Sekolah Media #1


Rabu, 4 April 2018 telah diadakan Sekolah Media #1 dibawah naungan bidang Media dan Jaringan. Sekolah media ini dilaksanakan di ruang Lab Geospasial FIS UNY pada pukul 17.00. Sekolah Media #1 dipandu langsung oleh kepala bidang Media dan Jaringan yaitu Muhammad Hafizh Imaduddin, mahasiswa Pendidikan Geografi 2016 B. Peserta yang mengikuti Sekolah Media #1 berjumlah 24 (sesuai dengan presensi).
Materi pertama dalam Sekolah Media adalah pengenalan tool yang ada pada Corel Draw. Peserta yang mengikuti sangat antusias. Tutor menjelaskan apa saja tool yang ada dan kegunaannya, kemudian memberi contoh cara penggunaannya. Mereka dapat mencoba sendiri dalam laptop masing-masing peserta mengikuti arahan dari tutor. Menurut Erna (peserta Sekolah Media #1), sekolah media ini bagus untuk dilaksanakan, materinya sangat bagus. “Kegiatan ini sangat bermanfaat  bagi saya. Saya jadi paham menggunakan Corel Draw, sebelumnya saya belum pernah memakainya. Sekarang saya bisa membuat apapun yang saya pengen gambar,” ungkap Erna ketika diwawancarai.
Kenapa diadakan sekolah media? Pada tahun-tahun sebelumnya mungkin telah diadakan Pelatihan Arcgis yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menggunakan aplikasi Arcgis sekaligus menunjang perkuliahan Praktikum Kartografi bagi mahasiswa Pendidikan Geografi semester 3. Sekolah media ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa Pendidikan Geografi dalam bidang desain grafis menggunakan aplikasi Corel Draw. Tidak akan dihapuskan mengenai Pelatihan Arcgis, dalam Sekolah Media terdiri dari beberapa pertemuan yang sudah dirancang materinya. Di bulan April-Mei Sekolah Media memberi materi mengenai desain grafis yang goalnya peserta Sekolah Media dapat menggunakan aplikasi Corel Draw sekaligus mengikuti sebuah ajang perlombaan lokal, nasional, maupun internasional. Hal ini dapat meningkatkan bidang akademik mahasiswa. Di bulan Agustus-September, Sekolah Media memberi materi mengenai pengelolaan data spasial menggunakan aplikasi Arcgis. Mengapa di bulan Agstus-September? Karena Sekolah Media ini dilaksanakan bertujuan untuk menunjang perkuliahan mahasiswa Pendidikan Geografi semester 3. Mahasiswa yang merasa kesulitan dalam menggunakan Arcgis karena jam kuliah terbatas, dapat mengikuti pelatihan ini di luar jam kuliah. Materi ini sangat berguna mendukung Praktikum Kartografi.


No comments:

Powered by Blogger.