Seminar Kepenulisan Ilmiah



Salah satu proker dari bidang Litbang memiliki proker Seminar Kepenulisan Ilmiah. Acara ini diselenggarakan Jumat, 11 Mei 2018 berlokasi di Ruang Ki Hajar Dewantar dengan mengungsung tema “ Peran Mahasiswa dalam Upaya Pemanfaatan dan Pengembangan Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal “. Seminar kali ini diisi oleh dua narasumber. Narasumber yang pertama adalah  Muhammad Dzulkifli, S. Pd., M. Sc. Yang menjabat sebagai Ketua Sustainable Tourism Organization For Regional Management (STROM) dan narasumber yang kedua adalah Rony Marudut Situmorang
            Acara ini dibuka oleh Rias Murti Lestari dan Wildan Zaki Ardian dengan basmallah. Dilanjut dengan acara sambutan ketua panitia disusul dengan sambutan ketua HMPG UNY. Seminar ini berlangsung dua sesi. Sesi yang pertama diisi oleh Muhammad Dzulkifli, S. Pd., M. Sc. Menurut beliau penelitian sangat berperan penting bagi pembangunan pariwisata. Pariwisata menurutnya harus membahagiakan masyarakat didalamnya. Dengan kata lain sebagai mahasiswa kita harus ikut serta dengan pemabngunan pariwisata yang ada. Dengan diharapkan agar pemuda dapat memiliki kepercayaan dalam bersaing dari pariwisata yang sudah ada. usaha mahasiswa dapat disalurkan dengan penelitian yang ada, memiliki inovasi atau meilhat contoh pariwisata yang sudah ada maupun memodifikasnya.
            Beliau juga mengatakan bahwa sebagai mahasiswa kita harus memetakan potensi yang ada dan sumber daya dengan menggunakan konsep ALUI (Asli,langka,Unik, Indah). Selain itu iyajuga mengemukakan pendapat tentang perbedaan desa wisata dan wisata desa. Menurutnya desa wisata adalah kegiatan sehari-hari dari masyarakat yang adadan dijadikan wisata, sedangkan wisata desa adalah kegiatan yang lebih mendalami aspek fisik yang ada di desa tersebut.


Setelah sesi pertama selesai dilanjutkan dengan sesi ishoma yang disusul sesi kedua. Sesi kedua ini diisi oleh Rony Marudut Situmorang. Ia adalah mahasiswa berprestasi dari Pendidikan Geografi. Pada sesi ini ia lebih menceritakan tentang bagaimana cara ia menjadi mahasiswa berprestasi. Ia mengatakan bahwa, jika ingin menjadi mahasiswa berprestasi harus mempunyai rencana atau planning. Selain itu ia juga memberikan trik bagaimana cara menjadi mahasiswa berprestasi, antara lain percaya diri. Percaya diri menurutnya adalah alasan utama mengapa dia menjadi mahasiswa berprestasi sekarang ini.
            Sebelum acara ditutup peserta seminar diberikan kesempatan untuk membuat rencana atau planning yang ingin dilakukan kedepannya. Setelah pengisian rencana atau planning selesai, acara ditutup oleh MC.

No comments:

Powered by Blogger.