NOTULENSI DISKUSI KASTRAT#2 - HARUSKAH IBUKOTA BERPINDAH?


HARUSKAH IBUKOTA BERPINDAH?


Pembicara : Endar Tri Pambudi (Mentri Kajian Stategis BEM KM UNY 2019)

Salahsatu usaha pemerintah untuk memajukan Bangsa adalah dengan cara memindahkan Ibukota Indonesia ke tempat lain. Pemindahan Ibukota pernah juga dilakukan di beberapa negara lain. Seperti halnya Malaysia, Australia, Brazil. Wacana pemindahan ini diungkapkan langsung oleh Presiden Joko Widodo dalam rapat bersama kabinetnya. Setelah penyampaiannya mengenai isu tersebut langsung mendapat banyak komentar dari warga negara Indonesia.
Dari wacana mengenai pemindahan Ibukota terdapat tiga opsi yang terkait pemindahan Ibukota. Pertama, ibukota tetap di Jakarta. Kedua, ibukota dipindahkan di wilayah radius 50 – 70 kilometer dari Jakarta. Ketiga, ibukota dipindahkan ke luar Jawa. Dari ketiga opsi tersebut, Presiden memutuskan memilih opsi terakhir untuk memindahkan ibukota ke luar jawa. Kota di Kalimantan dan Sulawesi banyak disebut akan menjadi tujuan relokasi ibukota.
Beban yang ada di Indonesia itu seolah tertumpuk di Jawa dan menimbulkan berbagai permasalahan kependudukan, kemacetan, hingga ketimpangan ekonomi dengan wilayah di pulau – pulau lainnya.
Dari wacana yang disebut – sebut ibukota akan dipindahkan ke luar Jawa diharapkan dapat mengurangi Jawa Centris dan mengubahnya menjadi Indonesia Centris. Memang salahsatu alasan pemindahan ibukota ke luar jawa dikarenakan ketimpangan pembangunan antar Jawa dan pulau lainnya yang begitu jauh.
Pemindahan ibukota sendiri sebenarnya sudah ingin dilaksanakan sejak dulu. Sosok pendiri Bangsa Indonesia, Bung Karno menginginkan bahwa ibukota harus mengalami peningkatan yaitu dengan berpindah tidak selalu di Jawa tepatnya di Jakarta.
Dalam forum diskusi terdapat gagasan bahwa, Haruskah Ibuko Berpindah?, terdapat gagasan bahwa forum setuju mengenai hal tersebut namun bukan berarti pemindahan ke luar jawa, karena ibukota itu harus dekat dengan pusat ekonomi maka lebih baik di jawa saja.
Memang bahwa di luar jawa khususnya Kalimantan memiliki potensi sumber daya yang luar biasa, kemudian secara geografis terletak ditengah pulau Kalimantan dan relatif aman dari dari berbagai bencana alam.
Dari beberapa gagasan dalam forum tersebut juga terdapat pendapat bahwa dalam membangun Indonesia itu harus dimulai dari awal lagi. Namun jika sudah seperti ini dan pemerintah sudah mempertimbangkan maka yang harus dipersiapkan adalah dengan mempersiapkan secara matang bahwa kota tersebut sudah siap untuk menjadi ibukota.
Sebagai seorang mahasiswa yang dapat dilakukan adalah dengan mendukung wacana pemerintah namun juga sebagai mahasiswa yang kritis, dapat memberikan kritikan apakah Ibukota harus berpindah?

No comments:

Powered by Blogger.