Jihan Lutfita Membawa Tim UNY Meraih Bronze Award dalam International Invention and Innovative Competition Series I

                InIIC Series 1 merupakan ajang kompetisi yang yang diadakan oleh MNF Network dan diikuti oleh innovator (mahasiswa, peneliti dan praktisi) tingkat dunia dengan mengangkat tema “Innovation for Sustainable Growth” .InIIc Series I diikuti oleh lebih dari 200 tim dari berbagai negara seperti Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, dan berbagai Negara lainnya. 


      Tim ini beranggotakan Jihan Lutfita (Pendidikan Geografi), Hamzah Zulfikar (Psikologi), Baassitha N.C (Pendidikan Luar Biasa),Violita Adiningtyas (Matematika), Ali Azizi (Matematika), Niken Ayu Novita Sari (Pendidikan Kepelatihan Olahraga), dan Aji Anjasmara (Ilmu Keolahragaan). 
Tim ini merupakan kolaborasi mahasiswa dari tiga fakultas di UNY dan setiap anggota memiliki tugas dan perannya masing-masing. Dengan kolaborasi yang sempurna, perwakilan UNY ini mampu meraih Bronze Award di InIIC Series 1.
     Jihan Lutfita, selaku ketua  tim menjelaskan bahwa inovasi dari Tim ini adalah membuat Prototipe Muffler dengan Kertas Filter dari Ekstrak Daun Trembesi (Samanea saman) dan Daun Mahoni (Switenia macrophylla) untuk knalpot kendaraan . “Saat ini, masalah sistem transportasi adalah tebalnya asap emisi gas buang dan tingginya kadar polutan yang disertai suara keluaran knalpot yang menghasilkan pencemaran suara yang telah menjadi salah satu ancaman besar bagi kelangsungan hidup masyarakat Indonesia. Diantara senyawa emisi gas buang yang dapat menimbulkan pengaruh sistemik adalah karbon monoksida (CO). Salah satu solusi dalam menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan menggunakan muffler dengan alat penyaring berupa kertas filter dari ekstrak daun trembesi (Samanea saman) dan daun mahoni (Switenia macrophylla) dengan tujuan sebagai Peredam Suara, Pereduksi Ketebalan Asap Emisi Gas Buang, dan Penyaring Polutan (Co dan Nox) di Wilayah Padat Kendaraan, ujarnya”.
      Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi ini menjelaskan bahwa ini adalah pertama kalinya ia dan timnya mengikuti kompetisi tingkat internasional. “kompetisi ini merupakan event pertama saya dan tim bersaing di luar negeri. Penghargaan yang kami dapat merupakan suatu kebanggan bagi kami dalam mengharumkan nama alamamater UNY dan Indonesia di kancah internasional, Semoga hal tersebut dapat menginspirasi teman-teman untuk berprestasi di luar negeri” ungkapnya.

No comments:

Powered by Blogger.