Popular Post

Archive for September 2015

BAKSOS DESA BINAAN

Minggu 27 September 2015, HMPG tepatnya bidang Kesvoma mengadakan acara Bakti Sosial yang bertempat di desa Ngoro-oro dusun Nggembyong, Patuk, Gunungkidul. Acara bakti sosial tersebut merupakan kegiatan lanjutan setelah kegiatan launching ekowisata pada daerah tersebut. Tepatnya merupakan bagian dari desa binaan HMPG. Karena melihat potensi pariwisatanya yang baru diresmikan dan juga masih sedikitnya palang-palang informasi, maka dengan adanya acara baktisosial dan juga pemasangan palang-palang ini diharapkan dusun nggembyong beserta tempat pariwisatanya menjadi semakin maju dari sebelumnya.
Melihat dari antusias para warga, acara ini terbilang sangat lancar karena para warga ikut aktif dalam kegiatan tersebut. Dalam kegiatan Baktisosial warga yang datang pun sangat banyak dan juga pemasangan palang rambu-rambu juga lancar. (Deddy/red).



Suplemen 2 HMPG


Sabtu, 19 Sepetember 2015, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi (HMPG) mengadakan acara internal pengurus HMPG yaitu berupa “Suplemen ke- 2”. Berbeda dari suplemen pertama, acara suplemen dilakukan di luar ruangan, karena tuan rumah ingin mengadakan beberapa rangkaian acara permainan outdoor. Untuk itu bidang Litbang dan Kastrat memilih Taman Mlanding Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta sebagai tempat berlangsungnya acara suplemen kali ini.

Acara dimulai sekitar pukul 09.00 WIB, dan dimulai dengan sambutan ketua acara yang diwakili oleh saudari Elin Choirin Nisa (Litbang), dan dilanjutkan dengan sambutan ketua HMPG yaitu saudara Priyo Utomo. Maka kemudian, dimulailah permainan-permainan yang telah disiapkan, tuan rumah menyediakan tiga permainan yaitu menyalakan korek api, lempar air, dan gobak sodor. Permainan-permainan tersebut dipilih karena memiliki esensi tersendiri yang nantinya berguna untuk pengurus HMPG.

Setelah asyik bermain, tibalah saatnya pengumuman-pengumuman, dan jeng jeng jeng.. selamat kepada saudara Nur Affan (PPO) karena terpilih menjadi staff terbaik periode bulan Juni-September. Serta bidang terbaik suplemen periode ke-2 ini diraih oleh Bidang PPO. Semoga dengan terpilihnya Mas Affan dan Bidang PPO sebagai staff serta bidang terbaik, dapat menginspirasi dan memotivasi pengurus-pengurus lain menjadi lebih baik. Semangat berkarya! Salam Berani! Glory Geografi! daqiq/red

kebakaran hutan berbagai daerah di Sumatera Selatan



      Kabut asap, kebakaran hutan, banyak orang di Palembang menderita gangguan infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), pasti itu yang saat ini sering kita dengar dari berita di televisi, Koran-koran, radio, dan media massa yang lain. Berita itupun telah diketahui oleh semua orang dari seluruh pelosok negeri. Ya benar, sepanjang September ini Palembang diselimuti kabut asap setiap hari. Kabut asap tersebut merupakan dampak dari terbakarnya banyak hutan dan lahan di Palembang. Entah kebakaran hutan karena pengaruh cuaca atau memang sengaja dibakar oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab untuk tujuan tertentu. Kabut asap yang ditimbulkan bukan hanya di Palembang, namun menyelimuti beberapa kawasan lain di Sumatera Selatan. Akibatnya banyak aktivitas-aktivitas manusia yang terganggu terutama dalam bidang transportasi baik darat maupun udara, kabut tersebut mengganggu jarak pandang masyarakat, sehingga akan sangat berbahaya apabila tetap berkendara. Gangguan ISPA marak diderita oleh masyarakat dari berbagai kalangan usia mulai dari bayi, balita, hingga orang-orang tua. Namun, semenjak hujan mengguyur daerah jambi pada 20 September 2015, kabut asap sedikit berkurang diikuti dengan kualitas udara yang semakin baik meskipun belum normal, hujan dalam intensitas kecil juga terjadi di beberapa daerah lainnya yang diharapkan akan mengurangi banyaknya kabut asap di beberapa daerah di Sumatera Selatan.

sumber : rmolsumsel.com
        Kebakaran hutan yang ditimbulkan karena pengaruh musim kemarau tak dapat dihindari lagi, kita dapat memperhatikan titik-titik api yang cukup tinggi di wilayah hutan terutama di hutan gambut, cara memperhatikannya yaitu berupa terjun langsung untuk mengamati titik tersebut secara rutin maupun dengan memasang detector apabila mulai ada kebakaran kecil untuk mengatasi terjadinya kebakaran hutan yang membesar. Untuk mengatasi kebakaran hutan yang disengaja, perlu dikerahkan aparat maupun partisipasi masyarakat untuk secara rutin berpatroli mengawasi berbagai wilayah hutan. Sangat disayangkan bila membakar hutan hanya untuk membuka lahan, dampak yang akan ditimbulkan kedepannya akan sangat merugikan masyarakat. Kegiatan ekonomi memang sangat bertentangan dengan lingkungan, manusia ingin mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dengan mengeksploitasi alam tanpa mempertimbangkan dampak yang akan dirasakan di kemudian hari. Tetapi akan lebih baik jika ada timbal balik yang kita berikan untuk alam sebagai ganti dari apa yang alam berikan kepada kita.
Tag : ,

Kunjungan Kerja ke TVRI



Glory Geography, Glory Geography, Glory Geography!!!
Salam Berani...
Jum'at, 18 September 2013 pukul 13.00 WIB, Media Jaringan (MJ) HMPG kembali mengadakan kunjungan kerja, kali ini di TVRI dengan tujuan memperluas jaringan di bidang media. TVRI merupakan tv nasional yang berada di Yogyakarta. Teman-teman tentu banyak yang belum tahu apa saja dan bagaimana progam pertelevisian khususnya di TVRI. Di TVRI berbeda dengan kebanyakan tv di Indonesia. Biasanya di TV-TV pada umumnya menampilkan banyak program-program dengan tema modern yang hits dan kekinian, namun TVRI berbeda. Kalian tahu apa perbedaannya? TVRI lebih banyak menyiarkan program-progra tentang pendidikan, kebudayaan, dan wisata lokal. contoh acara TV dengan tema kebudayaan adalah Pangkur Jenggleng, musik, keroncong, tarian tradisional, dsb. TVRI banyak mengenalkan wisata-wisata alam terutama di Daerah Istimewa Yogyakarta pada salah satu program yang ditampilkan. Untuk program dengan tema pendidikan, TVRI mengadakan kerjasama dengan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNY dan sekolah-sekolah yang ada di Yogyakarta.
Inilah kunjungan kerja yang telah kita lakukan hari ini semoga bermanfaat dan yang masih belum ikut tunggu kunjungan kerja diperiode berikutnya. SALAM BERANI ! GLORY GEOGRAPHY !!! See yaa :) (Fian/red)

SUSUNAN PANITIA BAKSOS DESA BINAAN

Sie Acara    :
Nor Rahmad
Yonatan Anggara
Ayunda
Anggi

Sie Perkap  : 
Ikhsan Irmawan
Anggriawan Pratama

 Sie PDD    : 
Windhita
Nadya Arindra

Sie Konsumsi : 
Eva Sulistyowati
Siti Umaroh
 Mitha Syafira

Humas   :
Nur Indah
Nurma
Muh Lutfi

Sekretaris :
Syah Riani

Bendahara :
Yusi Prasetyowati

- Copyright © Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -