Semarak Geografi 2017


Semarak Geografi Tingkat Nasional  2017


Hari Pertama

Pembangunan berkelanjutan merupakan pembahasan yang menarik dan sangat relevan pada saat ini. Pembangunan berkelanjutan dapat menjadi solusi yang apik untuk mengatasi permasalahan kehidupan kita yang saling berkaitan antara Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan yang merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan dalam pembahasan pembangunan yang berkelanjutan. Pada tanggal 4 sampai 5 November 2017 Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi, FIS, UNY mengadakan perlombaan antar siswa SMA/SMK tingkat nasional yang berkaitan dengan disiplin Ilmu Geografi, bernama Semarak Geografi 2017.
       Semarak Geografi yang ke-tujuh ini mengangkat tema besar yaitu ”Pembangunan yang Berkelanjutan dalam Mewujudkan Indonesia yang Maju, Mandiri, Adil dMakmur 2025”. Terdapat beberapa cabang lomba dalam Semarak Geografi 2017, yakni National Geography Competition (NGC), Lomba Poster, LKTI, dan Lomba Fotografi yang berkaitan dengan tema yang telah ditentukan.
      Pada hari Sabtu, tanggal 4 November 2017, agenda hari pertama Semarak Geografi 2017 adalah perlombaan National Geography Competition (NGC) serupa dengan olimpiade Geografi yang bertujuan untuk menguji kapasitas siswa SMA mengenai disiplin Ilmu Geografi. Pada hari ini, sebanyak 62 siswa dari seluruh Indonesia hadir untuk mengikuti perlombaan tersebut.
       Pada pukul 09.00 WIB, perlombaan NGC dimulai. Pada hari pertama ini, dilaksanakan sesi pertama lomba NGC, yait babak penyisihan yang terdiri dari 2 tes ujian tertulis dan ujian praktikum. Semua yang berkaitan pada kegiatan hari tampak sangat antusias dan mengikuti dengan baik sehingga acara pada hari ini dapat terlaksana dengan sangat baik dan sesuai dengan harapan. Puncak pelaksanaan Semarak Geografi Tingkat Nasional akan diadakan pada tanggal 5 November 2017, yang terdiri dari pelaksanaan Seminar Nasional, Final NGC, Final LKTI dan Final Poster.


Hari Kedua

Agenda Semarak Geografi Tingkat Nasional 2017 pada hari kedua ini lebih meriah dan "semarak". Dimulai dari Seminar Nasional yang diikuti oleh guru pendamping peserta lomba serta diikuti juga oleh umum. Mengusung Tema "Pembangunan yang Berkelanjutan dalam Mewujudkan Indonesia yang Maju, Mandiri, Adil, dan Makmur 2025" yang diisi oleh Prof. Dr. Suratman Worosuprojo, M.Sc. dan Drs. Tavip Agus Rayanto M.Si menjadi pembicara utama pada Seminar Nasional tahun ini.

Lomba-lomba seperti LKTI, Poster, Fotografi, dan NGC  dilaksanakan juga pada saat itu secara serempak. Terlihat semangat kompetisi peserta lomba untuk menjadi juara pada tahun ini. Keempat lomba tersebut berakhir sekitar pukul 14.00 WIB dan diakhiri dengan final NGC yang disaksikan oleh peserta, guru pendamping dan yang lainnya. Sekitar pukul 16.00 WIB Semarak Geografi Tingkat Nasional 2017 berakhir ditandai dengan pengumuman pemenang lomba dan penutupan acara secara resmi.

No comments:

Powered by Blogger.