Geo Axe

 


Geo Axe (Geography Action Day) acara yang dilaksanakan pada Sabtu, 16 Oktober 2020. Pada acara ini termasuk kedalam program kerja HMPG UNY 2020, dimana dipertanggungjawabkan kepada bidang MIBA (Minat dan Bakat) sesuai tujuan dan arahan kerja yang ada. Geo Axe bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kegeografian kepada mahasiswa baru yang mana sebagai seorang geographer kita harus peka terhadap lingkungan baik social maupun alam yang nantinya bisa diaplikasikan ke dalam kehidupan bermasyarakat.

Acara ini diwajibkan untuk mahasiswa baru angkatan 2020 dengan Konsep Via Daring melalui Google Meet Plattform. Pada Geo Axe kali ini mengundang pembicara yaitu Bapak Dosen Sutanto Trijuni Putro, S.Si., M.Sc. selaku juga Dosen Pendidikan Geografi FIS UNY. Dalam acara tersebut pembicara menyampaikan Bagaimana sikap kita sebagai geographer yang harus peka terhadap isu-isu lingkungan yang ada. Melihat permasalahan lingkungan yang masih menjadi penghambat keberadaannya yaitu sampah dimana hal tersebut sangat dekat dengan kehidupan kita. Pembicara mengulas berbagai aspek mengenai sampah seperti Konsep terciptanya sampah hingga menejemennya yang mana di Indonesia hal ini belum diperlakukan secara maksimal.

Mahasiswa Baru angkatan 2020 begitu memperhatikan akan acara ini dari awal hingga acara selesai. Dengan motivasi yang diberikan kakak moderator dan pembicara menambah semangat dan bangga kita sebagai seorang geographer yang nantinya akan berpartisipasi di kehidupan bermasyarakat. Salah satu Mahasiswa Baru Pendidikan Geografi UNY 2020 mengungkapkan pendapatnya setelah mengikuti geo axe 2020, “Banyak ilmu baru di geo axe terutama mengenai sampah gitu terus panitia juga bisa membawakan acara jadi seru walaupun online”, tutur Bilqisthi Dipo Permata Hati (Mahasiswa Baru Pendidikan Geografi UNY ). Di akhir acara Maba diberi tugas mengenai peran mereka setelah mengikuti geo axe untuk kehidupan di masyarakat yaitu dengan cara membuat vlog mengenai isu sampah di lingkungan mereka masing-masing.


No comments: