Popular Post

21 Apr 2017


           



   Pada tanggal 21 april 2017 bidang litbang HMPG 2017 mengadakan Workshop Kepenulisan Ilmiah dengan tema “Meningkatkan Kontribusi Mahasiswa dalam Pendidikan dan Pengemban sebagai Pengemban Tri Dharma Perguruan Tinggi” yang dilaksanakan di ruang CND, FIS, UNY. Pada hari ini workshop cukup ramai diikuti dengan jumlah peserta sekitar 40 lebih dari berbagai angkatan. Anemo warga hmpg cukup antuasias dengan materi yang disampaikan oleh pemateri. Pemateri workshop kali ini dosen geografi yaitu ibu Suparmini, M.Si. dan Mariana Ramelan mahasiswa FMIPA UNY angkatan 2013 yang merupakan mahasiswa yang lolos PKM-M dari UNY. Ringkasan materi yang disampaikan pada hari ini adalah :

Tri dharma perguruan tinggi
1.      Pelaksanaan pendidikan dan pengajaran
2.      Melaksanakan penelitian
3.      Melaksanakan pengabsdian masyarakat

Semua sivitas akademika termasuk mahasiswa memiliki tugas dan tanggungjawab terhadap pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Ini adalah upaya untuk mahasiswa supaya mau meneliti, mau berkarya, mau melakukan pengabdian masyarakat dimana hal itu memang sangat dibutuhkan untuk masyarakat. Mahasiswa harus ikut aktif dalam tri dharma perguruan tinggi. Lalu diekspresikan di karya. Salah satunya yaitu PKM yang dilaksanakan dari kemenristek.

Mahasiswa diharapkan untuk peka terhadap permasalahan yang ada. Sebagi seorang geograf, geografi itu cakupannya sangat luas kajiannya. Geografi untuk menempel pada bidang ilmu lainnya sangat mudah. Mau masuk ipa bisa, masuk ips bisa, mau ranah pendidikan juga bisa. Sangat kompleks.
Program PKM
1.      PKM-M : karya kreatif inovasi bidang penelitian
2.      PKM-K : karya kreatif inovatif dalam membuka peluang usaha mahasiswa
3.      PKM-M : karya kreatif inovatif untuk membangun masyarakat
4.      PKM-T : menciptakan karya teknologi
5.      PKM-KC : IPTEKS
6.      PKM-AI : penulisan artikel ilmiah
7.      PKM-GT : penuangan ide/gagasan kreatif

Potensi daerahnya masing-masing dilihat, ada permasalahan apa. Jangan muluk-muluk ke permasalahan yang umum. Lebih spesifik aja, apa yang kita lihat di lingkungan bisa jadi PKM. Banyak peluang-peluang yang memunculkan ide kreatif jika kita peka terhadap lingkungan sekitar kita.

Sebagai tantangan dimasa depan tuntutan kemampuan para lulusan perguruan tinggi harus memiliki minat membaca yang tinggi sehingga memiliki wawasan yang tinggi. Kita sebagai mahasiswa pendidikan geografi tidak masalah jika hendak membuat karya tulis tentang geografi murni akan tetapi lebih baik jika kita lebih menekankan pada kependidikan yang dikaitkan dengan materi geografi.

- Copyright © Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -