Popular Post

7 Mar 2016



Sabtu-minggu, 5-6 Maret 2016 Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi (HMPG) 2016 mengikuti kegiatan upgrading yang diselenggarakan oleh para alumni HMPG. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas diri dari para pengurus baru HMPG, dengan penekanan pada kontrol emosi, mental, pikiran, dan fisik dari setiap individu. Acara tersebut merupakan acara yang wajib diikuti oleh seluruh pengurus baru HMPG 2016, dimulai dari hari Sabtu jam 07.30 WIB dan berakhir pada hari Minggu jam 11.00 WIB.
Peserta upgrading berkumpul di Taman Pancasila FIS UNY pukul 07.30 WIB. Kemudian panitia melakukan pengecekan terkait dengan penugasan yang telah diberikan kepada peserta upgrading, adapun peserta yang tidak membawa penugasan yang telah diberikan maka diberi punishment sesuai dengan kesepakatan. Pukul 09.00 WIB peserta diberi petunjuk oleh panitia untuk menuju ke lokasi tertentu, dimana setiap bidang HMPG mendapat petunjuk yang berbeda-beda. Lokasi tersebut merupakan penentuan setiap kelompok untuk menuju ke lokasi upgrading, adapun alamatnya yaitu di Dusun Pangkah, Srimulyo, Piyungan, Bantul dengan membawa uang saku sebesar Rp 40.000 yang telah diberikan oleh panitia untuk setiap kelompok, dimana setiap kelompok kurang lebih berjumlah 10 orang. Setiap kelompok hanya diizinkan untuk membawa 1 handphone. Panitia memberikan kebebasan untuk seluruh peserta upgrading melakukan segala cara untuk bisa sampai ke lokasi upgrading dengan anggota yang utuh.
Satu per satu kelompok sampai di lokasi upgrading dengan wajah yang ceria dan penuh tawa. Sesampainya di lokasi, peserta diberi waktu untuk beristirahat dan makan bekal makan siang yang sudah dibawa, kemudian diberi tugas untuk menulis analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity dan Threat) dengan waktu yang terbatas. Kedatangan setiap kelompok berbeda-beda dengan jarak berjam-jam, karena keberuntungan yang berbeda-beda. Waktu sudah menunjukkan pukul 13.30 WIB namun kelompok dari bidang Kastrat dan PPO belum hadir di lokasi, kemudian panitia bersama dengan peserta upgrading yang telah hadir di lokasi berusaha untuk menghubungi dan mencari. Sembari menunggu kabar dan kedatangan kelompok yang belum hadir, acara dilanjutkan dengan pemilihan topik diskusi terkait dengan fenomena penambangan pasir di Sand Dunes dan TPA lempuyangan. Voting terbanyak yaitu pemilihan topik diskusi penambangan pasir di Sand Dunes. Diskusi dipimpin oleh Sdri. Diana selaku ketua upgrading kemudian dilanjutkan oleh Sdr. Destian selaku ketua HMPG baru. Diskusi ini sebagai pengantar untuk melakukan simulasi seminar nasional acara berikutnya. Pukul 16.00 WIB kelompok dari bidang PPO sudah sampai di lokasi, kemudian acara dilanjutkan dengan penerimaan peserta upgrading (pembukaan).
Memasuki acara selanjutnya yaitu simulasi seminar nasional. Simulasi tersebut dikemas dan dilaksanakan secara serius, diselenggarakan sebagaimana seminar sebenarnya dengan alokasi waktu persiapan 1 jam dari panitia. Simulasi seminar selesai, dilanjutkan dengan makan bersama. Kemudian acara dilanjutkan dengan sharing bersama dengan alumni HMPG. Dimulai dengan sharing oleh peserta yang menceritakan perjalanannya menuju ke lokasi upgrading. Setiap kelompok mempunyai cerita perjalanan masing-masing, PPO dengan ceritanya yang modal muka memelas demi angkutan yang murah, MIBA dengan ceritanya numpang tanpa modal salah satunya naik colt sampah, MJ dengan ceritanya numpang colt 1 ke colt selanjutnya dan jualan makanan 30.000 demi naik angkutan umum 2x lebih murah sampai ke Bantul sehingga meminimalisir tenaga untuk jalan kaki, dsb. Acara sharing kemudian dilanjutkan sharing per bidang yang didampingi oleh para alumni yang pernah menaungi dari masing-masing bidang. Acara hari Sabtu, 5 Maret 2016 berakhir hingga pukul 23.00 WIB
Minggu, 6 Maret 2016 acara dilanjutkan dari pukul 04.00 WIB untuk persiapan sholat subuh, dilanjutkan dengan tadarus Alquran. Dan dilanjutkan kembali pukul 07.00 WIB untuk sarapan pagi. Kemudian peserta upgrading ditugaskan untuk mengikuti outbound di lapangan yang terletak tidak jauh dari lokasi yang kami tempati. Usai outbound, peserta diberi waktu untuk mandi dan packing, selanjutnya acara penutupan. Kembali ke kampus FIS UNY dengan menaiki 2 Armada bus A3. 

GLORY GEOGRAFI !!!

- Copyright © Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -