentuk softcopy).
9. Musik/lagu dan materi lainnya (foto, grafis, dll) yang digunakan dalam film pendek boleh menggunakan milik orang lain selama bersifat bebas atau telah memperoleh izin dari pemilik hak cipta yang bersangkutan.
10. Hak cipta karya tetap menjadi milik peserta.
11. Khusus untuk kepentingan publikasi acara, penyelenggara dapat menggunakan materi foto dan/atau video karya peserta, sebagian maupun utuh.
12. Panitia tidak bertanggungjawab apabila di kemudian hari diketahui terdapat gugatan dari pihak lain yang berkaitan dengan film yang dilombakan.
13. Jika di kemudian hari ditemukan bukti bahwa karya pemenang diragukan keasliannya, maka penyelenggara berhak membatalkan dan menarik penghargaan/hadiah yang sudah diberikan
14. Calon peserta yang sudah melengkapi semua prosedur diatas telah dianggap sebagai peserta.

15. Pengumpulan dapat dilakukan langsung di sekretariatan HMPG Kompleks(PKM FIS UNY Lantai       2, Karangmalang, Depok, Sleman, DIY.
16. Film atau video harus memiliki alur cerita 

HADIAH:
JUARA SHORT MOVIE
Juara I       : Uang Pembinaan sebesar Rp.500.000,- + Sertifikat
Juara II      : Uang Pembinaan sebesar Rp.300.000,- + Settifikat



SUSUNAN KEPANITIAAN SARASEHAN GEOGRAFI 2015


KETUA PANITIA
Ahmad Saiful Mandaladi              (2013)

SEKRETARIS
Bekti Handayani                           (2014)
Annisa Widi R.                             (2013)

BENDAHARA
Novita Army R.                            (2014)
Lyna Hidayatul K.                        (2013)



SIE ACARA
Ririn Putri Aurita                       (2013)
Trima Mustika                               (2014)
Novi Laniastuti                             (2013)
Meilyta Lusiyanti                          (2013)
Wikandari Bunga                          (2014)
Nur Affan                                    (2014)

SIE HUMAS
Fajar Wahyu K.                          (2014)
Purno Adiyatmoko                        (2014)
Trie Kurnia H.                               (2014)
Bentar Dwi Saputra Ardi              (2013)
Apri Waidah                                  (2013)

SIE KONSUMSI
Riska Maida W.                           (2014)
Fian Apriska                                  (2013)
Alif R. R.                                      (2013)
Wahyu Renni P.                            (2014)
Willa Luthfi K.                              (2014)
Phebi Hastuti                                 (2014)
Risky Marharani                            (2013)

SIE PDD
Destian Budhi P.                          (2014)
Garin Darpitamurti                        (2013)
Wikhani Ismaya                            (2014)
Oktavian Andre                                 (2014)
Isna Muammar                              (2013)
Maulana Azka                               (2014)

SIE PERKAP
Rahmad Ragil S.                         (2014)
Muklis Nur W.                              (2014)
Gregorius Nopria A.                      (2013)
Rasyid Rizkian A.                         (2013)
Muhammad Imron W.                   (2013)
Tri Putra Bima                               (2013)
Yusron Ahmad N.                         (2014)
Muhamad Muhyidin                     (2014)
Abdullah Faths                              (2013)
Satrio Bimo                                   (2014)

SIE P3K
Mufti Amri Nugroho                  (2013)
Dita Anisa M.                                (2014)
Aji Antoro                                     (2014)
Sahrul Akbar                                 (2014)
Risky Primastuti                            (2013)
Isrokiyah                                       (2013)
Yulia Mili Rizki                             (2013)
Rut Pangestuti                               (2013)

SIE KEAMANAN
Latifudin Nur F.                          (2014)
Widya Ginanjar                             (2013)
Hidayat Purwantoro                      (2013)
Reza Nur Ciptha                           (2013)
Muh. Satrio Binasdanto                (2013)
Pandu Dewantoro                         (2013)
Yasykur Kurnia                             (2014)

Selamat menjalankan amanah, semangat selalu...
HMPG BERANI !
Tag : ,

- Copyright © Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -