Popular Post

30 Nov 2016



Dewasa ini kegiatan mendaki gunung tak hanya dilakukan oleh para pecinta alam saja. Masyarakat umum mulai menyukai kegiatan ini, apalagi para anak muda yang notabene memiliki kekuatan tubuh yang bagus dan rasa ingin tahu yang tinggi. Bahkan kegiatan mendaki gunung ini sudah dijadikan sebagai gaya hidup atau hobby bagi sebagian masyarakat. Saat mendaki tentunya kamu membutuhkan peralatan dan bekal untuk menunjang kelangsungan hidup  di alam. Semua peralatan dan bekal yang banyak tadi harus dapat dimasukkan dalam tas cerrier. Cara packing tas cerrier pun menentukan nyaman tidaknya pendakian. Jangan sampai karena packing yang salah justru akan menghambat pendakian dan bahkan membuat cedera. Karena itulah berikut tips packing yang dapat kamu coba:
Membuat daftar prioritas barang yang akan dibawa
Barang-barang dengan fungsi penting untuk menunjang kelangsungan hidup di alam merupakan prioritas utama, seperti kantong tidur (sleeping bag), tenda (dome), peralatan P3K, bekal makan dan minum serta peralatan lainnya.
Membawa barang yang  memiliiki sedikit fungsi hanya akan menambah beban. Bawalah barang yang cukup dengan kebutuhan pendakianmu. Sesuaikan dengan berapa lama kamu akan mendaki. Dan pastikan semua terbawa.
Menyesuaikan peralatan yang akan dibawa dengan tas cerrier
Menyesuaikan kebutuhan barang yang dibawa dengan kapasitas tas cerrier juga diperlukan.
Jangan sampai tas yang dipakai terlalu besar dan berongga sehingga barang yang ada di dalam tas menjadi tak beraturan. Dan juga jangan sampai barang yang dibawa juga over kapasitas sehingga kamu harus membwanya tersendiri. Selain mengurangi keindahan saat mendaki hal ini juga menyulitkan proses pendakian belum lagi jika track pendakian sulit dan harus merayap dan mencengkeram pepohonan, ngga kebayangkan repotnya kaya apa
Masukkan semua peralatan ke dalam trashbag / plastik sampah
Hal ini bertujuan untuk melindungi barang-barang yang memiliki fungsi penting, seperti sleepingbag, jaket, dan barang penting lainnya agar tidak basah. Selain karena hujan barang-barang tersebut dapat basah karena proses pengembunan yang terjadi akibat suhu dingin yang ada di gunung.
Gunakan matras sebagai frame
Kebanyakan pendaki meletakkan matras diluar tas cerrier dengan cara digulung hal ini kurang efektif  dan menggangu, apalagi saat melewati track dengan banyak pohon dengan ranting-ranting yang menghalangi jalan. Oleh karena ini matras dapat dilipat lalu kemudian dimasukkan ke dalam tas setelah sebelumnya dilapisi trashbag. Selain efisien, tas akan terlihat kokoh dan rapi.

Memperhatikan susunan barang
Cara menyusun barang yang dibawa melihat aspek urgensinya. Sleepingbag pakaian merupakan peralatan yang digunakan ketika sudah mendirikan tenda atau dome sehingga peralatan ini dapat diletakkan paling bawah. Sedangkan mantel, peralatan penerangan dan P3K ditempatkan paling atas agar mudah diambil saat dibutuhkan. Penyusunan barang di tas cerrier merupakan seni tersendiri, jangan sampai penyusunan barang bawaan tidak stabil dan akan membuat pundak terasa sakit. Biasanya barang bawaan yang dibawa dalam tas cerrier tersebut benar penyusunannya jika saat tas cerrier tersebut diletakkan tas situ akan tetap tegak berdiri dan tidak miring ke kiri.
Semoga tips tersebut bermanfaat. Alam akan memperlakukan kita dengan baik saat kita tahu bagaimana menempatkan diri, jaga kelestarian lingkungan dan yang terpenting safety first y! - Latifah, 2015. 

- Copyright © Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -