Mahasiswa Pendidikan Geografi Mampu Menyabet Medali Emas PIMNAS ke-32

Mahasiswa Pendidikan Geografi Mampu Menyabet Medali Emas PIMNAS ke-32

   Pada 31 Agustus 2019 merupakan hari yang bersejarah bagi Roni Wijayanto. Pasalnya pada hari tersebut kelompok yang diketuai oleh Roni memperoleh medali emas yang diserahkan pada acara malam penutupan PIMNAS ke-32. Acara yang diadakan di Taman Werdhi Budaya ini menjadi puncak dari rangkaian acara PIMNAS yang diselenggarakan di Universitas Udayana.
   Roni dan kawan-kawan berhasil memperoleh medali emas presentasi kelas PKM PSH (Penelitian Sosial Humaniora) 3 dengan PKM yang berjudul “SMATA Jogja (Smart Thematic Map Jogjakarta): Media Pembelajaran Literasi Spasial Penyandang Tunanetra”. Hadiah yang didapatkan berupa uang pembinaan dan sertifikat, selain itu karena Roni dan tim berhasil memperoleh medali emas maka mereka mendapatkan hadiah dari Universitas Negeri Yogyakarta berupa kesempatan untuk pergi ke luar negeri dan bebas dari tugas akhir skripsi. “Yang jelas sangat bersyukur. Dengan mengucap Alhamdulillah sebagai bentuk syukur, yang kemudian diikuti rasa haru dan bangga. Dimana proses yang telah dilalui dari pembuatan proposal, revisi proposal, menunggu pengumuman pendanaan, pelaksanaan PKM, hingga pelaporan akhir dan pemaparan hasil penelitian pada presentasi kelas merupakan suatu proses yang sangat panjang. Hasil yang didapatkan pun tidak mengkhianati proses yang panjang tersebut.” Ujar Roni yang mewakili timnya saat ditanya mengenai perasaannya mendapatkan medali emas.
   Roni mengungkapkan bahwa Ia beserta timnya melakukan penempelan poster dan penataan stans poster, serta menjaga poster jika ada juri yg datang menilai dan bertanya pada saat acara utama yang diadakan di Universitas Udayana. Selain itu, Ia mengungkapkan bahwa mengikuti presentasi di kelas, memperhatikan team lain saat presentasi, dan mempresentasikan hasil penelitian merupakan upaya yang dilakukan oleh timnya agar dapat melakukan presentasi dengan maksimal.
   Tidak lupa Roni yang mewakili timnya memberikan pesan dan tanggapan setelah memperoleh medali emas “Kesan mengikuti PKM yaitu menjadi lebih memahami mengenai ranah penalaran secara mendalam. Senang dapat bertemu dengan orang-orang yang ahli dalam ranah penalaran. Tanggapan mengenai PKM dan PIMNAS ini yaitu bahwa dengan adanya PKM yang berujung pada PIMNAS menjadi ajang unjuk gigi mahasiswa di seluruh Indonesia mengenai ide, gagasan, serta kreativitas dari setiap mahasiswa. Hal ini menjadi ladang pengaplikasian dari ilmu yang di dapat di bangku perkuliahan juga. Sehingga PKM ini merupakan hal yang sangat baik.” Ia juga berharap agar Jurusan Pendidikan Geografi dapat lebih berkontribusi aktif dalam pembuatan proposal PKM pada periode pendanaan 2020 mendatang. Sehingga dapat meningkatkan mutu dan kualitas dari SDM di pendidikan geografi.

No comments:

Powered by Blogger.