Popular Post

28 Mar 2017

     Di awali dengan TM UG pada hari Kamis tanggal 23 Maret 2017 pukul 17.00 WIB di taman KHD. Pada TM tersebut memberikan penugasan-penugasan kepada peserta perihal apa saja keperluan yang dibawa termasuk DC yang akan dipakai saat hari H.         Adapun penugasannya yaitu peralatan pribadi seperti alat mandi, alat ibadah, bekal makan siang, pakaian ganti, pakaian olahraga dan sebagainya. Di samping itu, terdapat penugasan kelompok di mana kelompok tersebut terbentuk atas bidang-bidang di dalam organisasi HMPG 2017 seperti PI, PPO, MIBA, LITBANG, KESVOMA, KASTRAT, dan MJ. Adapun penugasannya seperti tikar, kamera, alat masak serta sayuran, air mineral, dan hp non android-IOS dan sebagainya. Tak lupa dress code yang diapakai pun disesuaikan permintaan panitia, di mana PI menggunakan DC warna kuning, PPO menggunakan warna hijau, MIBA menggunakan warna merah muda, LITBANG menggunakan warna coklat, KESVOMA menggunakan warna orange, KASTRAT menggunakan warna ungu, dan MJ menggunakan warna putih. Kemudian diakhir TM diselenggarakan diskusi setiap kelompok untuk membahas persiapan masing-masing menjelang hari H seperti pembagian tugas membawa barang hingga pembagian kendaraan.
     Tibalah pada hari H untuk UG pada tanggal 25-26 Maret 2017 yang dilaksanakan di Wisma Dharmais Pengasih Kulonprogo. Para peserta awalnya dikumpukkan terlebih dahulu oleh panitia di depan ruang CND FIS UNY pada pukul 07.00 WIB. Kemudian peserta berbaris sesuai kelompoknya sembari pengecekan jumlah anggota. Setelah itu setiap kelompok dipersilakan untuk membuat yel-yel yang kemudian ditampilkan di depan peserta lainnya beserta beberapa panitia. Sehabis yel-yel ditampilkan setiap kelompok melakukan perjalanan ke tempat tujuan yaitu Wisma Dharmais secara berkala agar setiap kelompok tidak bersamaan. Perjalanan setiap kelompok diawali dengan transit ke Pom Bensin Terban sebagai pos keberangkatan ke dua sebelum melanjutkan perjalanan selanjutnya. Pada saat transit di pos kedua (pom bensin Terban) setiap kelompok dipersilakan mengambil amplop yang berisikan petunjuk jalan di mana setiap amplop berisi petunjuk yang berbeda-beda. Pada setiap titik petunjuk jalan, para peserta diharapkan untuk mendokumentasikannya sebagai bukti telah melalui petunjuk tersebut hingga sampai ke Wisma Dharmais serta melakukan observasi mengenai kondisi kemasyarakatan yang dilalui setiap kelompok yang kemudian dipresentasikan di Pendopo Wisma tersebut. Waktu berlalu hingga siang hari secara berkala setiap kelompok berdatangan silih berganti. Namun ada yang mengganjal karena MJ belum kunjung datang hingga kelompok yang terakhir berangkat yaitu LITBANG sudah sampai Wisma Dharmais. Pihak panitia kemudian menghubungi MJ yang kerepotan hingga akhirnya dilakukan penjemputan oleh salah dua panitia.
     Setelah semua kelompok sampai di wisma kemudian dipersilakan untuk istirahat sebentar sembari sholat ‘ashar. Setelah itu kemudian dilanjutkan dengan sharing-sharing setiap kelompok mengenai hasil observasi pada sepanjang perjalanan menuju wisma. Selesai sharing, dilanjutkan dengan isoma sampai dengan pukul 19.30 WIB. Pada saat isoma, setiap kelompok diwajibkan untuk memasak untuk makan malam bersam-sama yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan presentasi setiap proker mengenai kesuaian dengan visi misi HMPG 2017. Namun di kala malam itu, cuaca tidak mendukung yaitu terjadi hujan deras disertai dengan angin yang membuat suasana malam semakin dingin. Kendala belum selesai sampai disitu, dipertengahan presentasi listrik di wisma tersebut pun padam, padahal sedang panas-panasnya karena kehadiran para angkatan atas serta alumni pendidikan geografi yang turut serta ambil kontribusi dalam mengkritisi setiap proker setiap bidang. Kemudian Mas Willa selaku ketua DPO (Dewan Pertimbangkan Organisasi) memutuskan untuk presentasi diubah menjadi diskusi oleh setiap bidang dengan ditemani oleh beberapa DPO dan alumni pada setiap bidang tersebut.
     Diskusi tersebut berjalan dengan lancar karena listriknya sudah hidup kembali. Hingga pukul 01.00 WIB diskusi ditutup oleh Mas Willa selaku ketua DPO. Namun beberapa bidang masih melanjutkan diskusi bersama hingga selesai sekitar pukul 02.00 WIB dilanjutkan isitrahat untuk mengisi energy di pagi harinya untuk melakukan outbound. Namun pada akhirnya Cuma sebagian yang istirahat, sebagian masih beraktifitas di pendopo seperti masak nasi goreng dan magelangan dengan nasi sisa yang tidak habis termakan sebelumnya, sebagian juga saling ngobrol-obrol bersama hingga kelewat larut, biasalah para kaum laki-laki tua.
      Pada pukul 04.00 WIB panitia membangunkan para peserta untuk menjalankan sholat subuh yang kemudian dilanjutkan dengan sarapan dan juga outbound. Namun semua tidak berjalan dengan lancar. Hujan deras yang tadi malam turun sampai pagi tidak kunjung reda bahkan angin kencang datang terus menerus. Pada akhirnya outbound pun dibatalkan karena cuaca yang tidak mendukung dan pada akhirnya peserta hanya saling bercanda gurau hingga pada akhirnya pada pukul 11.00 WIB dipersilakan persiapan untuk check out dari Wisma Dharmais oleh ketua DPO.

- Copyright © Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -