OSPEK PENDIDIKAN GEOGRAFI 2016



Ospek merupakan kegiatan pengenalan lingkungan, baik lingkungan sosial maupun lingkungan fisik kampus, yang umumnya dikhususkan untuk mahasiswa baru. Setiap pergantian tahun, ospek selalu dilaksanakan oleh setiap universitas ataupun fakultas bahkan jurusan tertentu. Seperti hal nya jurusan pendidikan geografi FIS UNY, yang melaksanakan ospek  pada tanggal 26 Agustus 2016, dimulai pada pukul 07.30 hingga pukul 16.30 WIB yang diikuti oleh mahasiswa baru, angkatan 2014 dan 2015. Ospek dibuka dengan sambutan ketua panitia Ospek Pendidikan Geografi, ketua HMPG FIS UNY 2016 serta kepala jurusan Pendidikan Geografi. 


Acara dilanjutkan dengan pemutaran video yang telah dibuat oleh tim PDD. Pemutaran video dilakukan sebanyak 2 kali dengan konsep yang berbeda, video yang pertama merupakan video yang memuat ucapan sambutan oleh kakak kakak tingkat yang ditujukan untuk maba, selanjutnya video yang kedua bercerita tentang proker-proker HMPG yang telah terlaksana. Saat pemutaran video tersebut, maba terlihat antusias untuk menyaksikan. Pada kesempatan ini pula, panitia mengundang tokoh yang cukup famous di jurusan Pendidikan Geografi karena prestasinya yang luar biasa, Mas Janu Muhammad. Pada ospek kali ini, Mas Janu sebagai pemateri memberikan banyak pembelajaran dan motivasi serta berbagi pengalaman. Dalam penyampaiannya, Mas Janu ditemani oleh moderator, Sdr. Yonatan Yulius Anggara (Pend. Geo 2015). 


Dalam ospek kali ini, juga ada acara pensi yang tentunya menampilkan kebolehan maba dan pemandunya. Masing-masing gugus maju secara bergantian. Adapun jenis pensi berbeda beda, diantaranya musikalisasi puisi, senam irama, akustik, perkusi, stand up, mini drama komedi, dsb.
            Tak lupa, ospek memiliki rangkaian kegiatan yang biasa disebut dengan display ormawa. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2016. Pada kesempatan ini, HMPG menunjukkan aksinya dengan konsep drama yang bercerita tentang kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa geografi. Adapun kegiatan tersebut diantaranya, mendaki gunung, meneliti, olahraga. HMPG juga memiliki kegiatan yang berbasis kebudayaan, misalnya pelatihan Tari Saman. 


Acara ini dipandu oleh Sdr. Affan dan Sdr. Ikhsan. 

Acara ditutup dengan joget bersama semua mahasiswa baru tanpa terkecuali. . .




No comments:

Powered by Blogger.