Popular Post

14 Aug 2017














Pemuda adalah tunas bangsa. Dalam pramukapos.com, “Gerakan Pramuka sudah merilis logo resmi yang akan digunakan dalam hari ulang tahun pramuka ke-56. Logo kali ini AdA menggunakan angka 56 dan kata-kata Usung Bekerja untuk Kaum Muda, Mewariskan yang Terbaik bagi Bangsa. Hari pramuka adalah hari yang diperingati setiap tahunnya oleh seluruh pramuka di Indonesia, pada tanggal 14 Agustus yang bertujuan untuk kemajuan bangsa. Menurut Novita (Pendidikan Geografi 2016), pramuka merupakan wadah yang tepat bagi anak bangsa supaya mengerti bagaimana alam Indonesia dan bersama-sama melestarikan kebudayaan bangsa. Melalui pramuka, banyak nilai-nilai luhur yang dapat diterapkan pada diri sendiri yang bermanfaat bagi masyarakat luas.


            Siapa sih yang nggak kenal Pramuka?? Pramuka adalah kepanjangan dari Praja Muda Karana. Pramuka ini biasanya sebagai ekstrakulikuler wajib bagi pelajar SD, SMP, dan SMA. Kegiatan pramuka tidak jauh-jauh dari alam, karena keiatan ini pada awalnya merupakan pengalaman Baden Powell yang ditulis dalam “Aids to Scouting” yang merupakan petunjuk bagi tentara muda Inggris agar dapat menyelesaikan tugas penyelidik dengan baik. Kemudian dalam kegiatan tersebut melakukan perkemahan. Maka dari itu, pramuka identik dengan berkemah. Seru kan??? J
            “Pramuka itu sudah seharusnya ada dan harus ada sebagai gardha terdepan dalam pembimbingan dan pembinaan generasi muda. Semoga, gerakan pramuka tetap memberikan dampak positif dalam praktek berbangsa dan bernegara,” Yonatan (Pendidikan Geografi 2015). Bagi negara kepulauan, Pramuka sangatlah dibutuhkan untuk menyatukan seluruh generasi muda untuk mencintai tanah air. Salam Pramuka!

- Copyright © Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -