Tim UNY meraih bronze Medal dalam International Invention & Innovative Competition (InIIC) Series 2

   

      Tim UNY meraih bronze Medal dalam International Invention & Innovative Competition (InIIC) Series 2 yang di gelar di Cameron Highland, Pahang, Malaysia (18/11/2017). InIIC Series 2 merupakan ajang kompetisi yang diikuti oleh innovator (mahasiswa, peneliti dan praktisi) tingkat dunia dengan mengangkat tema “Creative Innovation Without Boundaries”. Lomba dilaksanakan di Copthorn Cameron Highland, Pahang, Malaysia dengan diikuti oleh lebih dari 180 tim dari berbagai negara seperti Malaysia, Indonesia, Singapura, India,dan Hongkong
      Tim ini beranggotakan Yonatan Yolius Anggara (pendidikan geografi) Endar Tri Pambudi(pendidikan geografi) Roni Marudut Situmorang (pendidikan geografi) Singgih Bekti Worsito (Pendidikan mekatronika) Anjasmoro Adi Nugroho (Pendidikan Teknik Informatika). Tim ini merupakan kolaborasi mahasiswa dari dua fakultas dan setiap anggota memiliki tugas dan perannya masing-masing. Dengan kolaborasi yang sempurna, perwakilan UNY ini mampu meraih bronze Medal di InIIC Series 2.
      Yonatan Yolius Anggara , ketua  tim menjelaskan bahwa inovasi dari Tim ini bertujuan untuk melakukan mitigasi  bencana erupsi gunung merapi“Kondisi Indonesia yang berada di zona ring of Fire membuat kita harus bersahabat dengan bencana, salah satunya erupsi gunung Api. Ketika gunung merapi meletus, masih banyak menimbulkan korban jiwa. Hal itu menjadi PR yang harus diselesaikan. Sebagai mahasiswa geografi kami harus mengambil peran, salah satunya melalui project ini. Konsepnya kami membuat alat untuk memantau kondisi Gunung Merapi yang hasil nya dapat di akses melalui android oleh siapa saja. Harapanya,dengan alat ini masyarakat tidak hanya mengandalkan informasi dari pemerintah, namun dapat memperoleh informasi sendiri terkait kondisi Gunung merapi. Informasi ini dapat menjadi dasar menentukan kapan waktu yang tepat untuk mengungsi  ,” ujarnya.
      Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi ini menjelaskan bahwa ini adalah pertama kalinya ia dan tima mengikuti kompetisi tingkat internasional. “Suatu kebanggan bagi kami mampu mengharumkan nama alamamater UNY dan Indonesia di kancah internasional,” ungkapnya.


No comments:

Powered by Blogger.