SEMINAR KEPENULISAN ILMIAH [SKI]

 


    Seminar Kepenulisan Ilmiah yang dilaksanakan pada Sabtu, Oktober 2020. Pada Seminar kali ini bertema Penelitian ditengah Pandemi : Road To PIMNAS 2020 mengundang dua pembicara yaitu Dr. Bambang Syaeful Hadi, S.Pd., M.Si., M.Pd. (dosen pendidikan geografi) dan Roni Wijayanto (Peraih Medali Emas Pimnas 2019). Perlunya semangat penelitian untuk para generasi muda khususnya mahasiswa perlu ditanamkan kuat lagi. Melihat dengan keadaan sekarang ditengah Pandemi Covid-19 membuat beberapa penelitian menjadi terhambat, namun itu semua tidak menjadi penghenti langkah para peneliti asalkan tetap memiliki tekad dan kreatifitas yang kuat.

    Pada tahun ini Seminar Kepenulisan Ilmiah dilakukan secara Online melalui Google Meet, dimana dibuka untuk umum dengan jumlah peserta hadir 103 peserta. Seminar Kepenulisan Ilmiah berlangsung dari pukul 09.00-11.30 WIB. Dengan antusias peserta seminar yang banyak berasal dari mahasiswa UNY dan luar UNY dengan semangat penelitian turut ingin mengetahui bagaimana penelitian di tengah pandemi yang mana dapat membantu penyelesaian penelitian berupa PKM khususnya yang diharapkan dapat mencapai tujuan akhir yaitu Road To Pimnas 2020.

    Dalam Seminar pembicara menjelaskan bagaimana penelitian itu dari pengertian, proses, hingga langkah – langkah awal dalam membuat penelitian. Pembicara juga menjelaskan terkait dampak dan strategi dalam penelitian ditengah pandemi ini. 

Penelitian dapat dilakukan di masa pandemi. Dampak pandemi terhadap riset:

§ Penelitian dalam bidang Sosial-humaniora atau yang subjeknya manusia, paling banyak terpengaruh.

§ Penelitian yang memerlukan laboratorium

§ Penelitian bidang fisik/alam dan keteknikan, sedikit terpengaruh (tidak signifikan).

§ Dampak pandemi terutama terjadi pada proses pengambilan data

§ Kendala pendanaan, penundaan, kolaborasi terhambat, perjalanan terbatas

    Siasat penelitian di tengah pandemic: Pilih literature riview, meta analysis, gunakan teknik penginderaan jauh, SIG, ambil objek fisik, gunakan wawancara berbasis aplikasi atau dengan medsos.

   Selain mengenai dasar penelitian, pembicara juga menambahkan dan berbagi ilmu mengenai PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) khususnya ditengah Pandemi Covid-19. PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. tahun 2020 PKM dilaksanakan secara digital karena pandemi covid-19. Dalam Proses awal pembuatan juga pembicara menjelaskan beberaa strategi yang perlu diterapkan :

1. Penemuan ide proposal berkualitas: sering jalan-jalan, sering berwisata dan megeskplore banyak tempat, membaca artikel, berita dsb, sering berdikusi dengan orang lain, berpikir out of the box.

2. Mencari teman 1 tim: yang memiliki satu visi dan misi, teman dekat seperti adik tingkat dan kakak tingkat dari berbagai jurusan, memiliki ketertarikan di bidang penelitian yang sama, memiliki waktu yang longgar.

3. Mencari dosen pembimbing: yang ahli dibidang penelitian tersebut, mudah di ajak diskusi

No comments: