Popular Post

7 Aug 2017


    GASCOY (Geography Advocation Student Care Of You) merupakan salah satu proker dari bidang KESVOMA (Kesejahteraan Advokasi Mahasiswa). Proker ini adalah proker marger dari 2 proker KESVOMA sebelumnya yaitu IAC (Information Advocation Center) dan GPS (Gerakan Perduli Sesama). Kami mendeskripsikan program kerja ini (GASCOY) sebagai ruh utama program kerja KESVOMA yang siap berkontribusi untuk menyejahterakan dan menumbuhkan rasa kemanusiaan dalam diri mahasiswa Pendidikan Geografi. Dalam pelaksanaanya GASCOY sendiri bersifat kondisional. Salah satu bentuk kegiatan yang sudah terlaksana dari proker ini adalah pengurusan beasiswa  PPA 2017, PPA atau yang lebih dikenal dengan beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik ini merupakan beasiswa yang ditunjukan terutama bagi mahasiswa yang telah menempuh pendidikan di perguruan tinggi minimal pada semester II dengan syarat dan ketentuan tertentu.
    Pemerintah melalui Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan berupaya mengalokasikan dana untuk memberikan bantuan biaya pendidikan kepada mahasiswa yang orangtuanya kurang mampu dan beasiswa kepada mahasiswa yang mempunyai prestasi tinggi baik kulikuler maupun ekstrakulikuler dalam bentuk pemberian beasiswa PPA tersebut, bidang KESVOMA sebagai bidang yang bergerak di ranah advokasi mahasiswa berupaya ikut berperan aktif dalam membantu mahasiswa dalam pengurusan beasiswa tersebut, peran bidang KESVOMA mulai dari berbagi informasi mengenai beasiswa PPA 2017 kepada mahasiswa baik melalui media komunikasi maupun secara langsung, informasi beasiswa tersebut didapatkan dari salah satu dosen di fakultas, setelah itu bidang KESVOMA juga ikut mendampingi mahasiswa yang akan mengajukan beasiswa tersebut dengan membantu mengumpulkan data untuk pengajuan beasiswa mahasiswa secara kolektif, dan memintakan tandatangan kepada Kepala Jurusan dan Wakil Dekan III sebagai salah satu persyaratan bentuk persetujuan pengajuan beasiswa, sedangkan untuk tandatangan atau persetujuan Pembimbing Akademik lebih diserahkan kepada mahasiswa itu sendiri agar mahasiwa sendiri dapat berkonsultasi dengan Pembimbing Akademik masing-masing mengenai pengajuan beasiswa tersebut.
    Setelah persyaratan terpenuhi, kemudian data beasiswa mahasiswa tersebut diserahkan kepada pihak kasubag pendidikan untuk diproses, tidak berhenti disitu, bidang KESVOMA juga membantu memonitoring bagaimana alur di kemahasiswaan mengenai progress pengajuan beasiswa tersebut hingga pada pengumuman dan pencairan dana beasiswa. Pada tanggal 23 Mei 2017 merupakan pengumuman seleksi peneriman beasiswa PPA, seleksi penerimaan Beasiswa PPA 2017 dilakukan berdasarkan sistem kompetisi, skala prioritas dan kuota yang tersedia.  
    Jurusan Pendidikan Geografi mengajukan 30 mahasiswa pendaftar dan setelah melalui tahap seleksi terdapat 14 mahasiswa yang lulus seleksi dan menerima dana dari beasiswa PPA, tahap selanjutnya pada tanggal 29 Mei 2017 pihak rektorat memberikan undangan bagi mahasiswa penerima beasiswa PPA tahun 2017 bertempat di Auditorium Universitas Negri Yogyakarta pada pukul 13.30 – 15.30 WIB dengan isi agenda seperti seminar, pemberian sambutan dari  Rektor Universitas Negri Yogyakarta Bapak Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd, kemudian diikuti sambutan oleh Kepala Bank Mandiri DIY, Jateng yang sekaligus sambutan ini menunjukan kerjasama dari pihak UNY dan Bank Mandiri sendiri, lalu ada sedikit materi lokakarya menenai sejarah dan prestasi serta serangkaian motivasi bagi mahasiswa  dari Bank Mandiri yang disampaikan oleh Biro BAKI Univ dan agenda inti undangan tersebut adalah pembagian ATM bagi mahasiswa yang lulus seleksi penerimaan beasiswa PPA 2017 ini. Pembagian ATM ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat secara langsung menerima dana dari beasiswa PPA 2017 secara pribadi yang kemudian agar dapat digunakan dengan penuh tanggungjawab.

- Copyright © Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -